Aplikasi Ilmu Kimia Untuk Aktifitas Sehari-hari - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Aplikasi Ilmu Kimia Untuk Aktifitas Sehari-hari


Aplikasi Ilmu Kimia Untuk Kehidupan Sehari-hari

Kamu tidak perlu menghitung berapa besar ATP yang diperlukan tubuh hari ini untuk bisa menentukan menu makanan yang sesuai untuk hari ini.
Memang pernyataan itu benar. Dalam konteks yang tepat, itu memang benar. Namun ada yang terasa mengganjal dalam hati saya ketika pernyataan ini menggiring opini seperti ini.
Kamu nggak ngerti kimia, nggak ngerti fisika, dan nggak ngerti biologi sekalipun, bakalan tetap hidup kok.. Kan yang diperlukan dalam hidup itu ilmu menghitung(biasanya uang), membaca(tagihan) dan menulis utang
Walaupun kalimat itu keluar dari seorang ustadz yang aku kagumi, tapi aku tetap merasa kurang setuju.

Mungkin saja beliau mengatakan ini dalam rangka mengajarkan kami untuk mengejar ilmu karena manfaatnya, dan karena Allah, bukan sekedar karena keren, untuk cari kerja, untuk cari uang, dan berbagai alasan egois manusia lainnya.

Demi membantah opini di atas dengan cara yang baik-baik, maka saya tuliskan hal-hal kecil ini.

Aplikasi kimia dalam kehidupan sehari-hari selalu kita alami, namun kita biasanya cuek dan lalai dalam mengamatinya.

Beberapa hal kecil dan teori kimia sederhana tidak dapat kita aplikasikan dalam kehidupan karena kita terlalu cuek.

Inilah beberapa hal kecil tersebut!

Menangis Saat Mengiris Bawang


Mengiris Bawang Merah
Pasti kalian sudah paham mengapa mengiris-iris bawang itu sulit dilakukan.

Karena pedih di mata!

Pada saat di iris, bawang akan melepaskan senyawa volatil Asam Sulfenik, gas senyawa ini kemudian mengenai lapisan mata kita dan membuatnya perih. Kemudian kita menangis.

Baiklah, kita akan mengatasinya dengan aplikasi konsep kimia sederhana. Pertama sebelum mengupas dan mengiris bawang, masukkan bawang ke dalam lemari es.

Dengan menurunkan temperaturnya, senyawa volatil Asam Sulfenik akan berada dalam bentuk cairannya, sukar sekali untuk membentuk uap jenuhnya.

Sehingga pada saat di iris-iris, bawang produksi gas Asam Amino Sulfoksida berkurang drastis, sehingga tidak akan terkena lapisan mata anda dan tidak akan membuat anda menangis.

Aplikasi ilmu kimia ini sangat sederhana kan?

Membuat Matang Pisang Lebih Cepat


Seringkali kita memiliki banyak pisang yang sudah tua, namun ketika matang bersamaan kita bingung bagaimana menghabiskannya. Juga bagaimana mengawetkannya?

Oke, kita akali dengan mempercepat matangnya, sehingga beberapa pisang akan matang besok, sementara yang lainnya akan kita buat matang 5-6 hari lagi.

Dengan cara itu, kita tidak akan kebanjiran pisang matang lagi.

Pertama siapkan pisang yang sudah tua dan akan di matangkan. Kemudian pisang-pisang itu di masukkan dalam plastik kedap udara bersama dengan buah tomat matang.

Aplikasi Ilmu Kimia -nya ialah pada buah tomat yang matang akan memproduksi gas etilena, gas ini ialah penyebab kematangan buah lebih cepat.

Dengan memasukkan tomat yang memproduksi etilena dalam plastik bersamaan dengan pisang, maka pisang akan mendapatkan banyak gas etilena, kemudian merangsang pisang untuk matang hingga 2 kali lebih cepat daripada keadaan normalnya.

Bagaimana? Aplikasi ilmu kimia ini mudah bukan?

Mengurangi Kepahitan Kopi


 Pernah merasakan kopi yang terlalu pahit ketika anda berada di cafe?

Beberapa penyebab kopi menjadi sangat pahit ialah karena terlalu lama di rebus. Ekstraksi biji kopi yang terlalu lama akan menyebabkan banyak senyawa dalam biji kopi yang masuk pada larutan kopi, senyawa-senyawa ini membawa rasa pahit, sehingga kopi yang lama di masak akan memberikan rasa pahit.

Rasa pahit ini bagi sebagian orang di anggap biasa, namun beberapa orang tidak menyukai rasa pahit ini. Lalu bagaimana mengatasinya?

Aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari pada hal ini ialah:
Taburkan sedikit garam!

Sepertinya ini ide yang bodoh, atau mungkin ide yang hanya bercanda. Tidak ini adalah ide brilian!

Dengan menaburkan garam dapur pada kopi, maka akan memproduksi ion Na+, ion-ion Na+ ini akan menyebar pada lidah kita dan mematikan reseptor rasa pahit di lidah. Ingat kan tentang mekanisme pembentukan rasa?

Hasilnya? Rasa pahit pada kopi akan berkurang drastis!

Kini anda bisa menikmati kopi anda!

Jadi? Aplikasi kimia dalam kehidupan anda nikmat bukan?

2 comments

saya juga tahu caranya bikin pisang matang lebih tahan lama... :D
selama pisangnya gak dimakan mesti tahan lama... cuma sayang aja... dianya busuk...
nice post nieh :D

Nahh itulah gunanya ilmu kimia, biar dia enggak pada busuk.. :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top