Kenapa Tidak Bisa Bernafas Di Dalam Air - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kenapa Tidak Bisa Bernafas Di Dalam Air


Semakin lama sepertinya aku akan mantap menjadikan blog ini menjadi blog aneh yang berisi sains dan kimia, teori saja ataupun aplikatifnya.

Di beberapa diskusi dengan blogger lainnya, mereka pasti akan bilang kalau niche science ataupun pendidikan ialah niche yang nggak bisa dimakan sama orang Indonesia (maksudnya nggak akan ada yang nyari dan nggak akan bisa buat duit makan untuk bloggernya). Tapi nekat dahh... Tetap aja aku buat jadi blog sains, yang pasti biar aku puass lahh.. :D terseraaah!

Bernafas Di Dalam Air

Jadi hari ini kita akan membahas salah satu fenomena dari Dihidrogen Oksida atau bahasa kerennya Air! Air seperti nama diatas, berasal dari 2 molekul Hidrogen dan 1 molekul Oksigen membentuk sebuah senyawa yang sagat istimewa dan berharga bagi kehidupan yaitu H2O.
Manusia Ikan animasi

Jika Air Berasal Dari Hidrogen Dan Oksigen Kenapa Kita Tidak Bisa Bernafas Dalam Air?

Satu hal yang menarik mengenai unsur kimia ialah, ketika suatu unsur bereaksi dengan unsur lainnya, maka senyawa yang dibentuknya akan memiliki sifat yang sangat berbeda dengan sifat unsur asalnya.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan pada reaksi kimia ialah setiap reaksi merupakan spesifik dan unik dalam kondisi dan formula tertentu. Contohnya jika kita mereaksikan antara Oksigen, Hidrogen dan Karbon, maka ada beberapa senyawa yang mungkin terbentuk yaitu; karbohidrat, alkohol, ataupun lemak. Ketiga zat tersebut berasal dari unsur yang sama, namun memiliki sifat yang sangat berbeda.

Pada H2O, yang memiliki wujud cairan/liquid terjadi ikatan antara satu oksigen dengan dua molekul hidrogen. Pada bentuk ini, dimana oksigen telah berikatan, oksigen tidak lagi berguna bagi paru-paru kita. Paru-paru tidak lagi dapat menyerapnya dan membawanya menuju darah. Itulah sebabnya kita tidak dapat bernafas dengan Air.

Lalu Mengapa Ikan Dapat Bernafas Dengan Air?

Seperti yang telah kita ketahui secara umum bahwasannya setiap mahluk memerlukan oksigen untuk bertahan hidup. Termasuk ikan.

Ikan sebenarnya menyerap gas oksigen yang terlarut di dalam air, jadi ikan tidak menyerap oksigen dari molekul H2O, melainkan gas O2 yang terlarut dalam H2O.

Dalam suatu cairan pasti terdapat sejumlah kadar tertentu gas yang terlarut di dalamnya. Seperti pada minuman berkarbonasi, dimana gas CO2 terlarut dalam cairan minuman. sama seperti itu, oksigen juga dapat terlarut dalam air.

Ikan dapat bernafas di dalam air dikarenakan adanya insang, ingsang dapat menyerap dan memisahkan dan menyerap O2 dari dalam air. Disamping itu, ikan juga merupakan hewan berdarah dingin yang tidak memerlukan banyak oksigen, berbeda dengan manusia yang berdarah panas dan membutuhkan banyak oksigen.

Manusia Tidak Dapat Bernafas Di Dalam Air

Manusia tidak dapat bernafas di dalam air karena paru-paru kita tidak dapat memisahkan dan menyerap O2 dari dalam Air. Desain paru-paru manusia memang untuk menyerap udara, bukanlah air.

Dari uraian diatas maka bersyukurlah kita manusia hidup di daratan, bukan di air.

Reff: http://science.howstuffworks.com/question386.htm


3 comments

wah keren infonya, ijin nyalin tulisan ente kebuku ane, hehe jangan lupa kunjungi juga ya gan
template blogger otak takde super keren

Iya, silahkan.. THanks loh ya udah mau mampir n baca.. :D

tapi kenapa klo kita menghirup air hidung jadi sakit? apa karena paru2 gk support jga?

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top