Rahasia DI Balik Es Krim - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Rahasia DI Balik Es Krim


Ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari itu selalu ada.

Bayangkan anda sedang berada di luar ruangan, pada Suatu siang yang terik.

Panas siang itu membuat keringat meleleh. Apa yang paling anda pikirkan?

Yap! Es batu tujuh puluh kilogram buat dijadikan tempat tiduran, terus guling-guling di atasnya. Itu jawaban orang kampung yang noraknya minta ampun dan bercita-cita punya kulkas. Abaikan!

Salah satu jawaban yang mungkin diberikan oleh seseorang yang berkelas(terutama cewek-cewek) ialah "Pengen makan Es Krim" sudah, jangan diperdebatkan itu makan atau minum, toh makan padatan senyawa kimia kalian bilang minum obat!

Oke, kembali ke es krim. Kali ini aku mau memberi sedikit rahasia di balik es krim.

Membuat eskrim itu lebih mudah daripada menjelaskan fenomena pada es krim, tapi diantara keduanya memakan es krim ialah yang paling mudah dan mengasyikkan!

Es krim, أيس كريم kalau dalam bahasa arab, atau dalam bahasa latin ultrices (seolah-olah binomial name) merupakan campuran dari air dan lemak hewani dalam hal ini lemak dari susu dan perasa. 

Menurut standard, campuran ini baru dikatakan es krim kalau terdapat campuran lemak susu sebanyak 10-20%, semakin tinggi kadar lemak susunya, maka semakin berkualitas dan kaya rasa es krim tersebut. 

Namun kebanyakan produsen es krim membatasi kadar lemak susu ini hanya sampai angka 16%, ini dikarenakan jika kadar lemak susu terlalu tinggi maka konsumen akan membatasi konsumsinya terhadap es krim atas alasan kesehatan, pembatasan ini akan sangat buruk buat para produsen es krim. 

Dalam pembuatan es krim, hal yang perlu diperhatikan ialah ukuran kristal es yang akan dibentuk campuran. 

Oh ya sebagai pengetahuan tambahan bahwasannya satu  keunikan dari air (H2O) yang tidak dilihat pada zat lain ialah ketika didinginkan hingga membentuk es, volume air(H2O) akan bertambah. 

Fakta ini dapat dilihat ketika memasukkan aqua gelas ke dalam lemari es, saat beku, aqua gelas akan menggelembung akibat pertambahan volume air. 

Pada es krim yang keras, seperti magnum yang memiliki batang kayu, struktur kristal esnya cenderung lebih besar dan berbentuk kaku, sedangkan untuk es krim yang lebih lembut seperti campina, struktur kristalnya lebih kecil-kecil berserabut dan ringan seperti kristal salju. 



Untuk membentuk kristal semacam itu, harus ditentukan kombinasi atau pencampuran antara air dan lemak susu yang tepat.

Karena air pada dasarnya tidak bercampur dengan lemak susu, maka di dalam larutan, diberikan emulsifier. Zat agen yang dapat mencampurkan antara bahan tidak larut air dengan bahan yang larut dalam air. Secara sederhana digambarkan dalam skema gambar berikut ini.

Kemudian metode pembuatan dari berbagai jenis es krim juga berbeda dan setiap metode akan memberikan hasil yang berbeda pula. 

Ukuran kristal es yang sangat kecil akan terbentuk jika pembekuannya dilakukan dengan cepat, semakin lama waktu pembekuannya maka semakin besar kristal es yang dibentuk. 

Contohnya pada pembekuan es krim menggunakan ice cream maker terjadi pengadukan secara terus menerus di dalam wadah dan pembekuan secara cepat, ini menyebabkan es krim yang di bentuk cukup lembut, sedangkan jika menggunakan kulkas dalam pendinginannya, maka yang dibentuk ialah es krim yang keras, sedangkan kualitas kelembutan es krim terbaik dihasilkan dengan pembekuan menggunakan nitrogen cair dimana temperaturnya ialah -198*C. 

Ketika lidah mengenai es yang sangat dingin, lidah akan sedikit mati rasa, artinya kemampuan mengecap lidah akan menurun. 

Hal inilah yang menyebabkan penambahan gula yang sangat banyak pada es krim. Jadi dapat di simpulkan bahwa es krim mengandung banyak sekali lemak (sekitar 16%) agar memiliki kualitas rasa yang enak, dan gula yang sangat banyak agar tetap terasa manis walaupun dingin. 

Gimana teman-teman sudah jelas mengenai es krim? So mulai sekarang jangan sering-sering makan es krim yah, nanti uang cepat habis!

Salam Mystupidtheory! 

Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online

4 comments

yes...akhirnya ketemu temen sebidang hehe
yang bikin duit cepet abis itu bukan gara2 makan es krimnya tapi gara2 beli...kalo gratisan mah its oke wae
duit kan benda padat paling volatil sedunia :)

Hahaha.. seolah-olah mahasiswa kimia sangat langka..:D tapi kalau mahasiswa kimia yang doyan bloging dan nulis emang jarang banget sihh!

Saya anak Kimia yang suka nulis dan ngeblog *tos* ;)

TOSS!! ehh.. bukan muhrim XD.. Wihh semoga blog saya yang baik-baik ini *mencoba meyakinkan* Jadi tempat untuk para kimiawan yang mau menulis berkumpul. Amien.. Silahkan menikmati sajian kami *TNT 3dus*

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top