Pengertian Elektronegativitas dan Pengaruhnya Terhadap Jenis Ikatan Suatu Senyawa - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Elektronegativitas dan Pengaruhnya Terhadap Jenis Ikatan Suatu Senyawa


Topik belajar kimia kali ini akan membahas mengenai salah satu sifat fisika dari atom yang sangat penting untuk diketahui. Mari simak pengertian elektronegatifitas dan pengaruhnya pada jenis ikatan suatu senyawa berikut ini:

Elektronegativitas adalah kemampuan suatu atom dalam sebuah molekul untuk menarik elektron ke dalam struktur atom tersebut (ingat! Atom terdiri dari elektron-elektron).

Elektronegativitas merupakan afinitas dari suatu atom untuk menarik elektron pada suatu ikatan.

Elektronegativitas berpengaruh pada pembentukan kutub polar dalam suatu senyawa kimia.

Nilai perbedaan elektronegativitas dari dua unsur dapat digunakan dalam menentukan jenis ikatan yang terbentuk ketika kedua unsur tersebut membentuk senyawa. Terbentuknya ikatan ionik dan kovalen ditentukan dari perbedaan nilai elektronegativitas dari unsur-unsur pembentuk senyawanya. Inilah mengapa menentukan elektronegativitas sebuah unsur itu sangat penting dalam ilmu kimia

Penentuan Jenis Ikatan berdasarkan Nilai Elektronegativitas

gambar elektronegativitas
ilustrasi elektronegativitas

Cara Menentukan Elektronegativitas

Cara untuk menentukan elektronegativitas yang masih digunakan hingga sekarang ialah skema dari seorang saintis asal Amerika peraih penghargaan Nobel yaitu Linus Pauling. Untuk memahami model Pauling ini, digunakan contoh molekul HX. Untuk mengukur elektronegativitas relatif dari atom H dan X ini, dibandingkan antara pengukuran energi ikatan H-X yang sebenarnya dengan energi ikatan H-X yang diperkirakan.

Energi ikatan H-X yang diperkirakan ini dihitung dengan persamaan:
Perkiraan energi H-X= (Energi Ikatan H-H + Energi Ikatan X-X)/2

Kemudian hasil perkiraan energi H-X ini akan digunakan dalam menghitung perbedaan antara energi ikatan H-X yang sebenarnya dengan energi ikatan H-X yang diperkirakan.

Perbedaan = (H-X)sebenarnya - (H-X)perkiraan

Perbedaan antara H-X sebenarnya dan H-X perkiraan inilah yang menjadi nilai elektronegativitas suatu unsur.

Jika H dan X memiliki elektronegativitas yang sama maka perbedaannya =0. Sedangkan jika X memiliki elektronegativitas yang jauh lebih tinggi dari H, maka elektron akan cenderung tertarik ke atom X. Dan molekul yang terbentuk akan polar dengan distribusi muatan:
Ikatan ini dapat dikatakan memiliki sifat ikatan ionik dan sifat ikatan kovalen sekaligus. Semakin besar perbedaan elektronegativitas atomnya, maka semakin besar sifat ionik dari suatu senyawa tersebut.
Baca Juga: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Cara perhitungan elektronegativitas semacam ini telah diterapkan sejak dahulu untuk semua unsur kimia. Tabel elektronegativitas unsur kimia dapat dilihat pada gambar berikut:

Perhatikan dalam suatu sistem periodik unsur, kecenderungan nilai elektronegativitas meningkat dari kiri ke kanan dan berkurang dari atas ke bawah.
kecenderungan elektronegativitas
kecenderungan elektronegativitas

Hubungan antara Jenis Ikatan dan Perbedaan Elektronegativitas

Hubungan antara elektronegativitas dengan tipe ikatan ditunjukkan dalam gambar berikut:
pengaruh antara elektronegativitas dengan jenis ikatan kimia
pengaruh antara elektronegativitas dengan jenis ikatan kimia

Untuk suatu atom yang identik(sama) akan memiliki perbedaan elektronegativitas nol, elektron dalam ikatannya akan tersebar merata di seluruh bagian molekul, dan tidak terbentuk kutub polar.

Sedangkan ketika dua atom tersebut berbeda dan memiliki perbedaan elektronegativitas yang jauh, maka terjadi transfer elektron yang menyebabkan terbentuknya ikatan ionik.

Untuk dua atom yang perbedaan elektronegativitasnya sedang saja, akan membentuk kutub polar dengan perbedaan persebaran elektron, ini menyebabkan terbentuknya ikatan kovalen polar.

Baca Juga: Pengertian Momen Dipol dan Kepolaran Ikatan Kimia

Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top