Fakta Paling Menarik Tentang Darah Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Paling Menarik Tentang Darah Manusia


Science is amazing! Sains sangatlah luar biasa, dengan ilmu sains kita dapat mempelajari bagaimana tubuh kita bekerja, bagaimana jika anggota tubuh tidak bekerja dan bagaimana pula cara mengobatinya. Kalau sebelumnya aku udah bicara tentang alat pemompa darahnya, jantung. Kali ini aku mau sharing aja tentang fakta-fakta pada darah yang mungkin belum pernah kalian tahu.

Berbagai keajaiban terjadi pada tubuh manusia, termasuk pada darah yang merupakan komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia. Kalau sebelumnya kita sudah membahas fakta ilmiah tentang otak manusia, maka kali ini aku akan sharing mengenai fakta-fakta ilmiah pada darah manusia. 

Fakta-Fakta Ilmiah Mengenai Darah Manusia

fakta ilmiah tentang darah
fakta ilmiah tentang darah


  1. 7% dari seluruh berat tubuh manusia ialah darah
  2. Darah mengandung sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). 
  3. Sel darah ini berada diantara plasma darah. Plasma darah terdiri dari 90%  air dan mengandung banyak sekali nutrisi, elektrolit, gas protein, glukosa dan hormon-hormon.
  4. Plasma darah dapat dipisahkan dari sel dengan cara memutar darah (secara sentrifugal) dengan menggunakan alat bernama sentrifuge. Darah diletakkan dalam tabung kemudian di sentrifuge, setelah selesai sel darah akan berada di bagian bawah tabung. 
  5. Sel darah merah memiliki peranan yang penting yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh. 
  6. Sel darah merah memiliki komponen protein bernama hemoglobin yang mengikat oksigen. Ketika mengikat oksigen inilah darah kita berwarna merah. 
  7. Sel darah merah dibentuk di sum-sum tulang dan dialirkan ke seluruh tubuh sekitar 120 hari. 
  8. Sel darah putih ialah bagian yang sangat penting dalam sistem imun tubuh. Bagian tubuh ini melindungi kita dari bakteri, virus, sel kanker, penyakit infeksi berbahaya dan material asing yang masuk ke tubuh. 
  9. Keping darah membantu dalam proses pembekuan darah. Ketika kita terluka, maka keping darah berperan untuk membekukan darah, sehingga darah tidak mengalir terus dan kita tidak kehabisan darah. 
  10. Selain membawa nutrisi dan zat yang diperlukan ke seluruh bagian sel tubuh, darah juga membawa zat-zat sisa dan yang tidak diperlukan tubuh. 
  11. Ada berbagai tipe darah manusia. Yang paling sederhana ialah pengelompokan darah ABO. 
  12. Banyak orang di dunia melakukan donasi (sumbangan) darah setiap tahunnya. Ini digunakan dalam proses transfusi darah dalam pengobatan. 
  13. Darah yang didonasikan ini tidak sembarangan, terdapat standard khusus dan kriteria untuk dapat menyumbangkan darah. 
  14. Salah satu penanda kalau manusia masih hidup ialah pada tekanan darahnya. Tekanan darah ini terjadi karena beredarnya darah dari jantung ke seluruh tubuh. 
  15. Darah merupakan komponen biokimia sel yang tersusun dari makromolekul-makromolekul organik yang penting dalam kehidupan manusia. 


Yap.. Itulah fakta tentang darah yang harus kamu ketahui. Semoga saja memberikan sedikit manfaat sebagai ilmu pengetahuan baru buat kalian semua.

Thanks for reading and stay tune!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top