Fakta Ilmiah Menakjubkan Tentang Jantung Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Ilmiah Menakjubkan Tentang Jantung Manusia


Seperti yang telah kita ulas sebelumnya mengenai fakta ilmiah tubuh manusia yang sangat unik, selain unik setiap bagian tubuh manusia saling berhubungan. Salah satu organ tubuh yang paling penting dan kita tidak bisa hidup tanpanya ialah jantung manusia. Jantung manusia ini memiliki peranan penting dalam memompa darah ke seluruh anggota tubuh, sehingga oksigen dan nutrisi makanan bisa sampai ke seluruh sel.

Fakta Tentang Jantung Manusia Yang Harus kamu Ketahui

Fakta Ilmiah mengenai Jantung Manusia
Fakta Ilmiah Mengenai Jantung Manusia

Kali ini, aku bakalan kasih informasi singkat fakta mengenai jantung manusia. Fakta Ilmiah Tentang Jantung Manusia yang Harus Kamu Ketahui Berbagai informasi menarik tentang jantung ini mungkin akan menambah pengetahuan kamu:
  1. Jantung adalah salah satu organ paling penting pada tubuh manusia, Ia tak pernah berhenti bekerja memompa darah ke seluruh tubuh.
  2. Jantungmu terletak di dada kiri dan dilindungi oleh tulang rusuk
  3. Jantung terdiri atas empat bagian, atrium kiri, atrium kanan, venntricle kanan dan ventrikel kiri.
  4. Terdapat empat katup dalam jantung manusia. Kesemua katup tersebut yang memastikan hanya ada satu aliran darah dalam tubuh manusia, masuk maupun keluar.
  5. Darah menuju ke jantung dibawa dalam vena. Darah yang datang dari paru-paru menuju ke atrium kiri dibawa dalam vena pulmonari sedangkan darah dari seluruh tubuh menuju ke atrium kiri dibawa dalam vena cava superior dan vena cava inferior.
  6. Mungkin terkadang kamu merasa jantungmu berdetak dengan kencang, ini disebut dengan siklus kardiak. Ketika jantungmu berkonstraksi, ia akan membuat ukurannya mengecil, sehingga darah terdorong untuk keluar menuju ke pembuluh darah. Ketika jantungmu relaksasi maka ukurannya membesar, sehingga darah akan masuk mengisi ruang tersebut.
  7. Konstraksi pada jantung ini disebabkan karena adanya aliran listrik.
  8. Di film-film kalian mungkin sering melihat electrodiagram (ECG), ini merupakan alat yang mengukur detak jantung manusia. Mesin ini mengukur jumlah listrik yang bekerja di jantung manusia.
  9. Dengan mengetahui informasi energi listrik dalam jantung ini, dokter dapat mengetahui permasalahan kesehatan pada jantung, dan melakukan tindakan medis.
  10. Serangan jantung disebabkan karena luka pada jaringan. Luka ini bisa jadi sangat fatal dan menyebabkan gagal jantung.
Itulah beberapa fakta tentang jantung yang harus kamu ketahui. Mudah-mudahan fungsi jantung kita akan terus bekerja normal. Semoga artikel ini bermanfaat. Thanks!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top