Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia


Anggota tubuh manusia kesemuanya menyimpan keistimewaan tersendiri. Bukan hanya Jantung, darah dan otak pada manusia saja yang unik, tetapi bagian tubuh luar juga mengagumkan. Salah satu bagian tubuh yang istimewa ialah telinga.

Setelah kemarin membahas tentang fakta unik tentang tubuh manusia, maka kali ini kita akan membahas tentang keistimewaan telinga, terutama tentang bagian-bagian telinga, bagaimana telingan menyampaikan rangsangan (impuls) ke otak, dan bagaimana otak meresponnya. Berikut fakta unik dan menarik telinga manusia:

Fakta Ilmiah Telinga Manusia


Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia
Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia
  1. Telinga Manusia berfungsi dalam mendeteksi suara
  2. Ketika telinga mendegarkan suara, maka otakmu akan bekerja dengan sangat cepat untuk mengubah sinyal suara ini menjadi informasi yang dapat kamu pelajari. Keduanya tidak terpisahkan. 
  3. Ada banyak sekali bagian dari telinga yang memproses suara selain bagian yang kamu lihat di bagian luar saja. 
  4. Bagian tengah dari telinga (di belakang gendang telinga) dapat menguatkan (amplify) tekanan suara. 
  5. Bagian tengah telinga juga terdapat tabung Eustachian yang dapat membantu kita untuk menyamakan tekanan dan menghilangkan lendir
  6. Infeksi pada telinga sering terjadi pada anak kecil, dikarenakan sistem imun mereka yang belum kuat dan perbedaan antara tabung Eustachian anak-anak dengan orang dewasa.
  7. Telinga bagian dalam (inner ear) terdapat di tulang temporal, tulang terkuat dalam tubuh manusia. 
  8. Telinga bagian dalam (inner ear) memiliki cochlea sebuah organ berbentuk spiral, vestibule dan semicircular canals yang mampu menjaga keseimbangan kita. 
  9. Ketidaknormalan pada telinga bagian dalam dapat menyebabkan tuli pada manusia. 
  10. Penggunaan terapi lilin telinga dapat merusak pendengaran, terutama jika gendang telinga ditekan terlalu keras. 
  11. Melubangi daun telinga dan memasang anting sudah menjadi budaya dan gaya hidup manusia sejak jutaan tahun yang lalu. 

Iya, itu semua fakta ilmiah menarik mengenai telinga yang aku tahu. Kamu tahu fakta lainnya? Silahkan sampaikan di comment, pasti nanti aku masukkan dalam list. Terimakasih udah mampir, salam hangat :)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top