Pengertian Entalpi dan Kalorimetri - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Entalpi dan Kalorimetri


Pengertian Perubahan Entalpi

Perubahan entalpi adalah sejumlah panas yang dilepaskan atau di serap oleh sistem. Perubahan entalpi dirumuskan oleh penjumlahan antara perubahan Energi dalam dengan hasil kali dari Tekanan dengan perubahan Volume.
perubahan entalpi

Dalam tekanan yang konstan, perubahan entalpi dari sistem sama dengan jumlah energi yang bergerak sebagai panas (masuk / keluar sistem)

Dalam reaksi kimia, perubahan entalpi dirumuskan dengan:

perubahan entalpi

Pengertian Kalorimetri

Kalorimetri adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran panas, berdasarkan perubahan temperatur suatu benda ketika menyerap atau melepaskan panas. Pengukuran panas dilakukan dengan alat yang disebut Kalorimeter. Salahsatu kalorimeter yang paling terkenal ialah kalorimeter bomb.
Kalorimeter Bomb

Setiap zat memiliki kemampuan menyerap panas yang berbeda-beda. Setiap zat memerlukan jumlah panas yang berbeda-beda untuk menaikkan temperaturnya sebanyak 1oC. Kemampuan setiap zat yang berbeda-beda dalam menyerap panas ini dirumuskan dengan kapasitas panas. Kapasitas panas dirumuskan dengan C:
Kalau kapasitas panas ini diberikan dalam bentuk per gram maka disebut dengan Kapasitas panas spesifik yang satuannya J/oC.g atau J/K.g, jika Kapasitas panas diberikan dalam bentuk per mol maka disebut dengan Kapasitas panas molar.

Pengukuran kalor yang dihasilkan suatu senyawa diukur dengan Kalori Meter Bomb atau Kalorimeter Bervolume Konstan.

Energi yang dilepaskan pada reaksi dapat dihitung dengan mengalikan perubahan temperatur dengan kapasitas panas dari kalorimeter.
s= kapasitas panas spesifik
m= massa larutan
T= peningkatan temperatur

Oke. Sekarang kamu sudah bisa mengukur Kapasitas Panas dari suatu benda dan menentukan jumlah energi yang dilepaskan saat reaksi. Berikutnya kamu akan belajar mengenai Hukum Hess yang akan memberimu pemahaman tentang perubahan entalpi standard. 

Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top