Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia


Banyak hal dalam tubuh manusia ini yang unik. Bagaimana pun semua hal unik tersebut saling berhubungan satu sama lainnya untuk membentuk tubuh yang berfungsi dengan baik. Tidak ada satu hal pun yang patut diremehkan, termasuk hanya sehelai rambut manusia. Kali ini kita akan membahas beberapa fakta mengenai rambut manusia.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas fakta tentang jantung, fakta tentang otak dan organ tubuh manusia lainnya, maka kali ini kita akan membahas tentang rambut manusia. Mungkin kalian akan meremehkan hal ini, tetapi kenyataanya rambut manusia memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya.

Fakta Ilmiah Mengenai Rambunt Manusia

Fakta-Fakta Mengenai Rambut Manusia
Fakta-Fakta Mengenai Rambut Manusia

  1. Rambut manusia dan rambut pada kulit hewan ialah salah satu ciri yang menandakan mamalia. 
  2. Rambut terbuat dari protein yang disebut keratin
  3. Serat rambut tumbuh dari sebuah organ di bagian bawah kulit yang disebut follicle, yang terdapat di lapisan kulit dermis. 
  4. Bagian yang hidup dari rambut hanyalah pada follicle tersebut, sedangkan bagian lainnya tidak memiliki aktifitas biologis(mati). 
  5. Helaian rambut memiliki tiga lapisan, lapisan pertama ialah kutikula, lapisan kedua kortex (yang mengandung keratin) dan bagian terakhirnya ialah medulla. 
  6. Ada dua tipe utama dari rambut yang diproduksi tubuh, rambut vellus dan rambut androgenik
  7. Rambut vellus berkembang sejak kita kecil, tersebar hampir seluruh bagian pada tubuh manusia, rambut ini pendek, halus dan berwarna agak terang.
  8. Rambut terminal ialah jenis rambut yang tebal, panjang dan berwarna gelap. Rambut ini sedikit jumlahnya dari Rambut vellus, tetapi sangat terlihat jelas. Rambut jenis ini berkembang ketika masa pubertas.
  9. Rambut yang ada di kepala kita memiliki insulator panas dan pendingin, ini berfungsi untuk melindungi kita dari sengatan sinar UV matahari. 
  10. Merinding ialah kejadikan ketika follicle terjepit oleh otot di sekitar kulit sehingga rambut berdiri. 
  11. Rambut yang lurus memiliki serat yang berbentuk bulat, sedangkan rambut yang keriting memiliki bentuk serat yang acak. 
  12. Ada dua jenis pigmen yang mempengaruhi warna pada rambut. Pigmen Eumelanin yang memberikan warna gelap, coklat dan hitam, sedangkan Phenomelanin memberikan warna merah. 
  13. Alis mata merupakan rambut yang berfungsi melindungi mata dari debu dan kotoran, hujan dan keringat. Alis mata ini juga digunakan sebagai body language, seperti marah dengan alis naik, capek dan lesu dengna alis turun sayu dan lain-lain. 
  14. Bulu mata melindungi mata dari debu partikel kecil lainnya. 
  15. Rambut yang berada di bagian kepala manusia tumbuh jauh lebih cepat daripada yang ada pada bagian lainnya. 
  16. Rata-rata rambut dapat bertahan hidup hingga 2-7 tahun. 
  17. Terdapat tiga fasa pada rambut di kepala kita yaitu fasa anagen, fasa catagen, dan telogen. 
  18. Hanya sedikit dari mamalia yang tidak memiliki rambut di kulitnya. Seperti gajah, kudanil, badak, dan lain-lain. 

Itulah fakta-fakta ilmiah mengenai rambut manusia. Jadi jangan dikira bagian tubuh yang simple itu tidak berguna. Rambut manusia sangat berguna, terutama untuk fungsinya sebagai pelindung organ tubuh lainnya.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top