Beberapa Fakta Menarik Tentang Lemak yang Harus Kamu Tahu - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Lemak yang Harus Kamu Tahu


Salah satu asupan makanan yang penting bagi tubuh kita ialah lemak. Banyak mungkin wanita yang anti sama yang namanya lemak, katanya lemak  membuat gemuk. Tetapi pada kenyataanya lemak memang diperlukan tubuh kita.

13 Fakta Unik Mengenai Lemak yang Perlu Kamu Ketahui

sifat-sifat dan fakta mengenai lemak
Lemak Jenuh
Fakta menarik tentang lemak ini mungkin akan membantumu untuk memenuhi asupan gizimu dengan baik. Kamu tidak boleh menghindari lemak hanya karena lemak bisa membuatmu gemuk, itu bukan alasan yang tepat, jika dikonsumsi dengan batasan yang baik maka lemak bisa menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan membaca informasi di bawah ini, kamu akan tahu mengenai Apa itu lemak? Apa saja jenis-jenis lemak? Makanan apa yang banyak lemaknya? dan Apa kegunaan lemak?
  1. Lemak merupakan salah satu dari tiga senyawa yang terkandung di dalam makanan. Selain karbohidrat dan protein, tubuh kita memerlukan yang namanya lemak sebagai salah satu sumber energi.
  2. Ada 9 kilokalori (kalori) dalam satu gram lemak. Sedangkan karbohidrat dan protein hanya memiliki 4 kilokalori per satu gramnya. Nah, inilah sebabnya lemak menjadi sumber naiknya berat badan orang, karena kalorinya dua kali lipat dari protein dan karbohidrat.
  3. Minyak adalah istilah yang digunakan untuk lemak dalam bentuk cairnya. Pernahkan kalaian mendengar minyak kelapa? minyak sawit? atau minyak biawak? Nahh itu semuanya lemak.
  4. Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak mengandung energi yang membantu tubuh untuk mengolah vitamin A, D, E dan K sehingga bermanfaat. Vitamin tersebut larut dalam lemak, sehingga tanpa adanya lemak kita tidak dapat menyerap nutrisi tersebut 
  5. Lemak berguna untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Lemak juga melindungi organ dalam tubuh agar tidak mudah shock dan dapat menjaga temperatur tubuh tetap hangat.
  6. Lemak memberikan rasa yang enak pada makanan kita.
  7. Ada beberapa tipe dari lemak yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak transisi
  8. Lemak jenuh biasanya berbentuk padatan pada temperatur ruang dan diperoleh dari hewan. Lemak jenuh cenderung kurang sehat karena menaikkan kolesterol tubuh.
  9. Makanan yang mengandung banyak lemak tak jenuh ialah daging, kulit dan leher binatang, sedangkan dari produk peternakan lainnya ialah susu, butter, mentega, yoghurt, keju dan krim.
  10. Lemak tak jenuh biasanya berwujud cair pada temperatur ruang. Ada dua jenis lemak tak jenuh yaitu lemak tak jenuh poli dan lemak tak jenuh mono. Lemak tak jenuh sangat baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol dalam darah.
  11. Lemak Transisi sangatlah langka di alam. Lemak ini diproduksi dalam makanan dari proses hidrogenasi lemak jenis lain. Lemak transisi ini memiliki karakter seperti lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.
  12. Lemak Transisi diproduksi untuk memberikan rasa pada makanan olahan. Biasanya makanan fast food agar enak dan gurih.

Itulah bebeberapa fakta mengenai lemak, semoga memberikan manfaat. Stay tunes and thanks!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top