Sifat Energi, Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Sifat Energi, Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik


Salah satu bahasan penting dalam kimia fisika ialah mengenai energi. Jadi jangan dikira Energi adalah milik pelajaran Fisika saja, tetapi Energi juga wajib dipelajari di pelajaran Kimia. Dengan pemahaman tentang Energi yang baik, kamu bakalan dengan mudah menguasai materi kimia fisika, terutama yang berkaitan dengan termokimia dan kinetika kimia. Semoga saja dengan penjelasan singkat kali ini akan menambah pemahaman kalian mengenai energi, sehingga materi selanjutnya akan dengan mudah kamu pahami.

Energi Potensial dan Energi Kinetik

Definisi Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu kerja, atau memproduksi panas.

Sifat Energi

Salah satu sifat paling penting dari energi ialah berdasarkan hukum kekekalan energi, yaitu : Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, tetapi energi tidak dapat dimusnahkan (dihancurkan).

Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik

Pada umumnya energi dibedakan menjadi dua, energi kinetik dan energi potensial. Energi potensial merupakan energi yang dimiliki suatu benda karena posisinya atau komposisi-nya.

Contohnya: Air di suatu bendungan memiliki energi potensial karena posisinya, ketika air dialirkan dan dapat memutar turbin maka energi potensial ini berubah menjadi energi listrik. Energi panas yang dihasilkan suatu benda ketika dibakar juga merupakan energi potensial, yaitu energi yang dimiliki karena komposisinya.

Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena beratnya dan kecepatannya, atau dalam bahasa sederhananya, energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Persamaan untuk menghitung energi kinetik ini adalah : 1/2 mv 2.

Contoh dari energi kinetik ialah mobil yang berjalan dengan kecepatan tertentu, memiliki energi disebabkan karena pergerakannya.

Hubungan Antara Energi Potensial dan Energi Kinetik

Perubahan antara energi potensial menjadi energi kinetik dapat terjadi pada benda yang memiliki posisi tertentu.

Seperti pada contoh di gambar berikut ini:
perubahan energi potensial kinetik
energi potensial dan energi kinetik

Pada gambar tersebut, bola A meiliki energi potensial yang lebih tinggi dari B akibat dari posisinya yang lebih tinggi.

Kemudian ketika Bola A dilepaskan, maka bola akan bergerak menuruni medan, pergerakan ini menghasilkan energi kinetik. Kemudian dengan seluruh energi kinetik yang ada bola A menghantam bola B, sehingga bola B bergerak dan memiliki energi kinetik.

Bola B kemudian naik ke bukit dan berhenti sehingga bola B kehilangan energi kinetiknya, tetapi pada posisi ini bola B memiliki ketinggian yang artinya menyimpan energi potensial karena posisinya (diatas). Sedangkan Bola A berhenti di bawah, karena seluruh energi kinetiknya telah terkonversi ke Bola B.

Dengan kata lain, energi potensial yang awalnya dimiliki oleh bola A kini telah berpindah ke bola B setelah melalui serangkaian perubahan bentuk energi.

Bagaimanapun posisi dari bola B di akhir akan lebih rendah dari posisi bola A di awal. Ini dikarenakan beberapa energi telah berubah menjadi energi gesekan yang menyebabkan sedikit perubahan panas pada permukaan bola. Karena perubahan panas ini sangatlah sedikit maka kita tidak dapat merasakannya.

Bagaimana sudah dapat memahaminya? Kurasa ini sangat mudah dipahami, terutama karena ini juga diajarkan di kelas 7 SMP.

Oke berikutnya kita akan membahas mengenai Energi kimia dan pengantar thermokimia. Oh ya, kalau ada yang ingin ditanyakan atau request materi, langsung aja sampaikan di comment, aku akan jelaskan dengan senang hati.

Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top