Pengertian Elektron Valensi dan Penerapannya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Elektron Valensi dan Penerapannya


Dalam sebuah skema reaksi kimia, kalian harus memperhitungkan jumlah elektron yang dimiliki sebuah atom dan atom lainnya. Karena kita dapat memprediksi suatu reaksi kimia dapat terjadi atau tidak berdasarkan dari jumlah elektron terluar suatu atom.

Pengertian Elektron Valensi

Elektron valensi merupakan elektron yang memiliki peranan penting dalam pembentukan ikatan kimia antar atom. Elektron valensi juga dapat dinyatakan sebagai elektron yang berada di barisan orbital kulit terluar dari sebuah atom

Atom yang elektron valensinya terisi penuh, seperti pada s2p6 cenderung tidak reaktif atau stabil (inert). Atom jenis ini sulit untuk bereaksi dengan atom lainnya. Sementarau Atom yang kelebihan satu atau dua elektron cenderung reaktif, seperti yang terjadi pada golongan 1A, 2A ataupun 3A. Sementara atom yang kekurangan beberapa elektron juga lebih reaktif, hal ini ditunjukkan pada golongan 16A dan 17A.

Penerapan Konsep Elektron Valensi

Konsep Elektron Valensi digunakan dalam menjelaskan mengenai pembentukan ion-ion atom dan membentuk ikatan ionik, atau dapat pula untuk menjelaskan tentang penggunaan bersama elektron valensi sehingga membentuk ikatan kovalen. Kereaktifan yang ditunjukkan oleh elektron valensi ini disebabkan karena elektron terluar ini memiliki energi tertingi dalam atom.

Elektron terluar ini memiliki kemampuan untuk memancarkan energi dan menyerap energi berupa foton. Energi yang dipancarkan dapat digunakan elektron untuk berpindah orbital, perpindahan orbital suatu elektron disebut eksitasi. Eksitasi ini juga merupakan reaksi kimia yang dibahas lagi sebagai reaksi kimia inti. Pemberian energi dari luar (dari lingkungan) mampu memberikan efek eksitasi kepada elektron dalam suatu atom.

Selain itu, elektron terluar ini juga menjadi penentu dari sifat suatu atom. Sifat, kereaktifan dan karakteristik dari suatu atom dapat dipengaruhi oleh jumlah elektron valensi suatu atom.
Sistem Periodik Unsur Modern
Sistem Periodik Unsur Modern

Berikut ini merupakan jumlah Elektron Valensi pada setiap golongan unsur di Sisterm Periodik Unsur Modern


GolonganJumlah Elektron Valensi
1 (Logam alkali)1
2 (Logam alkali tanah)2
3-12 (Logam transisi)2 (kulit 4s penuh)
13 (Boron)3
14 (Karbon)4
15 (Nitrogen)5
16 (Oksigen)6
17 (Halogen)7
18 (Gas mulia)8 (Helium hanya 2)



4 comments

wah good info
http://avroart.blogspot.com/

Terimakasih atas kunjungannya.. Info ini semoga ada manfaatnya. :D

makasih banyak bang.. sangat membantu bangeeet.. terutama buat bikinin lapoan temen --"

Iya kah? Syukur dehh.. Kalu ada materi yang dibutuhkan silahkan kasih rekomendasi, biar bisa aku tuliskan.. :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top