Pengertian Momen Dipol dan Kepolaran Ikatan Kimia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Momen Dipol dan Kepolaran Ikatan Kimia


Momen Dipol adalah ketika suatu molekul membentuk pusat muatan negatif dan pusat muatan positif.

Molekul yang membentuk pusat muatan negatif dan pusat muatan positif disebut sebagai molekul dipolar, atau molekul yang memiliki momen dipol. Sifat dipolar dari sebuah molekul ini, biasanya digambarkan dengan adanya panah yang menunjukkan ujung negatifnya, kemudian bagian ekor(belakang) panah menggambarkan tanda positif(+). Berikut ini contohnya untuk molekul HF:
momen dipol

Diagram Elektrostatik Molekul

Cara lainnya dalam menunjukkan persebaran muatan dalam suatu molekul ialah dengan menggunakan diagram potensial elektrostatik molekul. Berikut ini contohnya:
diagram elektrostatik

Pada gambar ini, digunakan variasi warna dalam menggambarkan distribusi muatan dalam molekulnya. Warna merah menunjukkan tempat persebaran elektron terbanyak (muatan negatif), dan warna biru menunjukkan tempat persebaran elektron paling sedikit (muatan positif).

Baca Juga: Pengertian Elektronegatifitas

Momen Dipol Senyawa Diatomik dan Poliatomik

Momen dipol ini tidak hanya untuk molekul dengan dua atom, tetapi juga molekul poliatomik. Seperti momen dipol pada molekul berikut ini:
momen dipol dan diagram elektrostatik molekul

Pada H2O yang memiliki persebaran elektron lebih banyak ke atom O, maka Air (H2O memiliki sifat dipolar ketika berada di medan listrik. Maka Air memiliki momen dipol.

Beberapa molekul, memang memiliki ikatan polar, tetapi tidak memiliki momen dipol. Ini disebabkan karena persebaran elektronnya terdapat pada posisi yang berlawanan sehingga muatannya saling menetralisir. Hal ini terjadi pada molekul CO2. CO2 memiliki bentuk molekul linier yang persebaran elektronnya dapat dilihat pada gambar diatas. Karena posisi pusat elektronnya saling berlawanan, maka tidak terbentun momen dipol pada molekul CO2.

Molekul yang Tidak Memiliki Momen Dipol

Ada banyak molekul lainnya yang memiliki karakter yang sama dengan CO2 yaitu memiliki ikatan polar tetapi tidak memiliki momen dipol. Diantaranya ialah seperti pada tabel berikut:
molekul tanpa momen dipol

Perhatikan posisi molekul-molekulnya, karena untuk senyawa dengan bentuk molekul yang sama seperti pada tabel diatas, pasti tidak memiliki momen dipol.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Unduh

6 comments

Jd inget pljrn kimia >.<
Susaaaaah..
Eh blog yg dulu gmn? Msh ada? Kykny klo mampir sini cm bs jd silent reader -.-"

Ini blog yang dulu, yg berlabel sharing itu tulisan-tulisan seperti yang dulu, tapi kalau sekarang lagi banyak nulis kimia. :D Nanti nulis lagi yg aneh2 dehh.. Janji.. :D

materi kimia yang mudah dimengerti..izin unduh ya..

Iya, silahkan.. Terimakasih komentarnya.

mau tanya' ni., law pelarut yang polar seperti etanol, bisa tidak beruba jadi non polar?

Tidak bisa Mas, Kecuali diubah menjadi senyawa lainnya (penambahan rantai karbon, penambahan ikatan jenuh dll)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top