Fakta Tentang Hidrogen yang Perlu Kamu Ketahui - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Tentang Hidrogen yang Perlu Kamu Ketahui


Setelah sebelumnya aku posting mengenai fakta menarik tentang kimia, kali ini aku beralih ke fakta unik mengenai hidrogen. Semoga aja kalian juga tertarik, karena ketika mengetiknya ini aku sangat senang bahagia selalu.. selalu.. apaan sihh? Entahlah!

Fakta Ilmiah Hidrogen

ledakan zepelin hidrogen hindenburg
ledakan zepelin hidrogen hindenburg
Kali ini pembahasan akan sangat dangkal. Artinya aku hanya akan beritahukan fakta menariknya dari hidrogen tanpa membahas detail-detailnya. Kita akan berkenalan dengan hidrogen dari sifat kimianya hingga penggunaanya sebagai bahan bakar mesin kendaraan.

Informasi Menarik Tentang Hidrogen


1. Simbol Kimia untuk Hidrogen ialah H. Hidrogen memiliki nomor atom 1, yang berarti Hidrogen hanya memiliki satu proton dalam inti atomnya.

2. Hidrogen merupakan unsur paling ringan, paling sederhana dan paling sering ditemukan di alam semesta. Hidrogen membentuk 75% dari seluruh massa alam semesta.

3. Hidrogen ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak terdapat di planet dan bintang. Di bintang, hidrogen merupakan kunci dari reaksi fusi yang menghasilkan energi (seperti di matahari)

4. Hidrogen adalah satu dari dua unsur yang terdapat di air (H2O). Setiap molekul air dibentuk oleh dua atom hidrogen

5. Pada tahun 1766, saat melakukan reaksi asam basa, Henry Cavendish mengkonfirmasi adanya gas Hidrogen. Ia menemukan bahwa pembakaran Hidrogen akan menghasilkan air.

6. Nama Hidrogen berasal dari istilah yunani yaitu hydro yang berarti air dan genes yang berarti penghasil. Jadi Hidrogen ialah penghasil air berdasarkan reaksi pembakarannya. 

7. Gas Hidrogen memiliki formula molekul H2. Pada keadaan suhu ruangan, dan tekanan normal, hidrogen merupakan gas tanpa rasa, tanpa bau dan tanpa warna.

8. Hidrogen dapat menjadi cairan pada temperatur yang sangat rendah (20.28 Kelvin atau 252.87oC) dan tekanan yang sangat tinggi. Kondisi ini digunakan untuk menyimpan Hidrogen cair (liquid Hidrogen). Saat ini Hidrogen cair digunakan sebagai bahan bakar roket karena sifatnya yang ringan dan energinya tinggi.

9. Pada tekanan yang sangat tinggi (ekstrim) Hidrogen dapat membentuk Metalic Hydrogen. Study laboraturium tentang ini masih dilakukan hingga sekarang.

10. Hidrogen digunakan sebagai bahan bakar utama untuk kendaraan bermotor. Energi dari kendaraan akan diperoleh dari reaksi pembakaran Hidrogen yang menghasilkan air dan tenaga listrik.

11. Insinyur dan saintis di dunia sedang meneliti untuk memodifikasi mesin sehingga mampu menggunakan energi hidrogen. Yang menjadi permasalahannya ialah penyimpanan hidrogennya yang memerlukan keamanan ekstra.

12. Hidrogen peroksida adalah senyawa kimi dengan rumus molekul H2O2. Senyawa ini sering digunakan sebagai pemutih rambut atau pembersih. Pada konsentrasi yang sangat kecil ini dapat digunakan sebagai pembersih luka.

13. Hidrogen dulunya digunakan untuk mengisi balon udara dan digunakan dalam perjalanan. Balon udara ini dibuat oleh Henri Giffard dan disebut dengan Zeppelins. Kemudian Balon udara ini meledak di Hindenburg pada tahun 1937, ini dikenal dengan Kecelakaan Hindenburg dan difilmkan.

14. Hidrogen biasanya digunakan dalam petrolium dan industri kimia, juga digunakan untuk aplikasi fisika dan teknik.

15. Hidrogen memiliki potensi sangat berbahaya bagi manusia karena ketika terkena Udara (yang mengandung Oksigen) Ia bisa terbakar(beraksi) dan menghasilkan energi yang sangat besar.

Itulah beberapa fakta menarik tentang hidrogen. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

1 comments:

mantab gan penjelasanya komplit tentanh Hidrogen
EDITING VIDEO SEMARANG

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top