Praktikum Pengaruh Temperatur Terhadap Tekanan Gas - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Praktikum Pengaruh Temperatur Terhadap Tekanan Gas


Oke, kali ini aku mau sharing sedikit tentang praktikum Pengaruh Temperatur Terhadap Tekanan Gas.

Eksperimen Pengaruh Temperatur Terhadap Tekanan Gas

Kemarin aku ngelihat percobaan yang sangat menarik yang bisa digunakan untuk menjelaskan pengaruh temperatur terhadap tekanan gas. Selain itu, praktikum ini juga dapat digunakan dalam menjelaskan mengenai hubungan antara temperatur dengan

Oke, pasti udah pada tahu khan fenomena ban sepeda yang diisi udara(gas) setengah penuh kemudian ketika panas ban sepeda akan kencang sendiri?

Bahkan kalian pasti udah paham apa penyebabnya, yap! Pemuaian udara(gas) dalam ban sepedah yang dipanaskan.

Sekarang untuk memahaminya di kelas, kita bisa melakukan percobaan sederhana seperti ini
Pompa Ban

Percobaan Pertama: Pengaruh Kenaikan Temperatur Terhadap Volume Gas

Percobaan ini sangatlah sederhana, alat dan bahan yang kalian butuhkan hanyalah ; baskom kecil, air panas, balon yang telah ditiup(sedikit saja udaranya).

Cara melakukan percobaannya ialah, pertama ukurlah diameter dari balon setelah kamu tiup (dengan sedikit udara). Kemudian setelah balon berisi udara, tuangkan air panas ke dalam baskom kecil, setelah itu taruhlah balon di atas baskom berisi air. Setelah beberapa saat kemudian cek diameter balon. Catatlah hasilnya dan simpulkan.

Percobaan Kedua: Pengaruh Penurunan Temperatur Terhadap Volume Gas.

percobaan gas dalam balon

Percobaan ini pada prinsipnya sama dengan percobaan pertama, hanya saja yang akan kita lakukan ialah menurunkan temperatur gasnya.

Okey, untuk memulainya kalian memerlukan; balon ditiup penuh(berisi gas), bak kecil, Nitrogen Cair atau Kulkas. Percobaan kedua ini, jika ingin dilakukan di kelas dan terlihat keren sebaiknya menggunakan Nitrogen Cair.

Caranya mudah sekali balon ditiup penuh, kemudian diukur diameternya. Setelah itu di masukkan dalam bak kecil dan tuangkan Nitrogen cair ke dalam bak tersebut. Lihatlah apa yang terjadi. Ukurlah ukuran balon tersebut.

Nitrogen cair memiliki titik didih yang negatif, sehingga temperaturnya sangat dingin. Jadi balon yang berisi gas tadi didinginkan dengan bantuan nitrogen cair.

Kalau Nitrogen Cair sulit untuk didapatkan, maka kalian bisa menggunakan bantuan kulkas untuk mendinginkannya.

Gimana? Menarik kan? Kalau kalian murid maka ajak guru kalian mempraktekkan ini, Kalau kalian guru maka ajak murid kalian untuk praktikum ini.. Pasti akan menambah pemahaman tentang sifat-sifat gas.

Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top