Gas Berbau Tajam Berubah Menjadi Energi Bersih - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Gas Berbau Tajam Berubah Menjadi Energi Bersih


Belakangan ini isu mengenai BBM sedang marak, merespon pernyataan dari para "orang penting" di atas sana. Presiden beserta para punggawanya sedang memikirkan, entah kenaiikan dan penurunan harga ini untuk kebaikan atau untuk kepentingan politik semata. Tapi disisi lain sains telah membuka alternatif baru dalam bidang energi dunia. 

Para Peneliti Energi

SAN FRANCISCO, 12 Agustus 2014, Para peneliti energi mengabarkan mengenai adanya teknik baru yang dapat mengubah gas berbau tajam  dari  lumpur bau menjadi bahan bakar energi yang bersih, teknik ini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Energi ini dapat digunakan untuk energi rumah tangga, kantor dan bahkan rumah sakit. Kedepannya gas metan dari lumpur ini akan diubah menjadi hidrogen yang merupakan energi paling bersih yang tidak memberikan dampak lingkungan.

Para Peneliti melaporkan hal ini saat pertemuan nasional American Chemical Society (ACS), perkumpulan masyarakat saintis terbesar.

Pertemuan ini dihadiri oleh ribuan peneliti dengan lebih dari 12000 laporan penelitian dalam bidang sains terbaru.

Hidrogen Sebagai Energi Bersih

Baru-baru ini, hidrogen telah menarik banyak perhatian para ilmuwan sebagai energi bersih penganti bahan  bakar fosil yang ketika dibakar akan menghasilkan karbondioksida, suatu gas penyebab global warming.
Reaksi Hidrogen

Sedangkan hidrogen hanya akan menghasilkan gas air (H2O) ketika dibakar. Karena itulah banyak sekali perusahaan yang sedang mengembangkan fuel cell hidrogen untuk mobil dan rumah tangga.

Salah satu cara untuk melakukan konversi metan ataupun gas hidrokarbon lainnya menjadi hidrogen ialah dnegan mereaksikannya dengan karbon dioksida. Maka tanah berlumpur yang bau merupakan sumber terbaik dari gas-gas ini. Bau pada lumpur merupakan hasil kerja mikroba yang hidup di dalamnya menghasilkan gas metan dan karbondioksida.

Namun para peneliti menghadapi suatu permasalahan dalam mewujudkan ide ini. Contohnya Menemukan katalis yang tepat merupakan sesuatu yang sangat sulit.

Pengembangan Katalis

Katalis ialah senyawa yang dapat mempercepat reaksi kimia, tanpa ini reaksi akan berlangsung sangat lambat.Pada tahap ini para peneliti menggunakan katalis dalam mengubah metana dan karbon dioksida menjadi hidrogen dan karbon monoksida. Karbon monoksida yang dihasilkan itu merupakan kontaminan yang akan menurunkan kinerja dari katalis.

Permasalahan utama dari proses katalisis metan menjadi hidrogen ialah pada karbon yang dihasilkan. Karbon ini dapat menurunkan kapasitas konversi dari katalis yang digunakan. 

Untuk mengatasi masalah ini, maka tim Noronha mengembangkan katalis bentuk baru yang dapat menghilangkan karbon ketika terbentuk. Ini berdasarkan katalis automotif yang dikembangkan sebelumnya untuk mengontrol emisi gas dari mobil dan truk. Materialnya merupakan bagian dari komponen utama dalam struktur keramik.

Saat ini para penneliti sedang bekerja memanipulasi reaksinya di dalam lab. Namun penemuan katalis yang ideal dan stabil akan menjadi berharga sangat mahal. Maka mereka terus melakukan penelitian untuk mengubah gas lumpur menjadi energi bersih.

Mari kita nantikan hasil penelitian para peneliti ini menuju energi bersih.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top