Fakta ilmiah mengenai Paru-paru manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta ilmiah mengenai Paru-paru manusia


Setelah membahas mengenai organ penginderaan manusia yaitu mata, maka selanjutnya kita beralih kembali ke bagian dalam dari tubuh  manusia yaitu Paru-paru. Ada beberapa fakta tentang paru-paru manusia yang harus kamu ketahui.

Fakta Menarik Mengenai Paru-paru Manusia 

fakta tentang paru-paru manusia
fakta tentang paru-paru manusia

Berikut ini beberapa fakta ilmiah mengenai Paru-paru manusia yang mengagumkan.


  1. Sebenarnya Fungsi primer dari paru-paru kamu ialah untuk mengangkut oksigen dari udara yang kamu hirup saat bernafas menuju ke aliran darah. Kemudian mengambil sisa pembakaran yaitu CO2 dari darah dan mengeluarkannya dari tubuhmu. 
  2. Hampir semua binatang bertulang belakang memiliki dua paru-paru. 
  3. Bagian kanan dan kiri dari paru-parumu tidak sama. Paru-paru bagian kiri dibagi menjadi dua bagian sedangkan paru-paru bagian kanan dibagi menjadi tiga bagian. Jadi bagian paru-paru kiri lebih kecil ukurannya daripada paru-paru kanan. 
  4. Dapatkah kamu hidup hanya dengan satu paru-paru? Ya, kamu bisa hidup hanya dengan satu paru-paru, tetapi ini akan mengurangi kemampuan fisikmu(yang berkaitan dengan nafas). 
  5. Cukup banyak orang di seluruh dunia yang hidup hanya dengan satu paru-paru. 
  6. Orang-orang yang memiliki kapasitas paru-paru besar dapat mengirimkan oksigen ke seluruh tubuhnya dengan cepat. Kapasitas paru-paru ini dapat ditingkatkan dengan adanya latihan khusus. 
  7. Ketika beristirahat, rata-rata orang dewasa bernafas ketikar 12 hingga 20 kali setiap menitnya. Artinya setiap harinya tak kurang dari 17.280 kali. 
  8. Rata-rata orang menghirup sekitar 11.000 liter udara setiap harinya. 
  9. Pelajaran yang mempelajari mengenai gangguan pada paru-paru disebut pulmonologi
  10. Seperti halnya buruk untuk seluruh tubuh, merokok sangat buruk untuk paru-paru dan jantung. 
  11. Asma ialah penyakit umum yang terjadi karena kesalahan pada paru-paru. Serangan asma terjadi ketika kamu sulit bernafas karena terjadinya iritasi pada saluran udara. Ini membuatmu sulit bernafas. 
  12. Pneumonia adalah penyakit berbahaya yang membuat paru-paru kamu sulit menyerap oksigen dalam usara. Ini adalah penyakit pernafasan yang paling banyak memakan korban. 
  13. Penyakit paru-paru lainnya ialah empisema, tuberkolosis, bronkhitis dan lain-lain. 


Berbagai fakta tentang paru-paru ini semoga memberikan pencerahan sehingga bisa menjaga paru-paru kita dari berbagai penyakit berbahaya. Dan membuat kita bersyukur terlah dianugrahi dengan sebuah organ yang luar biasa, yaitu paru-paru.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top