Proses Sintesis dan Proses Dekomposisi - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Proses Sintesis dan Proses Dekomposisi


Bagaimana beberapa senyawa berbeda dapat terbentuk? Beberapa dari kalian pasti sudah mengetahuinya. Senyawa terbentuk karena terjadinya reaksi kimia. Setiap senyawa memiliki proses reaksi kimia yang berbeda dalam pembentukannya itu. Maka disini kita akan mempelajari mengenai dua jenis reaksi materi kimia .

Proses Sintesis dan Proses Dekomposisi

Proses sintesis dan dekomposisi merupakan proses yang mutlak dialami oleh semua materi di bumi. Suatu senyawa kimia akan terbentuk kemudian teruraikan menjadi bagian yang lebih sederhana. Sintesis dan dekomposisi merupakan pasangan reaksi yang dapat terjadi pada semua unsur dan senyawa kimia.

Reaksi Sintesis

Fotosintesis pada daun merupakan salah satu contoh reaksi sintesis
Sintesis adalah proses reaksi kimia dimana suatu senyawa bereaksi dengan senyawa lainnya dan membentuk suatu senyawa tertentu.

Reaksi umum yang terjadi ialah :



Senyawa yang menjadi penyusun terjadinya reaksi bisa saja dua, tiga, empat ataupun lima senyawa. Reaksi sintesis merupakan reaksi yang paling sering terjadi.

Salah satu contohnya ialah ketika suatu unsur logam ataupun non logam bereaksi dengan oksigen, maka produk yang diperoleh ialah oksida.  Seperti reaksi sintesis antara logam Besi dan Oksigen berikut ini:



Juga reaksi antara Hidrogen dan Oksigen berikut:



Contoh reaksi sintesis lainnya ialah reaksi antara unsur logam dan nonlogam dengan unsur Halogen membentuk senyawa baru:



Reaksi Sintesis Yang Melibatkan Senyawa

Pada contoh reaksi di atas, reaksi terjadi antara dua unsur yang mana jarang sekali terjadi di alam. Sedangkan yang seringkali terjadi di alam ialah reaksi antara dua senyawa. Cotoh reaksi sintesis antara Sulfit dengan Air yang menghasilkan Asam Sulfat ialah sebagai berikut ini:

 

Jadi Proses Sintesis merupakan reaksi antara satu senyawa dengan senyawa lainnya menghasilkan produk senyawa yang baru.

Reaksi Dekomposisi

Proses Dekomposisi pada dedaunan

Reaksi dekomposisi adalah reaksi kimia dimana suatu senyawa dipecah menjadi dua senyawa baru.



Contoh reaksi dekomposisi yang paling sederhana ialah pemecahan molekul air menjadi hidrogen dan oksigen. Hal ini dapat terjadi dengan aliran listrik pada air.



dekomposisi Amonium Nitrat
Reaksi dekomposisi tidak hanya akan menghasilkan suatu unsur, tapi dapat juga menghasilkan suatu senyawa. Contohnya ialah pada reaksi dekomposisi senyawa Amonium Nitrat pada temperatur yang sangat tinggi menghasilkan Dinitrogen Monoksida dan Air.



Reaksi ini menhasilkan ledakan dan nyala api karena panas yang diberikan, terlihat seperti pada gambar.

Maka Proses dekomposisi adalah reaksi dari suatu senyawa yang mengalami pemecahan menjadi dua senyawa baru yang lebih sederhana. 


Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online
Untuk mebaca materi kimia lainnya silahkan Klik Di Sini


Reff: 
+Ryerson, High School Chemistry 11, Mc Graw-Hill

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top