Fakta-Fakta Kimia Yang Menarik Untuk Diketahui [Untuk Anak-Anak] - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta-Fakta Kimia Yang Menarik Untuk Diketahui [Untuk Anak-Anak]


Salah satu hal yang dapat menarik minat pada satu bidang pelajaran terntentu ialah dengan mengetahui hal-hal menarik dalam bidang tersebut. Kali ini saya sharing fakta-fakta unik tentang kimia dan fenomena kimia yang terjadi di alam.

Fakta Ilmiah Tentang Kimia yang Asik dan Keren.

fakta kimia dan keunikannya
Kimia dan keunikannya
Dulu ketika mengetahui perubahan warna pada reaksi antara asam dan basa menggunakan indikator PP aku langsung tertarik ke Kimia. Semoga saja fakta-fakta sederhana ini dapat menarik minatmu dalam pelajaran Kimia.

Fakta Kimia yang Menarik 

1. Hidrogen adalah unsur pertama di tabel periodik unsur dan memiliki nomor atom 1. Sifat Hidrogen ialah mudah terbakar dan merupakan unsur terbanyak nomor satu di. Simak Fakta tentang Hidrogen

2. Nitrogen cair mendidih pada 77 Kelvin (-196o C, -321 o F). Inilah sebabnya Nitrogen cair sering digunakan dalam proses pendinginan instant(pembuatan es, pembuatan eskrim, dll). Simak Fakta tentang Nitrogen

3. Sekitar 1% dari massa matahari ialah unsur Oksigen. Simak Fakta tentang Oksigen

4. Hellium adalah unsur yang lebih ringan daripada udara dan stabil, sifat inilah alasan kenapa Helium digunakan sebagai gas balon udara. Simak Fakta tentang Hellium

5. Karbon memiliki banyak sekali bentuk yang disebut Allotrop, salah satunya ialah Intan, Grafit (ujung pensil) dan bahan tidak murni seperti Batubara yang merupakan hidrokarbon. Simak Fakta mengenai Karbon

6. Mineral kalsium murni dapat beraksi hebat dengan air menghasilkan gas hidrogen.

7. Ada lebih dari 2000 senyawa organik klorin di alam. Simak fakta mengenai Klorin

8. Gas neon menghasilkan warna cerah merah-oren ketika dialiri listrik.

9. Dalam keadaan normal Radon merupakan salah satu gas paling tinggi densitasnya (rapat jenisnya) dan gas terberat di alam.

10. Kaca adalah salah satu senyawa dari silikon; dikenal dengan nama silikon dioksida (silika). Kaca dibuat dengan memanaskan pasir pada temperatur sangat tinggi.

11. Kolektor mineral menyukai sulfur karena warnanya yang sangat indah. Sulfur memiliki warna kuning mengilap, bentuk yang unik (polyhedron) dan sangat langka dalam bentuk kristalnya.

12. Berlian di alam ditemukan paling banyak di Afrika.

13. Pada keadaan normal, minyak tidak akan bercampur dengan air. Simak fakta mengenai Minyak

14. Kimia sudah dikenal sejak zaman mesir kuno dimana mereka menggunakan teknik ekstraksi logam dari batuan, fermentasi dan pengobatan menggunakan tanaman

15. Hal-hal yang tidak terlihat oleh mata manusia, terkadang dapat dilihat menggunakan sinar UV. Ini sangat membantu para saintis dan detektif.

16. Manusia bernafas mengeluarkan Karbon dioksida. Dengan menggunakan energi matahari, tanaman dapat mengubah Karbon dioksida ini mnejadi makanan pada proses fotosintesis.

17. Reaksi kimia terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam memasak. Coba saja campurkan asam seperti cuka ke dalam basa seperti baking soda, lihatlah apa yang terjadi. Itu reaksi Kimia!

18. Pada kondisi temperatur dibawah 4oC, Air akan mengalami ekspansi (perluasan permukaan), tetapi pada 0oC sebaliknya. Namun hasilnya permukaan air semakin membesar ketika menjadi Es. Coba saja masukkan satu gelas Aqua ke dalam frezer, ketika beku gelasnya akan menggelembung karena perluasan permukaan.

19. Kristal terbentuk karena kondisi tekanan tinggi dalam waktu lama, sehingga struktur yang terbentuk ialah struktur yang berulang dengan pola tertentu. Salah satu contoh dari kristal yang paling terkenal ialan Quartz, Ruby, dan saphire.

20. Api adalah reaksi kimia yang menghasilkan cahaya dan panas.

Oke. Itu aja dulu, sharing fakta unik seputar kimia kali ini. Semoga besok bisa posting mengenai fakta-fakta dan informasi setiap unsur kimia di alam. Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti fanpage kami. :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top