Tips OSPEK Mahasiswa Baru Dengan Kerumitannya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Tips OSPEK Mahasiswa Baru Dengan Kerumitannya


Q: Blog ini emang ngawur yah? Lagi puasa juga, semua personal blog lagi bahas momen puasa yang religius, kenapa ini blog malah tersesat ke OSPEK?
M: Biarin, ini kan blog mystupidtheory, isinya random, ngawur aja... Karena aku lagi di Malang, aku jadi teringat masa-masa awal di Malang yang salah satunya yah pas OSPEK Mahasiswa Universitas Brawijaya. 

Momen OSPEK bisa jadi adalah momen yang paling menarik selama hidup sebagai mahasiswa, tetapi kalau dipikir ulang secara sehat dan logis, sebenarnya itu adalam momen-momen paling menyebalkan dan tidak menyenangkan. Kalau kalian tidak merasa begitu, berarti kalian hanya sedang menghibur diri. Bagaimana nggak nyebelin kalau kalian disuruh-suruh melakukan hal-hal yang 'useless' dan dihukum seenaknya?. Jadi mungkin tips mengatasi OSPEK mahasiswa baru ini akan membantumu.

Oke, aku termasuk kalangan yang menentang OSPEK. Aku semata-mata menentang kegiatannya, bukan tujuan dari kegiatannya. Tujuan kegiatannya sungguh sangat mulia, memperkenalkan mahasiswa baru pada dunia kampus, tapi kenyataannya yang dilakukan saat OSPEK hanyalah menyia-nyiakan waktu dan mengerjain mahasiswa baru. Bahkan tak jarang terjadi adegan kekerasan di saat OSPEK ini.

Tips Menghadapi OSPEK Mahasiswa

ospek universitas
ospek universitas

Berikut ini beberapa tips menghadapi OSPEK berdasarkan penggalan pengalamanku saat OSPEK:

Tips 1

Jangan ikuti aturan jika itu tidak menguntungkanmu!
Contohnya aja pas ospek dulu, aku disuruh bawa: Susu, Oreo, Nasi, Permen, dan Air putih. Dan pas itu aku cuma bawa nasi dan air putih aja. Itu karena memang aku nggak mau buang2 uang buat beli jajanan.. :P

Tips 2

Jangan Banyak Tanya

Serap semua informasi mentah-mentah, artinya jangan banyak tanya. Contohnya aja, diperintah seperti ini:
"Besok kalian buat buku harian, setiap hari selama OSPEK ini kalian harus menulis di buku harian kalian"
Jangan pernah bertanya:
"Bukunya warna apa?"
"Buku kecil atau besar?"
"Nulis diary-nya berapa lembar?"
"Pengalaman di Kampus aja atau malamnya juga?"
Jangan ajukan pertanyaan! langsung aja kerjakan dengan cara termudah. Buat buku dan tulis pengalaman harianmu, entah itu tiga kalimat atau bahkan beberapa kata.
Ingat ini! Semakin banyak tanya, kamu akan semakin repot!

Tips 3

Jangan pernah malu
Salah satu tantangan dalam OSPEK ialah masalah gengsi, biasanya kakak tingkat kalian memang mendesain OSPEK untuk mempermalukan kalian. Jadi untuk apa malu? kan OSPEK memang didesain biar kalian malu. Santai aja kalau kalian dibully kakak tingkat, dihukum dan dipermalukan... Kenyataanya ini cuma OSPEK, anggap saja seperti GAME, begitu perkuliahan dimulai, semua orang akan lupa dengan OSPEKmu.

Tips 4


Pilih pilihan yang termudah
Dalam OSPEK biasanya kalian diajarin untuk menentukan suatu pilihan untuk diri kalian sendiri, maka pilihlah yang paling menguntungkan. Contohnya saja ketika aku di hukum karena terlambat, kakak tingkat memberikan pertanyaan:
"Kalian mau dihukum apa?"
Nah.. sialnya ada mahasiswa baru sepertiku yang menjawab "Push UP kak!"
Ini adalah pilihan yang sangat bodoh menurutku, karena kalau aku yang jawab, aku pasti jawab "Nyanyi kak" kan enak, nggak pakai capek, nggak pakai otot. Tapi sudah terlanjur Push Up yang dipilih. Akhirnya kakak tingkat bertanya lagi:
"Mau dihukum Push Up berapa kali"
"Satu kali Kak!" aku angkat bicara.
"Satu kali? Kalian cowok nggak malu push up satu kali" balas kakak tingkatku.
Saat ini mereka menggunakan kelemahan banyak Mahasiswa Baru, yaitu gengsi, kalau aku sihh nggak gengsi, apa poin-nya coba push up banyak-banyak? nyatanya ini hukuman, lebih sedikit lebih pintarlah kita. Ya kan?
Tapi saat itu mahasiswa baru merasa gengsi dan menunjukkan kebodohannya dia menambah Push Up-nya hinga 15 kali. Aku sih ogah.. :P

5. Tips 5


Carilah teman sebanyak mungkin
Ini akan sangat membantumu dalam perkuliahan nantinya. Semakin banyak teman, maka semakin banyak bantuan dalam kuliah nantinya. Cobalah cari teman yang satu jurusan maupun yang lintas jurusan, satu daerah maupun yang luar daerah, pintar maupun yang kaya raya, semuanya pasti menyenangkan untuk berteman. :D

Yap itulah beberapa tips dalam menghadapi OSPEK Mahasiswa baru. Semoga bisa dipraktekkan, sehingga kalian bisa merasakan apa yang aku rasakan, dihukum berkali-kali dan santai aja.. :D

Ingat! daripada dikerjain sama kakak tingkat lebih baik dicuekin sama kakak tingkat :P

See yah!

2 comments

Trs kamu dihukum g Fuz, bawa nasi bukannya permen?

Dihukum Lahh Jeng.. Hahah.. :D tapikan aku gak peduli aja.. Sok2 gak malu gituu.. XD

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top