Materi Kimia SMA Teori Atom Dalton - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Materi Kimia SMA Teori Atom Dalton


Saat ini, telah banyak sekali teori tentang atom yang berkembang. Namun yang tetap harus dipelajari ialah teori atom Dalton yang merupakan penggagas istilah atom. Teori ini menjadi teori tertua sekaligus teori paling dasar dari sebuah atom.

Teori Atom Dalton

Teori Dalton merupakan teori dasar, teori ini tidaklah sempurna. Tetapi bagaimanapun, teori Dalton ialah awal yang membuka cakrawala kita tentang materi, benda dan lebih dalam lagi tentang unsur kimia. Jadi materi mengenai teori dalton sangatlah penting untuk memberikan gambaran dasar atau pemikiran awal mengenai materi(benda) dari sudut pandang para ilmuwan.

Pengertian atom menurut dalton ini digunakan sebagai acuan dalam pengembangan eksperimen selanjutnya untuk menguraikan tentang sifat suatu materi
teori atom dalton
Teori Atom Dalton

Penemuan Teori Atom Dalton

Teori atom dalton dikemukakan oleh seorang John Dalton, guru sekolah di Inggris yang tertarik untuk mempelajari hukum-hukum kimia. Dari hasil mempelajari hukum-hukum kimia dan beberapa eksperimen ilmiah yang ia lakukan, John Dalton akhirnya mempublikasikan hasi risetnya berupa  Teori Atom Dalton pada tahun 1808.

Beberapa poin penting mengenai atom yang dijelaskan oleh Teori Atom Dalton populer dengan sebutan dalil Dalton, yakni meliputi:
  • Semua materi (benda) terdiri dari bagian terkecil yang tidak bisa di bagi-bagi (belah-belah) lagi yang disebut dengan atom
  • Atom unsur kimia yang sama ialah identik(serupa/sama) satu sama lainnya. Tetapi atom suatu unsur berbeda dengan atom unsur lainnya. Contohnya: atom karbon pada gula akan sama dengan atom karbon yang terdapat pada kayu
  • Atom tidak bisa diciptakan dan juga tidak bisa dihancurkan
  • Atom suatu unsur dapat bergabung dengan atom unsur lainnya dengan rasio tertentu untuk membentuk senyawa (molekul)
  • Atom  unsur yang sama dapat bergabung dalam dua atau lebih rasio untuk membentuk dua senyawa  atau lebih.
  • Atom merupakan unit terkecil dari materi(benda) yang berpengaruh dalam reaksi kimia

Kelebihan Teori Atom Dalton

Teori atom dalton memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjelaskan lebih dalam mengenai materi. Beberapa kelebihan teori atom dalton ialah:
  1. Telah memberikan penjelasan yang masuk akal tentang kombinasi unsur kimia
  2. Memberikan batasan yang jelas dan perbedaan antara unsur(atom) dengan senyawa(molekul)

Kelemahan Teori Atom Dalton

Pada perkembangan berikutnya mengenai atom, dengan dilengkapi berbagai eksperimen, maka teori atom dalton terlihat memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan. Diantara kelemahan teori atom dalton ialah: 
  1. Pada perkembangannya ternyata Atom dapat dibagi lagi menjadi proton, neutron dan elektron. 
  2. Atom dari unsur yang sama bisa saja berbeda dalam hal masa, atom-atom seperti ini disebut isotop
  3. Pernyataan bahwa atom dari unsur berbeda ialah berbeda dalam segala hal. Hal ini salah karena beberapa atom berbeda bisa saja memiliki kesamaan dalam hal massa atom. 
  4. Pernyataan bahwa atom yang berbeda bergabung dalam rasio yang sederhana untuk membentuk senyawa, padahal terdapat senyawa organik kompleks yang tidak bergabung dalam rasio sederhana. 
  5. Teori atom dalton gagal dalam menjelaskan keberadaan alotrop. Perbedaan sifat antara arang, grafit, dan berlian yang kesemuanya sifat berbeda tetapi terbentuk dari atom Karbon yang sama.  
Demikian Materi Kimia SMA Teori Atom Dalton, walaupun banyak kelemahan pada teori ini, tetapi mempelajari teori ini sangatlah penting agar kita mengetahui konsep dasar atom. Perkembangan selanjutnya dari teori atom ialah Teori atom Thompson yang dikemukakan oleh J. J. Thompson

Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top