Makalah Hujan Asam, Pengertian dan Dampaknya Terhadap Lingkungan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Makalah Hujan Asam, Pengertian dan Dampaknya Terhadap Lingkungan


Pengertian Hujan Asam dan Cara Menanggulanginya Tulisan ini merupakan rangkuman dari Makalah Hujan Asam dan Bahayanya terhadap Manusia dan Lingkungan yang disusun oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Makalah hujan asam ini dibuat dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas kuliah kimia lingkungan, selebihnya ialah untuk menambah literatur tentang hujan asam dan bahayanya bagi lingkungan.

Ini adalah rangkuman makalah, jika memerlukan makalah hujan asam yang seluruhnya bisa mengambil di bagian paling bawah postingan ini.

Makalah Hujan Asam

makalah hujan asam
peristiwa hujan asam

Makalah ini berisi tentang beberapa hal terkait hujan asam. Beberapa hal yang terdapat di dalamnya ialah:

Latar Belakang

Istilah hujan asam pertama kali digunakan oleh seorang kimiawan, Robert Angus Smith, sekitar tahun yang lalu dalam buku karangannya yang membahas polusi dari pembakaran batubara di kota-kota di Inggris. Ia mengatakan bahwa bahan pencemar di udara yang bercampur dengan air hujan berkumpul dan bersenyawa di langit kemudian membntuk zat asam. Zat asam ini kemudian turun ke bumi sebagai hujan asam dan menyebabkan kerusakan bangunan dan monumen bersejarah. Keberadaan zat-zat pengotor dan polutan ini di udara akan berpengaruh terhadap beberapa proses fisika dan kimia yang terjadi di udara. Salah satu dampak nyatanya ialah dengan terjadinya hujan asam. Karena itulah, pembahasan topik tentang hujan asam sebenarnya bertujuan untuk mengembangkan cara-cara pencegahan sekaligus penanggulangan terjadinya hujan asam yang merugikan.

Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian hujan asam?
  2. Apa saja faktor penyebab terjadinya hujan asam?
  3. Bagaimana reaksi pembentukan hujan asam dan penjelasannya?
  4. Apa saja dampak akibat terjadinya hujan asam?
  5. Bagaimana cara mengatasi hujan asam?

Tujuan

  1. Mengetahui pengertian hujan asam
  2. Mengetahui faktor penyebab terjadinya hujan asam
  3. Mengetahui reaksi pembentukan dan penjelasan tentang hujan asam
  4. Mengetahui akibat terjadinya hujan asam
  5. Mengetahui cara mengatasi hujan asam

Pengertian Hujan Asam

Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat sedikit asam (pH sedikit di bawah 6) karena adanya kandungan karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan. Ini membuat air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Hujan asam adalah suatu masalah lingkungan yang sangat serius saat ini. Masalah ini harus benar-benar dipikirkan dan diatasi oleh semua penduduk bumi. Hujan asam adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan turunnya asam dari lapisan atmosfir atas ke bumi. Sebenarnya turunnya asam dari atmosfir ke bumi bukan hanya dalam kondisi “basah” Tetapi juga “kering”. Sehingga dikenal pula dengan istilah deposisi (penurunan/pengendapan) basah dan deposisi kering. Hujan asam disebabkan oleh terjadinya reaksi antara air, oksigen dan zat-zat asam lainnya di atmosfer. Dengan adanya tambahan sinar matahari dari efek rumah kaca maka akan mempercepat terjadinya reaksi antar zat-zat tersebut.

proses terjadinya hujan asam
proses hujan asam

Penyebab Hujan Asam

Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi(ketika meletus) dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri dan perusahaan, pembangkit listrik, pembuangan asap kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Secara umum hujan asam disebabkan oleh 2 polutan utama di udara, Sulfur Dioxida (SO2) dan nitrogen Oksida (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui proses pembakaran. Hujan asam juga bisa terbentuk dari proses kimia dimana gas sulfur dioksida atau sulfur dan nitrogen mengendap pada logam kemudian mengering bersama debu atau partikel lainnya. Kemudian ketika terjadi hujan, air akan melarutkan endapan sulfur maupun nitrogen yang bersifat asam ini.

Reaksi yang Terjadi Pada Peristiwa Hujan Asam

Pada dasarnya, reaksi yang terjadi ketika peristiwa hujan asam terdiri dari tiga: 1. Reaksi asam sulfat. Gas SO2, bersama dengan radikal hidroksil dan oksigen melalui reaksi photokatalitik di atmosfer, akan membentuk asamnya. Berikut ini reaksi yang terjadi:
  • SO2 + OH -> HSO3
  • HSO3 + O2 -> HO2 + SO3
  • SO3 + H2O -> H2SO4
2. Reaksi Asam Nitrat. Pada siang hari, terjadi reaksi photokatalitik antara gas Nitrogen dioksida denan radikal hidroksil. Berikut reaksinya:
  • NO2 + OH-> HNO3
Sedangkan pada malam hari terjadi reaksi antara Nitrogen dioksida dengan ozon. Berikut ini reaksi yang terjadi:
  • NO2 + O3-> NO3 + O2
  • NO2 + NO3 -> N2O5
  • N2O5 + H2O -> HNO3
3. Reaksi Asam Klorida. Asam klorida biasanya terbentuk di lapisan stratosfer, dimana reaksinya melibatkan Chloroflorocarbon (CFC) dan radikal oksigen O*. Berikut ini reaksi yang terjadi:
  • CFC + hv(UV) -> Cl* + produk
  • CFC + O* -> ClO + produk
  • O* + ClO -> Cl* + O2
  • Cl + CH4-> HCl + CH3

Bahaya Hujan Asam

Danau Rusak

Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan sedikitnya species yang bertahan. Jenis Plankton dan invertebrate merupakan mahkluk yang paling pertama mati akibat pengaruh pengasaman. Jika danau memiliki pH dibawah 5, lebih dari 75 % dari spesies ikan akan hilang. Ini dikarenakan rantai makanan dari plankton dan bakteri akan terputus. Kemudian proses rantai makanan akan berhenti.

Tanah Kehilangan Nutrisi

Pada tanah, hujan asam akan berakibat menghilangnya nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Hujan asam akan mampu melarutkan mineral dalam tanah sehingga tanah tidak subur lagi.

Tumbuhan dan Hewan Akan Mati

Hujan asam yang terjadi akan melarutkan mineral dalam tanah sebelum tumbuhan dapat menyerapnya, sehingga tumbuhan akan mati. Sedangkan pada hewan, terjadi gangguan pencernaan ketika meminum air yang asam ini. Sehingga tumbuhan dan hewan terancam mati.

Gangguan Kesehatan Pada Manusia

Dampak dari hujan asam telah banyak diteliti, salah satu akibatnya ialah sulphur dioxide yang dihasilkan oleh hujan asam juga dapat bereaksi secara kimia didalam udara, dengan terbentuknya partikel halus suphate, yang mana partikel halus ini akan mengikat dalam paru-paru yang akan menyebabkan penyakit pernapasan.

Korosi Pada Logam

Hujan asam dapat mempercepat proses pengkaratan logam. Terjadinya korosi pada logam ini menyebabkan cepat rusaknya material tersebut. Bahkan korosi pada logam ini juga menyebabkan rusaknya monumen-monumen bersejarah.

Cara Mengatasi Hujan Asam

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengendalikan dampak hujan asam ialah dengan menggunakan bahan bakar yang mengandung sedikit pencermar(bahan bakar murni) dan melakukan penghematan energi. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan:
  • Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah.
  • Mengurangi kandungan belerang dalam bahan bakar
  • Mengendalikan pencemaran selama pembakaran
  • Mengendalikan zat sisa setelah pembakaran
  • Mengurangi konsumsi/penggunaan bahan bakar
  • Mengaplikasikan prinsi Reuse, Recycle, dan Reduce

Kesimpulan

Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Hujan asam memiliki dampak tidak hanya pada lingkungan biotik, namun juga pada lingkungan abiotik, antara lain danau, tanah, tumbuhan dan hewan, kesehatan manusia, korosi, bangunan, dan pertanian. Usaha untuk mengendalikan deposisi asam ialah menggunakan bahan bakar yang mengandung sedikit zat pencemar, menghindari terbentuknya zat pencemar saar terjadinya pembakaran, menangkap zat pencemar dari gas buangan dan penghematan energi.

Cek Makalah Lainnya yang kamu perlukan tentang Kimia Lingkungan: Makalah Pengertian dan Dampak Efek Rumah Kaca
Sesuai yang aku janjikan diatas, kalian bisa mendownload makalah ini di bagian akhir tulisan. Silahkan gunakan materi ini  untuk mempelajari materi kimia lingkungan dengan baik. Semoga bermanfaat

Download Makalah Hujan Asam

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top