Pemuaian Benda Gas Beserta Contoh - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pemuaian Benda Gas Beserta Contoh


Pengertian gas ialah keadaan materi kimia yang paling sederhana yang memenuhi wadah yang ditempatinya. Keadaan gas ini biasanya dicapai ketika zat berada pada temperatur yang tinggi.

Sifat-sifat Benda Gas

Benda gas memiliki sifat menekan ke segala arah, menempati seluruh ruang, dan dapan mengalami pemuaian.

Contoh Benda Gas

Contoh benda gas yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari ialah;
  • LPG.

    Gas LPG pada saat ini merupakan bahan bakar di kebanyakan rumah di Indonesia. Di dalam tabung gas LPG sendiri sebenarnya berisi kombinasi gas dari karbon rantai pendek, seperti propana(terbanyak), butana dan etana.
  • Gas CO2

    Gas karbondioksida CO2 merupakan contoh benda gas yang sangat sering kita dengar. Manusia bernafas menghembuskan CO2 sg begitu pula binatang. Selain itu, CO2 juga diproduksi sebagai hasil buang dari kendaraan bermotor dan aktifitas pabrik.
  • Gas Oksigen O2

    Gas O2 merupakan contoh lainnya dari benda gas yang sering sekali kita dengar. Kita memang tidak pernah bisa melihat gas O2 ini dengan mata telanjang, namun kenyataanya saat kita bernafas kita menghirup gas O2ini. Gas ini dihasilkan dari proses fotosintesis pada tanaman.

Pemuaian Benda Gas

Pemuaian merupakan peningkatan volume dari suatu zat karena penambahan panas pada keadaan sekitarnya. Panas yang diberikan kepada zat akan menyebabkan molekul gas bergerak lebih cepat dan lebih jauh satu sama lainnya sehingga molekul akan menempati ruangan yang lebih besar.

Sebaliknya, jika molekul mengalami kehilangan panas, maka pergerakan molekul berkurang dan volume gas akan mengecil, yang sering disebut dengan kompresi.

Pada tekanan yang sama, semua gas akan mengalami tingkat pemuaian yang sama. Gas akan mengalami pemuaian seiring dengan bertambahnya temperatur. Pengaruh panas terhadap pemuaian gas telah dijelaskan dalam hukum Charles. Gas akan memenuhi 1/273,15 ruangan lagi seiring dengan kenaikan temperatur 1oC dan sebaliknya akan berkurang ketika temperatur turun.

Dari fakta yang ditemukan ini, maka para peneliti menetapkan temperatur ketika semua molekul tidak dapat bergerak yaitu pada titik absolute zero (-273.15o)

Selain dengan menambah temperatur, pemuaian juga dapat dilakukan dengan mengurangi tekanan. Prinsip ini telah diuraikan dalam hukum Boyle. Energi untuk pemuaian akan diambil dari dalam molekul gas itu sendiri sehingga menyebabkan temperatur gas berkurang.

Contoh Aplikasi Pemuaian

Mesin bertenaga uap dan roket biasanya menggunakan aplikasi dari pemuaian gas ini.

Roti yang mengembang ketika di oven juga merupakan salah satu aplikasi pemuaian gas karbon dioksida CO2 yang terdapat dalam roti, sehingga roti bertambah ketika di oven volumenya dan menyebabkan roti mengembang. 

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top