7 Tips Cara Menabung di Bank Yang Efektif - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

7 Tips Cara Menabung di Bank Yang Efektif


Menabung! Ada yang bilang menabung merupakan cara paling lambat untuk bisa kaya raya, tetapi menabung juga merupakan cara paling aman untuk bisa kaya raya. Ya nggak sih? Yah.. Menurutku begitu. Sepertinya zaman sekarang ini, anak kecil sudah jarang sekali yang punya tabungan, mungkin karena tidak diajarkan untuk menabung, kan sudah nggak jaman. Lebih banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk jadi enterpreneur cilik. Tetapi masa aku kecil dulu, menabung ialah pelajaran penting!

Sejak duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah (MI) aku sudah diajarkan dan dilatih untuk menabung. Dulu, dimana kemampuan ekonomi keluargaku sangat terbatas, aku harus menyisihkan sedikit uang jajanku untuk mengisi celengan. Ini menjadi latihan awal yang baik untukku, agar bisa berhemat dan menahan diri dari jajan yang tidak perlu.
Cara Menabung Efektif
Cara Menabung Efektif

Cara Menabung di Bank Yang Efektif

Itu dulu sekali, tetapi saat masa SMA aku sudah belajar cara menabung di Bank. Nah.. Sejak awal menabung di Bank ini, aku sudah diberi ATM, ya! Anjungan Tunai Mandiri. Dimana aku bisa mengambil uang tabunganku setiap saat. Belakangan aku tahu kalau memiliki ATM ialah ide yang buruk buatku. Bagaimanapun aku tetapi harus logis, bukan ATM-nya yang menjadi masalah, tapi tekad dan tujuan menabungku yang perlu dipertanyakan. Belajar dari pengalaman itu, aku tetap memegang ATM, kali ini aku menabung dengan tujuan yang jelas, membeli barang tertentu.

Dengan tekad dan tujuan yang jelas, aku berhasil menabung uangku, tetapi masalahnya setelah terkumpul cukup uang, dan aku membeli barang yang aku mau, tabungan akan kosong. Aku harus menemukan target barang baru yang akan aku beli. Jadi secara sederhananya, aku terlihat hanya save and spent aja, nggak ada tabungan keamanan. Setelah banyak pengalaman itu, sekiranya setahun lalu aku dapat sebuah buku keuangan yang menarik, berisi tips menabung dan mengatur keuangan. Berikut ini beberapa tips menabung yang akan aku bagikan.

Tips Menabung di Bank


1. Pilihlah Bank Terbaik Sebagai Tempat Menabung

Banyak hal yang bisa dipertimbangkan untuk memilih Bank tempat kita menabung. Bagi kalian yang mahasiswa, mungkin kalian bakalan memilih tempat menabung yang charge perbulannya kecil. Bagi pengusaha Online, terutama pemilik online shop, pasti mempertimbangkan Bank yang memiliki banyak ATM, sehingga transaksinya dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan bagi beberapa teman saya yang lainnya, mereka memilih Bank yang konsepnya syariah.

Kalau dengan beberapa pertimbangan itu kalian masih belum bisa menentukan dimana akan menabung, maka sebaiknya kalian membuka web cermati.com. Web ini memberikan kita gambaran mengenai Bank terbaik untuk menabung.

2. Siapkan Uang Tabungan Yang Banyak

Untuk awal menabung, biasanya kita hanya perlu memasukkan setoran awal 250-500 ribu rupiah saja. Jumlah ini bervariatif sesuai Bank penyedia jasa. Walaupun jumlah ini terbilang sedikit, tetapi jangan memasukkan tabungan pertama dengan jumlah yang sedikit, masukkanlah uang tabungan dengan jumlah 1juta atau 2juta. Jumlah setoran awal ini secara tidak langsung akan menjadi standard terkecil uang dalam tabunganmu, pasti seperti itu sugestinya.

Kalau setoran awalnya 3juta, maka ketika bulan depan uang di tabungan hanya ada 2.7juta, kamu pasti akan berusaha mengisi tabungan hingga melebihi 3 juta, karena pikiranmu pasti 2.7 juta merupakan penurunan dari jumlah awal setoranmu.

3. Hematlah Uang Jajan

Ada dua cara untuk mengisi tabungan, pertama dengan berhemat dan mengurangi pengeluaran, kedua dengan menambah penghasilan. Cara kedua akan kita bahas di point berikutnya. Cara pertama ialah cara paling mudah, kamu hanya perlu mengurangi uang jajanmu. Kalau kamu keluar rumah dan terpikir untuk membeli sesuatu  coba pikirkan ulang apakah kamu benar-benar menginginkannya. Kalau tidak terlalu berpengaruh pada kegiatanmu hari ini, sebaiknya tidak usah membelinya.

4. Carilah Uang Tambahan Untuk Ditabung

Carilah uang tambahan untuk ditabung. Pilihan ini sangatlah terbuka buat kalian. Sekarang ini, banyak sekali orang yang memulai usaha kecil-kecilan untuk menambah uang jajan, kamu harus menggantinya menjadi usaha kecil-kecilan untuk menambah tabungan. Jauh lebih keren kan?

5. Sisihkan 10% dari Penghasilan

Menyisihkan 10% dari penghasilan bulananmu, dapat menyelamatkanmu dari bencana keuangan sepanjang hidupmu. Ini merupakan hasil penelitian dan perumusan dari para ahli finansial. Mungkin memang benar, terkadang kita akan terkena bencana atau musibah, sehingga perlu cadangan uang untuk masa-masa itu.

Walaupun begitu, jangat terlalu takut pada musibah, sehingga menumpuk2 uang di tabungan. Santai saja, tabung seperlunya, gunakan seperlunya, bantu orang lain secukupnya. Dengan begitu kamu akan mampu mengatur tabunganmu dengan baik.

6. Buatlah Target Yang Jelas Untuk Apa Menabung

Tujan ialah yang terpenting dari apa yang kita kerjakan. Jadi tekadmu akan lebih kuat kalau kamu punya tujuan yang jelas untuk apa menabung. Target ini bisa beraneka ragam, bisa untuk membeli barang pribadi, membelikan hadiah orang tua, memulai usaha baru, atau bahkan untuk melamar anak orang. Hehe.. Itu yang aku sedang kepikiran.. XD

7. Jangan Mudah Mengambil Tabungan

Jangan terlalu mudah mengambil tabunganmu dan membelanjakannya. Coba perhatikan ulang, apakah target menabungmu telah tercapai? Apa kebutuhanmu terpenuhi? Apakah mengambil tabungan diperlukan hanya untuk membeli sebuah mobil? Sementara kamu sudah punya mobil yang bagus dan layak.

Terkadang, kita trauma dengan uang besar. Trauma? Trauma ini dalam arti, tangannya gatel kalau lihat rekening banyak isinya. Pengennya ngambil dan membelanjakannya. Sementara belanjanya nggak jelas tujuannya. Ini adalah penyakit keuangan yang buruk. Jangan sampai kalian mempertahankan penyakit ini, segera lawan dan sembuhkan!

Oke.. Itu merupakan 7 Tips Cara Menabung di Bank Yang Efektif versiku. Banyak memang cara menabung lainnya, seperti teknik yang sangat terkenal yaitu dengan membagi tabungan Bank untuk berbagai keperluan, atau dengan teknik menabung tanpa ATM, Semuanya sah.. sah.. saja. Tetapi yang perlu digaris bawahi ialah, kekuatan tekad dan keinginan untuk hidup lebih baik. Percumah kan tabungan banyak tapi kehidupan makin suram, dijauhi orang karena pelit, dimusuhi keluarga karena serakah. Terakhir, pesanku;
Menabunglah dengan cermat, belanjalah dengan bijak, dan bersedekahlah dengan ikhlas.. InsyaAllah kehidupan akan jadi lebih baik.  
Tips Cara Menabung

3 comments

Terima kasih tipsnya ^^
Sudah di follow ya ^^

Iya.. Terimakasih banyak yahh.. Salam kenal.. :D

wah berguna ini tipsnya, nuwun mba

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top