Pengertian Atom dan Struktur Penyusun Atom - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Atom dan Struktur Penyusun Atom


Setiap unsur memiliki sifat yang unik, yang spesifik dan berbeda satu sama lainnya. Ini di karenakan setiap unsur dibentuk dari satu jenis atom. Untuk itu maka pemahaman mengenai pengertian atom dan struktur atom merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mempelajari sifat-sifat suatu unsur dan reaksi kimia suatu unsur.

Unsur atau elemen merupakan zat dasar yang membentuk semua materi. Sekitar 90% unsur telah ada secara alami di alam. Dua unsur terkecil di alam ialah Hidrogen dan Helium, meskipun begitu, keduanya merupakan unsur yang terbanyak di alam. Sekitar 98% dari massa di alam semesta ini berasal dari Hidrogen dan Helium.

Pengertian Atom Berdasarkan Perkembangan Teori Atom

Teori Atom Dalton

Pada tahun 1809, seorang saintis John Dalton mengemukakan sebuah teori atom Dalton yang menyatakan bahwa atom ialah suatu padatan berukuran sangat kecil, merupakan komponen terkecil dari suatu materi dan tidak dapat dibagi lagi menjadi komponen yang lebih kecil.

Walaupun definisi atom ini kurang tepat namun ini merupakan dasar yang sangat penting dalam ilmu pengetahuan kimia.

Dengan perkembangan berikutnya, Teori atom tidaklah sesederhana ini, melainkan memuat informasi yang lebih kompleks dan struktur yang lebih mewakili keadaan sebenarnya.
Struktur Atom pada Model Atom Dalton

Beberapa kelemahan dan kelebihan teori atom dalton dapat dibaca di: Materi Kimia SMA Teori Atom Dalton

Teori Atom Modern

Pengertian atom menurut Teori atom yang telah berkembang menyatakan; Atom ialah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki karakteristik dan sifat yang mewakili suatu unsur.

Contohnya suatu zat yang digunakan untuk menulis, yaitu grafit, memiliki unsur dasar atom Karbon

Ukuran diameter suatu atom berkisar 10−14m. Ukuran yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, dan sulit untuk membayangkannya.

Pada definisi teori atom modern (dengan perkembangan eksperimen yang terbaru) diketahui bahwa atom tersusun atas beberapa partikel yang lebih kecil lagi.

Partikel-partikel ini di sebut partikel sub atom yang meliputi Elektron, Proton dan Neutron. Proton dan Neutron membentuk gabungan unit baru yang disebut dengan inti atom (nukleus), sedangkan elektron terus bergerak mengitari inti atom dengan lintasan yang sesuai.

Masa Sub-Atomik Partikel

Massa Partikel Sub Atom seperti proton dan neutron sangatlah kecil, sekitar  1.67 x 10−24 gram. Karena nilainya yang terlalu kecil dalam gram, maka masa partikel sub atom dinyatakan dalam AMU (atomic mass unit) atau dalam bahasa Indonesia SMA (Satuan Massa Atom). Sehingga massa dari satu proton ialah 1 AMU/SMA yang setara dengan 1.67 x 10−24 gram.

Sedangkan massa suatu elekron jauh lebih kecil lagi dari angka tersebut, sehinga dalam perhitungan massa suatu atom akan dihitung dari penjumlahan massa suatu proton dan neutron sedangkan massa elektronnya diabaikan.
Tabel Massa elektron, proton dan neutron

Untuk pembahasan selanjutnya massa atom suatu unsur akan disebut dengan simbol A atau Ar (di Indonesia). Sedangkan untuk massa atom suatu senyawa disimbolkan dengan Mr. Setiap satu proton atau satu neutron akan dihitung sebagai 1 AMU/SMA. Contohnya pada perhitungan massa atom oksigen yang memiliki 8 proton dan 8 neutron pada inti atomnya ialah 16 AMU/SMA. Uranium memiliki 92 proton dan 146 neutron sehinga massa atomnya 238 AMU/SMA.

Cara bagaimana para ilmuwan menentukan massa atom telah saya tuliskan dalam artikel lainnya, silahkan klik di sini

Pemahaman mengenai hal ini sangatlah penting sebagai pengantar dalam memahami konsep dasar stoikiometri dalam materi berikutnya.

Struktur Penyusun Atom 

Inti Atom Nukleus

Struktur Penyusun Atom
Setiap atom suatu unsur akan memiliki jumlah proton yang sama kapanpun dan bagaimanapun keadaannya.  Contohnya, semua atom hidrogen akan memiliki satu proton dimanapun ia berada di alam semesta ini. Keadaan yang sama berlaku untuk Besi, Nikel, dan Argon.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai partikel sub atom ialah partikel yang menyusun satu atom, yaitu; elektron, proton dan neutron.

Proton dan neutron akan saling berkumpul membentuk inti atom (nukleus)

Informasi mengenai partikel sub atom ini sering kali dirangkum dalam Simbol Atom standard dalam Tabel Periodik Unsur.
Simbol Atom Unsur dalam Tabel Periodik Unsur

Keterangan:
(A) Massa Atom = Jumlah Proton + Jumlah Neutron
(Z) Nomor Atom= Jumlah Proton = Jumlah Elektron

Di dalam satu unsur netral (tidak bermuatan), jumlah elektron akan sama dengan jumlah proton. Sehingga kita dapat mengetahui jumlah elektronnya berdasarkan data nomor atom (Z)

Elektron 

Elektron merupakan partikel sub-atom yang memiliki muatan negatif. Banyak sekali fenomena fisika yang melibatkan elektron ketika terjadinya, seperti magnetisme, muatan listrik, konduktivitas termal dan banyak yang lainnya. Elektron dapat mengeluarkan medan listrik sehingga menghasilkan muatan listrik, elektron juga dapat mengeluarkan medan magnet untuk menghasilkan energi magnetik. Elektron memiliki banyak aplikasi, termasuk elektronik, las, tabung sinar katoda, mikroskop elektron, terapi radiasi, laser, detektor ionisasi gas dan akselerator partikel.

Tak hanya fenomena fisika, tetapi elektron juga memegang peran penting dalam terjadinya reaksi kimia. Pada reaksi pembentukan senyawa ionik, terjadi serah terima elektron, sedangkan pada senyawa kovalen terjadi penggunaan bersama elektron.  

Isotop dan Massa Atom

Walaupun setiap atom netral memiliki jumlah proton dan elektron yang sama banyak, namun jumlah neutron dari suatu atom dapat bervariasi. 

Contohnya, kebanyakan atom oksigen memiliki massa atom (A)= 16 AMU (8 Proton + 8 Neutron), tetapi di alam terdapat juga atom oksigen yang memiliki jumlah Neutron = 9, sehingga memiliki massa atom (A) = 17 AMU.

Oksigen dengan massa berbeda ini disebut dengan Isotop.

Isotop merupakan atom yang memiliki jumlah proton yang sama  namun berbeda jumlah neutronnya.

Isotop atom oksigen 16, oksigen 17 dan oksigen 18
 Beberapa isotop memiliki kestabilan yang lebih rendah daripada yang lainnya. 


Reff:: 

Ryerson, High School Chemistry 11, Mc Graw-Hill

Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online
Untuk mebaca materi kimia lainnya silahkan Klik Di Sini

2 comments

apa realnya atom dengan unsur hayoooooo???

waaa... Ini ujian dari guru kimia kah? XD
maksudnya real itu apa? Kalau perbedaannya, sebenarnya atom itu konsep untuk menjelaskan asal materi, sedangkan unsur itu merupakan identifikasi dan klasifikasi materi. Mudahnya, unsur itu= jenis atom

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top