Beberapa Fakta Tentang Kimia yang Unik dan Menarik - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Beberapa Fakta Tentang Kimia yang Unik dan Menarik


Fakta-Fakta Aneh Tentang Kimia

Kali ini aku mau posting tentang beberapa fakta aneh mengenai Kimia. Mungkin bagi beberapa orang ini nggak penting, tapi apa salahnya berbagi pengetahuan?

Walpaper kimia
Kimia
Fakta unik kimia ini semoga saja bisa membuat kalian semakin tertarik ke ilmu kimia. Banyak sekali hal-hal yang menarik dalam ilmu kimia dan sains, tetapi beberapa fakta di bawah ini mungkin yang paling dekat dengan kehidupan kita sehingga lebih mudah dipahami.
  • Pada tanggal 23 Oktober sejak 6:02 pagi hingga 6:03 petang, para ilmuwan kimia dan mahasiswa kimia memperingati Mole Day, atau hari Mol sedunia. Hari ini untuk meghargai angka Avogadro (6,02 x 1023 )  
  • Ada sekitar 1/2 £ atau 250g garam dapur (NaCl) dalam tubuh manusia dewasa.
  • Setiap sambaran petir menghasilkan ozon (O3) dan membantu memperkuat lapisan ozon.
  • Manusia telah menggunakan kimia setidaknya sejak Mesir Kuno. 1000 sebelum masehi peradaban manusia telah menggunakan teknik kimia lanjutan seperti ekstraksi logam dari bijih, fermentasi alkohol, dan pabrik pemurnian ekstrak sebagai obat.
  • DNA manusia mampu tahan terhadap api.
  • Satu ember air mengandung lebih banyak atom dari beberapa ember air di Samudra Atlantik .
  • Jika Anda perlahan-lahan menuangkan segenggam garam ke dalam segelas yang penuh air, air tidak akan meluap. Bahkan, ketinggian tingkat air akan turun.

  • Meskipun gas oksigen tidak berwarna, tetapi dalam wujud baik cair dan bentuk padat berwarna biru (akibat pembiasan cahaya samping).
  • Satu inci hujan sama jumlah airnya dengan 10 inci salju.
  • Anda memiliki kemoreseptor (perasa) di bagian dalam pipi Anda.
  • Asam fluorida sangat korosif sehingga dapat melarutkan kaca. Meskipun korosif, asam fluorida masih dianggap sebagai 'asam lemah'.
  • Sekitar 20% dari oksigen di atmosfer dihasilkan oleh hutan hujan Amazon.
  • Satu-satunya elemen yang cair pada suhu kamar ialah usur bromin dan merkuri.
  • Meskipun padat pada suhu kamar, gallium akan mencair jika diletakkan di telapak tangan Anda.
  • Hidrogen adalah unsur yang paling berlimpah. Sekitar 75%-90% dari massa unsur alam semesta adalah hidrogen.
  • Isotop yang paling umum dari hidrogen adalah protium, dengan 1 adalah proton dan neutron 0.
  • Bahan kimia yang paling keras dalam tubuh Anda adalah enamel(email) gigi Anda.
  • Etilena adalah gas yang dihasilkan oleh pematangan buah, masakya buah dan sayuran lainnya.
  • Satu-satunya huruf yang tidak muncul pada Tabel Periodik Unsur adalah J.
  • Tubuh manusia mengandung unsur karbon yang cukup untuk menghasilkan grafit(mata pensil) untuk 9.000 pensil.
  • Jika Anda menumpahkan segelas air di luar angkasa, air itu akan mendidih. Tetapi kemudian uap air akan segera mengkristal menjadi es.
  • Oksigen adalah unsur yang paling melimpah di kerak bumi, di air, dan di atmosfer.
  • Sengatan lebah bersifat asam sedangkan sengatan tawon bersifat alkali(basa).
  • Nyamuk menyukai aroma estrogen, sehingga wanita mendapatkan digigit lebih sering daripada pria(karena wanita memproduksi enzim estrogen lebih banyak).
  • Pemantik ditemukan sebelum korek api.
Dulu aku udah tahu sih kalau ada peringatan untuk Hari Mol Sedunia, tetapi baru ini aku sadar kalau waktunya diatur sedemikian rupa seperti bilangan avogadro (6.02 (jam peringatan), x 10(bulan peringatan) 23 (tanggal peringatan). Asik aja gitu kalau tahu hal-hal aneh tentang kimia kayak gini, berasa nambah pinter dikit.. :D

Jadi aku berharap kalau postingan ini bermanfaat buat kalian.. Thanks For Reading!

6 comments

BW kesini jadi belajar kimia lagi, pas jamannya sma dulu hehe.

kimia itu memang mengasikan dan menyenagkan

Aihhh kimia, waktu SMA suka kimia, pas kuliah kenapa jadi gak suka ya, coz makin berat apalagi klo kimia organik

Iya, Terimakasih BW-nya.. Kimia kan bisa dipelajari walau nggak kuliah.. :D

Iya ibu... Setujuuu!

Kimia organik emang suka bikin pusing.. soalnya banyak banget yg perlu dihafalkan.. XD

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top