Ilmu Kimia Vs Ilmu Komputer [Bukan Komparasi] - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Ilmu Kimia Vs Ilmu Komputer [Bukan Komparasi]


Aku udah udah bilang belum kalau ini bukanlah komparasi jurusan? Apalagi ajang penghinaan jurusan Ilmu Komputer karena jurusanku Ilmu Kimia. Bukan! Sekali lagi ini bukan komparasi. Ini hanyalah iseng merangkum kehidupanku dengan dua bidang ilmu tersebut, kimia dan komputer, di dalamnya juga banyak kenangan unik semasa kuliah. Ohh.. Kuliah.. Jadi ingin berstatus mahasiswa lagi.. Nggak juga sih :P

Ilmu Kimia dan Komputer Memang Mengasyikkan

Ilmu kimia. Ah.. Apalah artinya itu? Cuma jurusanku pas kuliah dulu. Kalau mau bercerita, aku sudah tuliskan banyak sekali curhatanku tentang kimia. Kenapa aku menulis curhatan, bukannya tulisan ilmiah yang akan menjadi rujukan parah ahli? Jelas lah karena aku nggak mampu menulis tulisan Ilmiah, otakku tidak cukup kuat menahan beban tulisan ilmiah.. Haha
reaksi kimia
Ilmu Kimia Untuk Universitas

Jadi bermainnya di sekitar curhatan aja, curhatan kimia yang intinya mau menghapuskan pendapat bahwa "kimia itu bahaya". Semua tentang kimia yang bahaya itu cuma karena ketidak tahuan yang di tambah dengan strategi media.

Maksudku gini, ilmu kimia di anggap berbahaya sudah sejak dahulu kala, itu karena orang tidak mengetahui cara kerjanya. Cara kerja materi, energi, atom, bahkan gelombang. Itu semua di pelajari di kimia, untuk bisa mengambil manfaat dari semuanya. Tetapi orang awam yang jarang buka buku kimia, taunya kalau belajar kimia itu meracik racun, membuat bom, dan mengawetkan makanan. Padahal lebih luas dari itu! Asal loe tau ya! Kimia itu juga bisa di pakai membuat senyawa radio aktif yang bisa mengakibatkan kanker, kimia juga bisa di pakai mengolah logam menjadi lebih tajam dan lebih mematikan, kimia itu juga bisa di pakai untuk membuat feromon yang membuat orang lain tergila-gila dan mengejar-ngejar kita, apalagi? Feromon juga bisa kita berikan ke orang lain, sehingga orang itu di kejar-kejar ribuan serangga dan mati karena di serang serangga itu, kimia juga bisa mengolah ganja menjadi heroin, ekstasi dan segala obat-obatan yang mengerikan itu! Puas loh!

Tapi di sisi lain, Ilmu kimia memungkinkan kalian merawat gigi dengan pasta gigi, merawat rambut dengan sampo dan merawat kulit dengan sabun. Belum lagi kalian juga mendapatkan bumbu masakan yang instan, aroma parfum yang sedap, bahkan kalian juga dapat bernafas karena adanya reaksi kimia. Jadi kimia itu luas, tidak hanya bisa digunakan dalam laboraturium tetapi juga bisa di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dapat juga di gunakan untuk membunuh(*ehh.. kayaknya jiwa psikopat aku dahh mulai muncul nihh)

Itu semua tentang kimia.


Kalau Ilmu Komputer? emm.. Apa ya? Aku hanya tertarik pada bidang ini karena memang menarik. Jutaan informasi tersebar dan dapat kita nikmati hanya karena sebuah layar kecil bernama komputer. Pendapatku ini pasti di dukung semua orang awam di dunia ini. Kenapa? Karena citra dari komputer itu sudah bagus sejak zaman dahulu kala. Dengan komputer kita bisa mendapatkan banyak informasi, juga kita bisa menampilkan banyak informasi dengan lebih mudah. Keren banget lahh komputer itu pokoknya.

Komputer mempermudah hidup manusia, padahal kan enggak gitu juga. Seperti gini, kalau dulu kita ketemu orang bisa langsung menyapa, mengobrol, bercengkrama akrab, sekarang kan jadi lebih susah, kalau ketemu orang lain dan mau mengobrol dengannya kita harus punya komputer, atau smartphone minimal, kemudian kita harus daftar facebook atau BB, baru kemudian bisa ngobrol, itupun tidak bisa bercanda dan bercengkrama asik, malahan cuma mandangin layar.

Nahh.. kalau begitu terasa kan kalau komputer itu berbahaya?

Okey kalau aku terasa melebih-lebihkan, aku emang sengaja melebih-lebihkan juga sih. Sekarang kita lihat percakapan Antara dosen kimiaku dengan temanku yang jurusan Ilmu Komputer. Dulu kami pernah berdiskusi terkait limbah tak sehat yang dihasilkan oleh laboraturium jurusan Kimia. 

Mhs Ilkom: Wezz.. Emang bahaya dahh Jurusan Kimia ini, jauh-jauh aja dehh..
Dosn Kimia: Kenapa mas?
Mhs Ilkom: Ya gitu buk, bahaya banget limbah bahan kimianya.
Dosn Kimia: Ohh... Belum tahu ya mas limbah radiasi Laptop dan Komputer?
Mhs Ilkom: Apa itu Bu?
Dosn Kimia: Setiap komputer itu teknologinya pakai reaksi kimia, untuk laptop dan komputer itu layarnya bisa menampilkan warna warni itu khan semua reaksi kimia. Nahh buangan dari reaksinya itu ada radiasinya.
Mhs Ilkom: Tapi khan nggak bahaya Bu?
Dosn Kimia: Siapa bilang? Radiasi komputer itu minimal menyebabkan mata minus, maksimal bisa menyebabkan kanker.
Mhs Ilkom: Wahh.. Bahaya juga donk
Dosn Kimia: Ya kalau mau lihat sisi buruk dari setiap ilmu, itulah dapatnya.

Udah ngerti? Jadi kalau mau lihat sisi buruknya, saling ejek dan saling hina, itu dapatnya cuma kesimpulan sepihak yang isinya keburukan aja. Beda kalau lebih menyeluruh seperti yang Dosen Kimia itu lihat.

Iya, sebenarnya perjuangan keras sih buat para penggemar kimia, untuk meyakinkan bahwa ilmu kimia itu keren, bisa menguasainya itu lebih keren dan tidak berbahaya. Asalkan tahu ilmunya!






What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top