Meledaknya PLTU Cirebon [Cara kerja PLTU] - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Meledaknya PLTU Cirebon [Cara kerja PLTU]


PLTU Cirebon Meledak. Hal ini disebabkan oleh pecahnya pipa PLTU Cirebon karena tidak kuat menahan tekanan Air. Ledakan dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cirebon ini mengakibatkan suara bising dan gemuruh sepanjang 15 km dari daerah tersebut.

PLTU merupakan salah satu pembangkit listrik yang banyak di gunakan di Indonesia. Hal ini tidak lain karena bahan bakar utama dari PLTU ialah batu bara yang mudah sekali diperoleh di Indonesia.

Sebenarnya bagaimana cara kerja PLTU Cirebon? Mengapa bisa terjadi kebocoran pipa dan meledak? Mari kita ulas secara reaksi kimia di postingan ini.

Cara kerja PLTU Cirebon

Cara kerja PLTU pada umumnya ialah sebagai berikut:

Suplai batu bara - Setelah pengangkut batu bara menurunkan muatannya. Satu set alat penghancur akan menghancur batu bara menjadi ukuran yang lebih kecil, kemudian dengan konveyor batu bara ini di kirim ke power plant.

Penyemprot(pulverizer) batu bara - konveyor akan menurunkan muatan batu bara ke sebuah bak berukuran raksasa. Bak ini akan menampung batu bara tersebut, kemudian menggilas batu bara menjadi bubuk batu bara. Bubuk ini akan di semprotkan ke tungku besar atau boiler.

Boiler - Boiler memiliki dinding dengan banyak lapisan dan terhubung dengan beberapa kilometer pipa yang dialiri air. Sesaat ketika batu bara itu terkena Air, maka akan terbakar dan menghasilkan temperatur 1.300OC. Dengan temperatur tinggi ini, air yang masuk melalui pipa akan langsung berubah menjadi uap.

Debu dan Sisa Pembakaran - Pada saat terjadi pembakaran batu bara, maka gas karbon dioksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida dan debu ringan akan dibuang dengan teknologi Electrostatic Precipitator. Kemudian untuk debu pembakaran yang berat akan dikumpulkan di bagian bawah boiler dan dibuang keluar.

Turbin dan Generator- Ketika uap panas yang dihasilkan dari pembakaran bergerak dengan kecepatan tinggi dilewatkan pada turbin yang memiliki kipas-kipas penghalang. Turbin kemudian bergerak(berputar) dengan kecepatan tinggi. Kecepatan berputar ini akan memutar magnet mengitari kumparan kawat sehingga menghasilkan beda potensial. Beda potensial inilah yang kemudian kita sebut dengan listrik bertegangan tinggi.

Kondensor dan Pendingin air - Selanjutnya uap yang telah melewati turbin akan dilewatkan ke tabung-tabung kondensor untuk mengalami pendinginan. Uap yang telah dingin akan menjadi air murni kembali. Air ini akan mengulangi proses pemanasan kembali dan berulang sebagai siklus air dan uap dalam pabrik.
Skema Kerja PLTU
Skema Kerja PLTU

Mengapa Terjadi Pipa Air Pecah?

Penyebab utama terjadinya pipa pecah ialah karena tidak tahan terhadap tekanan tinggi. Tekanan tinggi ini kemungkinan dihasilkan karena debit air terhambat oleh pengotor. Bisa saja pengotor ini berupa kerak hasil pembakaran batu bara.

Kesimpulan

Ini sekedar analisa sederhananya. Yang pastinya teknologi yang cukup tinggi dari pabrik tenaga uap ialah pada proses pembersihannya yang melibatkan reaksi kimia yang unik. Jadi menurut saya terjadinya ledakan di PLTU cirebon disebabkan oleh unit pengolahan limbah yang tidak standard lagi.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top