Fakta Tentang Mata Yang Harus Kamu Tahu - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Tentang Mata Yang Harus Kamu Tahu


"Siapa yang akan kagum padamu, jika semua orang di dunia ini buta?"

Pertanyaan ini ialah kutipan yang sangat populer, kalau dalam bahasa inggrisnya "Who will you impress if all people in this world blind?" Tetapi sisi lain dari kutipan ini ialah memberitahukan pentingnya indera penglihatan. Ya Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Mata memiliki peran yang vital dalam keseharian kita.

Fakta Mengagumkan Tentang Mata

Bahkan ketika kamu membuka blog mini ini, kamu sedang menggunakan mata yang sehat. Ada beberapa fakta mengenai mata yang harus kamu ketahui. Mungkin saja dengan mengetahuinya kamu akan bisa lebih mensyukuri nikmat indera penglihatan ini.

Fakta Mengenai mata manusia
Fakta Mengenai mata manusia

Berikut ini fakta menakjubkan dari mata

  1. Mata dapat mendeteksi cahaya sehingga kita bisa melihat. 
  2. Informasi yang diterima mata akan dikirimkan ke otak, sehingga otak dapat menerjemahkan dan merespon apa yang terjadi. Contohnya aja kalau ada bola yang terlempar ke arah kepalamu, maka kamu akan melihatnya dan meresponsnya. 
  3. Sekitar 95% hewan memiliki organ mata. Beberapa memang sangat sederhana, dan fungsinya juga hanya menerima cahaya saat terang maupun gelap, tetapi sebagian lainnya juga sangat kompleks, dapat mengenali bentuk, warna dan yang lainnya. 
  4. Seperti manusia, beberapa hewan  memiliki dua bola mata yang berdekatan yang memungkinkan untuk memperhatikan detail, sedangkan hewan lainnya memiliki mata yang berjauhan (bersebrangan arahnya) yang membuat mereka dapat jangkauan penglihatan yang luas. 
  5. Jaringan sensitif cahanya pada mata kita disebut retina. Retina ini dapat berfungsi persis seperti kamera tradisional. 
  6. Sel kerucut pada retina dapat mendeteksi warna, sedangkan sel batang mendeteksi kontras. 
  7. Bagian dari mata yang dapat membuat kita fokus pada berbagai hal dikenal sebagai Lensa Mata. Lensa ini akan berubah bentuk sehingga kita dapat fokus pada sebuah objek dari jarak manapun. 
  8. Di bagian tengah dari mata, kamu mempunyai pupil, yang dapat berganti-ganti ukuran menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk. 
  9. Bagian berwarna di sekitar pupil disebut iris. Bagian ini mengontrol ukuran dari pupil dan seringkali berwarna cokelat, biru, hijau atau warna-warna lainnya tergantung ras. 
  10. Saintis meyakini bahwa mata binatang berevolusi sejak 500 juta tahun lalu, yang bermula dari bentuk yang sangat sederhana, hingga sekarang yang dapat mengenali warna. 
  11. Setiap mata pada hewan memiliki jenis dan kemampuan yang berbeda-beda. Contohnya, mungkin saja mata manusia sangat bagus, tetapi untuk melihat sesuatu dalam kecepatan tinggi, mata lalat jauh lebih baik. 
  12. Mata manusia memiliki sedikit titik buta (blind spot), tetapi mata lainnya menutupi kebutaan tersebut. 
  13. Kaca mata dan peralatan pelindung lainnya sering digunakan manusia untuk melindungi matanya dari sinar UV atau pada aktivitas yang berbahaya untuk mata.
  14. Kaca mata dan lensa kontak digunakan oleh manusia karena turunnya fungsi mata manusia untuk melihat sesuatu pada jarak tertentu. 


Itulah beberapa fakta tentang mata yang harus kalian ketahui. Semoga saja artikel ini bermanfaat buat kalian. Ingat, jagalah mata kalian, jangan terlalu lama di depan komputer.
Thanks, see you then!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top