Fakta Kimia - Kenapa Lilin Bisa Menyala dan Rahasia Api - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Fakta Kimia - Kenapa Lilin Bisa Menyala dan Rahasia Api


Kenapa Lilin Bisa Menyala dan Rahasia Api


Struktur Lilin

Lilin merupakan teknologi kuno manusia yang telah ada ribuan tahun lamanya. Lilin pada awalnya digunakan hanya untuk penerangan (api) saja, namun berkembang hingga digunakan sebagai bagian dari upacara khusus.

Lilin sendiri memiliki struktur yang sederhana. Yang pertama ialah Wax (padatan lilin) dan sumbu di bagian tengahnya.Wax pada lilin merupakan senyawa hidrokarbon rantai panjang yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari destilasi fraksional suatu minyak bumi.

Kimia Lilin

Bagaimana lilin bisa menyala?

Lilin menyala karena sumbu yang dilapisi oleh wax. Saat sumbu dibakar dengan api, lilin menyala kemudian panas dari api menyebabkan wax yang padat meleleh menjadi cairan. Cairan wax ini terserap oleh sumbu lilin sehingga naik ke atas, kemudian wax ini menjadi bahan bakar untuk nyala api.

Terbentuknya Nyala Api

Pernahkah kalian melakukan percobaan ini, menutup lilin yang menyala dengan gelas? Apa yang terjadi? Apakah seperti ilustrasi di bawah ini?
Kimia Lilin
Add caption

Jika iya, maka selain bahan wax lilin hal lain yang diperlukan untuk menyalakan api ialah adanya gas Oksigen di Udara. Sehingga jika kamu menutup lilin dengan gelas, maka api pada lilin akan padam, karena tidak adanya gas oksigen yang mencukupi untuk terjadinya reaksi pembakaran.

Reaksi Pada Lilin

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa rangkaian reaksi yang terjadi pada lilin ialah seperti dibawah ini:

Kimia Lilin

Tanya-Jawab

1. Kenapa Api mati ketika ditiup?

J- Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, pertama karena nafas kita mengandung karbondioksida yang akan menggeser oksigen di sekitar sumbu api, sehingga api mati. Kedua, nafas kita mengandung kadar air yang cukup untuk mematikan api. Ketiga, hembusan angin kita menghamburkan gas lilin yang menjadi bahan bakar api, tanpa bahan bakar maka sumbu akan mati. 

Kimia Lilin
Tiup lilin

Jika kalian penasaran dengan fenomena lainnya silahkan langsung comment, nanti akan aku jawab. Ok? :D

3 comments

| o |
bagus mas....
sering pake lilin (klo listrik padam :( )
tp ga pernah kpikiran knapa lilin bs nyala :D

Iya, terimakasih udah mampir.. Semoga bermanfaat.. :D Saya bakalan lebih sering buat artikel simple seperti ini.. :D

OK, mampir jg ke blog aku ya.... :)
keep update ya . . . .

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top