Siklus Karbon dan Daur Senyawa Karbon - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Siklus Karbon dan Daur Senyawa Karbon


Senyawa Karbon Merupakan senyawa yang benar-benar penting untuk setiap makhluk hidup. Senyawa Karbon ini juga merupakan komponen paling vital dalam atmosfer kita. Siklus Karbon yang terjadi akan melalui komponen bumi kita, organisme hidup dan bahkan udara di atmosfer.

Siklus Senyawa Karbon

Karbon merrupakan unsur yang ditemukan dalam beragam bentuk dan di hampir semua lapisan bumi baik sebagai makhluk hidup maupun benda mati. Molekul-molekul yang penting dalam membentuk tubuh mahluk hidup seperti karbohidrat, protein, lemak dan lain-lainnya mengandung senyawa karbon sebagai komponen utamanya.

Senyawa karbon ini juga berada di udara dalam bentuk karbondioksida CO2. Selain itu di dalam bumijuga terdapat kandungan karbon dari minyak bumi yang melimpah.
 
Siklus Senyawa karbon atau daur karbon pada dasarnya merupakan mekanisme alami dari alam semesta untuk menggunakan kembali lagi kandungan karbon yang ada dengan berbagai cara dan di berbagai tempat.

Karbon akan bergerak dari atmosfer ke bumi dan organisme, kemudian kembali lagi ke atmosfer, dan berulang lagi dalam suatu siklus. Lalu bagaimana proses ini bekerja? Apa yang menggerakkan atom karbon?

Daur Karbon

Bumi merupakan lingkungan tertutup, dimana materi yang berada di bumi tidak akan berpindah keluar dari bumi secara alami.Pernahkan kalian mendengar mengenai materi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan? itulah yang terjadi dibumi.

Pernahkan kalian memperhatikan siklus air? Air yang berasal dari hujan, akan diserap tanah dan ditampung oleh tanah, kemudian menguap terbawa ke langit dan turun lagi. Maka senyawa karbon juga mengalami siklus tersebut. Berikut ini siklus karbon yang terjadi:

Daur Karbon 1

Siklus Karbon Sederhana
Senyawa Karbon akan menguap ke atmosfer sebagai karbon dioksida yang dihasilkan oleh mahluk hidup ketika bernafas dan mesin ketika melakukan pembakaran.

Daur Karbon 2

Siklus Karbon Sederhana
Karbon dioksida akan diserap oleh tumbuhan dan organisme yang bisa membuat makanannya sendiri untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan karbohidrat dan oksigen.

Daur Karbon 3

Siklus Karbon Sederhana
Binatang akan memakan tanaman yang mengandung sejumlah Senyawa Karbon. Kemudian senyawa karbon ini akan di keluarkan lagi dalam bentuk CO2 karbon dioksida.

Daur Karbon 4

Siklus Karbon Sederhana
Ketika tanaman ataupun hewan mati, mereka akan dimakan oleh dekomposer (cacing, kecoak, semut, bakteri) di dalam tanah dan dikeluarkan sebagai senyawa karbon dioksida.

Tetapi pada keadaan tertentu, proses dekomposisi ini bisa saja tidak terjadi, sehingga yang terbentuk ialah Bahan bakar fosil di dalam tanah.

Bahan bakar ini nantinya akan dibakar dan menghasilkan gas karbon dioksida CO2 di atmosfer.

Daur Senyawa Karbon terjadi di bumi sebagai suatu keseimbangan alam, ketika keseimbangan ini terganggu, maka bumi akan mulai rusak.

Ref:: Thecarboncycledio.weebly.com



Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online
Untuk mebaca materi kimia lainnya silahkan Klik Di Sini






2 comments

Kenapa Pada keadaan tertentu, proses dekomposisi ini bisa saja tidak terjadi.?
hal apa saja yg menyebabkannya.?

salam kenal.

Salam kenal. :D

Proses dekomposisi tidak terjadi jika karbon terkubur jauh di dalam tanah. Pada keadaan ini, sangat sedikit sekali organisme hidup di dalamnya, sehingga tidak terjadi biodekomposisi, yang terjadi hanyalah reaksi2 anorganik dari karbon dan menghasilkan bahan bakar fosil.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top