Aturan Oktet Ikatan Ionik dan Kovalen - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Aturan Oktet Ikatan Ionik dan Kovalen


Ikatan Ionik dan Kovalen Sesuai Aturan Oktet

Aturan Oktet

Aturan oktet menyatakan, atom berikatan untuk mencapai konfigurasi elektron yang menyerupai konfigurasi elektron gas mulia.

Dengan konsep ini, maka jumlah elektron terluar yang ingin dicapai oleh setiap unsur ialah 8 elektron kecuali unsur Hidrogen dan Helium yaitu 2.

Ikatan Ionik

Pada bahasan sebelumnya klik di sini kita dapat mengetahui beberapa hal yang menyebabkan suatu senyawa berikatan secara ionik.

NaCl terbentuk dengan berikatan ionik dimana Na memiliki elektronegatifitas yang sangat rendah sedangakan Cl memiliki elektronegatifitas yang sangat tinggi.

Berikut ini merupakan skema proses pembentukan ikatan ionik pada NaCl;

Proses terjadinya ikatan ionik antara Na dan Cl dalam pembentukan garam NaCl

Dalam keadaan normalnya, Natrium memiliki satu elektron valensi, kemudian satu elektron valensi ini dilepaskan membentuk kation Na+ yang memiliki elektron valensi yang sama dengan gas mulia Neon (Ne) yaitu 8 elektron

Sementara di sisi lain, Klor (Cl) mendapatkan donor satu elektron dari Na tersebut membentuk Cl- yang memiliki elektron valensi 8 menyerupai Ar.

Formasi dari elektron pada senyawa digambarkan dengan struktur Lewis yang memberikan kita pemahaman lebih baik mengenai ikatan yang terjadi pada senyawa.
Struktur Lewis NaCl
Pada kasus lain, terjadi transfer elektron lebih dari satu, yaitu pada senyawa MgO. Perbedaan elektronegatifitas Mg dan O sangat besar, sehingga dapat berikatan ionik (keterangan lebih lanjut).

Struktru Lewis MgO
Magnesium memiliki 2 elektron pada kulit atom terluarnya, sedangkan Oksigen memiliki 6 elektron pada kulit terluarnya. Sehingga jika ingin membentuk senyawa baru, Magnesium harus melepaskan 2 elektron membentuk Mg 2+  sedangkan Oksigen harus menerima 2 elektron membentuk O 2-.

Pada banyak kasus lainnya, terjadi transfer elektron lebih dari dua atom. Pada senywa CaF2, Kalsium (Ca) yang memiliki dua elektron pada kulit atom terluarnya sehingga ia akan melepaskan dua elektron tersebut membentuk ion Ca2+. Kemudian Fluorin memiliki 7 elektron pada kulit terluarnya, sehingga ia memerlukan tambahan 1 elektron untuk membentuk konfigurasi gas mulia.
Dua atom Fluorin akan diperlukan untuk membentuk satu molekul CaF2.
Struktur Lewis CaF2

Konduktifitas senyawa Ionik

Mengapa senyawa ionik dapat menghantarkan arus listrik dalam keadaan cair/lelehan dan larutan?

Dalam wujud padatan, NaCl memiliki struktur yang kokoh sehingga tidak ionnya tidak dapat berpindah, tidak akan terjadi perpindahan muatan, dan NaCl tidak akan bisa mengantarkan arus listrik.
Kanan: Struktur kokoh kristal NaCl | Kiri: Struktur lelehan NaCl


Pada bentuk lelehan, NaCl struktur kokoh dari NaCl pecah menjadi lebih mudah bergerak, sehingga ion akan mudah bergerak dan muatan listrik dapat di pindahkan dari satu titik ke titik lainnya.

Dengan konsep yang serupa, larutan NaCl juga dapat dengan mudah menghantarkan arus listrik karena ion Na+ dan Cl- dapat dengan mudah bergerak. 
Proses transfer muatan dan arus listrik dalam larutan NaCl

Ikatan Kovalen

Pada materi sebelumnya -klik di sini-  telah kita pelajari mengenai ikatan kovalen.

Pada saat perbendaan elektronegativitas rendah, molekul akan membentuk ikatan kovalen untuk mendapatkan konfigurasi gas mulia.

Ikatan kovalen murni ialah ikatan yang terjadi antara dua atom dari satu unsur yang sama. Senyawa yang terbentuk dari ikatan ini disebut senyawa diatomik.  Contoh senyawa diatomik ialah Cl2, O2, N2 dll.

Ikatan kovalen yang terjadi pada dua unsur dapat berupa ikatan kovalen biasa, ikatan kovalen rangkap, dan ikatan kovalen rangkap 3.

Ikatan kovalen biasa hanya akan berbagi satu elektron saja, dapat dicontohkan oleh Cl2

Struktru Lewis Cl2

Ikatan kovalen rangkap akan berbagi dua elektron, dicontohkan oleh O2

Struktru Lewis O2

Ikatan kovalen rangkap tiga akan berbagi tiga elektron untuk dipakai secara bersamaan, contohnya ialah N2

Struktru Lewis N2
Reff:: 

Ryerson, High School Chemistry 11, Mc Graw-Hill
Keenan W Charles, Kleinfelter C Donald, Wood H Jesse, 1984, Ilmu Kimia Untuk Universistas, Erlangga

Pelajaran dan artikel Kimia lainnya dapat dilihat di sini

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top