Percobaan Kimia Unik Reaksi Hidrogen Peroksida dengan Kalium Iodida - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Percobaan Kimia Unik Reaksi Hidrogen Peroksida dengan Kalium Iodida


Belajar Kimia dengan Experiment yang Unik

Apa yang kalian pikirkan kalau mendengar kata "Kimia"? Apa ada gambaran suram dengan kegelapan bersama rumus-rumus dan persamaan reaksi?

Oke itu wajar. Wajar maksudku karena selama ini pelajaran kimia kita hanya berkutat pada buku-buku dan rumus-rumus yang tentu saja membingungkan. Bagaimana kalau praktikum kimia? Apa kalian bisa membayangkan hal yang lebih menyenangkan?

Kalin ini Aku bakalan sharing percobaan kimia yang unik banget dan sangat menarik untuk dilihat. Di Indonesia kita bakalan merogoh kocek agak dalam untuk melakukan reaksi ini, tetapi kalau kalian tidak bisa melakukannya langsung, kalian tetap bisa kok melihat reaksinya dan prinsip dasarnya. Karena aku bakalan sharing semuanya.

Experiment Kimia : Reaksi Hidrogen Peroksida dengan Kalium Iodida

Hidrogen Peroksida bereaksi dengan Kalium Iodida
Eksperimen Odol Gajah
Percobaan ini sering sekali digunakan di Luar Negeri untuk menarik minat anak-anak pada dunia sains. Bahkan percobaan ini telah populer dengan sebuatan "Elephant's Toothpaste Experiment" atau Percobaan Odol Gajah.

Bahan dasar yang digunakan dalam percobaan ini hanyalah dua senyawa kimia, yaitu Hidrogen Peroksida(H2O2) dan Kalium Iodida (KI). Reaksi yang terjadi ialah :
H202 (aq) + I- (aq) –> H20 (l) + OI- (aq)
H202 (aq) + OI- (aq) –> H20 (l) + O2 (g) + I- (aq)

Hidrogen peroksida terdekomposisi oleh Kalium Iodida kedmudian karena adanya ion Iodida maka terkumpullah gas oksigen. Gas Oksigen ini akan membuat sabun berbusa.

Cara melakukan eksperimen ini adalah:
1. Masukkan Sabun cuci piring dan pewarna makanan dalam tabung reaksi, kemudian campurkan dengan 50mL Hidrogen Peroksida 30%.
2. Tambahkan 1 atau 2 gram Kalium Iodida. Maka buih sabun akan terbentuk dalam jumlah besar dan membentuk seperti pasta gigi (odol). 

Dalam percobaan ini, Iodida tidak bereaksi dan menghasilkan produk akhir. Pada kenyataannya Iodida hanyalah senyawa katalis yang membantu terjadinya reaksi kimia Antara Hidrogen Peroksida dengan Gas Oksigen.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top