Fakta Ilmiah Tentang Otot Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Ilmiah Tentang Otot Manusia


Tubuh kita terdiri dari lapisan kulit dan daging. Hampir seluruh massa tubuh manusia ialah daging. Daging merupakan kumpulan lapisan otot. Otot ini berfungsi sangat penting dalam tubuh kita. Karenanya mengenali fakta menarik tentang otot adala hal yang penting.

Berapa banyak otot yang kamu punya? Ada berapa jenis otot dalam tubuh kita? otot manakah dalam tubuh kita yang paling kuat? Baiklah semua pertanyaan ini akan terjawab dalam uraian singkat fakta ilmiah mengenai otot manusia berikut ini:

Fakta Menarik Tentang Otot

Fakta Ilmiah tentang Otot Manusia
Fakta Ilmiah tentang Otot Manusia

  1. Otot merupakan jaringan lembut pada tubuh manusia dan hewan. Otot ini dapat menghasilkan tenaga dan gerakan.
  2. Otot berfungsi dalam membuat postur tubuh, pergerakan fisik (duduk, berlari, makan), dan menggerakkan organ bagian dalam tubuh (seperti menggerakkan jantung agar terus berdetak memompa darah, menggerakkan usus agar memproses makanan, dll).
  3. Kata otot atau muscle dalam bahasa inggris berasal dari kata bahasa latin musculus, yang berarti "tikus kecil". Sebutan latin ini diberikan karena bentuk dari otot yang menyerupai tikus kecil, atau pergerakan otot yang menyerupai tikus yang berjalan.
  4. Tendon atau urat menghubungkan antara otot kita dengan tulang, menyebabkan otot dapat menggerakkan tulang tubuh.
  5. Terdapat tiga jenis otot pada manusia, yaitu otot jantung, otot halus dan otot skeletal.
  6. Ada sekitar 650 otot skeletal dalam tubuh manusia yang berfungsi dalam pergerakan tulang dan sendi.
  7. Otot skeletal merupakan otot yang mengendalikan hampir seluruh gerakan pada manusia. Urat/tendon melekatkan otot pada tulang dan sendi.
  8. Otot skeletal dibagi menjadi dua bagian, yakni otot skeletal tipe 1 dan otot skeletal tipe 2.
  9. Otot skeletal tipe 1 mengandung banyak protein sehingga berwarna merah terang. Otot jenis ini mengandung banyak oksigen secara efisien dan menggunakan lemak, protein dan karbohidrat sebagai energi dan otot ini mampu berkontraksi dalam waktu yang lama.
  10. Otot skeletal tipe 1 bekerja ketika melakukan olah raga aerobik, lari dan bersepedah.
  11. Otot skeletal tipe 2 memiliki warna yang lebih pucat putih, karena mengandung lebih sedikit myoglobin (protein yang mengandung oksigen). Otot ini dapat berkontraksi dengan sangat cepat, dan kuat, namun cepat lelah.
  12. Otot skeletal tipe 2 lebih banyak digunakan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan dan kecepatan secara bersamaan, seperti sprint, adu panco dan lompat jauh.
  13. Otot halus merupakan otot yang tidak dikendalikan oleh otak kita. Otot ini terdapat pada banyak organ dalam tubuh manusia, contohnya esofagus, perut, pembuluh darah.
  14. Otot halus berperan penting dalam pengangkutan zat dalam tubuh, seperti makanan, darah, dll.
  15. Otot jantung juga merupakan otot yang geraknya tidak dikontrol oleh otak, otot ini hanya terdapat di jantung dan berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
  16. Otot manusia memiliki berat setengah dari seluruh berat tubuh manusia. Jaringan otot ini 15% lebih padat daripada jaringan lemak di tubuh.
  17. Saat tersenyum, kita hanya memerlukan 17 otot, sementara ketika merengut kita menggerakkan 43 otot wajah. Jadi tersenyum lebih mudah daripada merengut. :)
  18. Jika kekuatan otot diukur sebagai kemampuan untuk menggunakan kekuatan pada sesuatu, maka otot rahang ialah bagian otot yang terkuat di tubuh.
  19. Sedangkan otot terkuat yang diukur berdasarkan fungsinya ialah otot eksternal mata, yang memiliki kekuatan 100 kali lebih kuat daipada ukurannya dan menanggung beban bola mata yang cukup berat.
  20. Lidah memiliki 8 jenis otot.
  21. Otot jantung pada jantung kita merupakan otot yang bekerja paling banyak selama kita hidup di dunia.
  22. Cerebral palsy merupakan kelaianan pada tubuh yang mempengaruhi keseimbangan dan fungsi gerak.
  23. Ingatan otot, atau respon otot terbentuk dengan melakukan banyak latihan. Otot akan membentuk dan menyempurnakan suatu gerakan tertentu dengan banyaknya latihan. Oleh karena itu latihan sangat penting bagi atlit olah raga.
Oke, itu semua fakta tentang otot pada tubuh manusia. Bagiamana? Kaget kan kalau otot terkuat itu justeru otot eksternal mata, yang mampu mengangkat beban hingga 100 kali dari ukuran semestinya.

Itulah tubuh kita, pernuh kejutan dan keajaiban. Kita belajar sains untuk menguak keajaiban demi keajaiban dalam tubuh yang luar biasa ini.

1 comments:

Thanks for sharing yak :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top