Kemalasanmu Menulis Membuktikan Bahwa Kamu Manusia Prasejarah! - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kemalasanmu Menulis Membuktikan Bahwa Kamu Manusia Prasejarah!


Em.. Kelas 1 SMP tepatnya, pertama kali kita belajar sejarah, dan itu juga pertama kalinya aku tahu arti sejarah. Walaupun kenyataannya aku sekolah di MI(Madrasah Ibtidaiyah) yang sudah belajar Sejarah Kebudayaan Islam sejak kelas satu, namun tetap saja aku belum mengerti makna dari kata sejarah. Aku kira sejarah itu artinya hanya cerita masa lalu. Ternyata pada saat kelas satu SMP aku mendapat pengertian mendasar tentang apa itu sejarah, sejarah itu merupakan masa, masa dimana manusia telah mengenal tulisan. Masa yang ada sebelum masa sejarah ialah masa Prasejarah, dimana manusia tidak mengenal tulisan. 

Sebenarnya ingatan itu berlalu begitu saja. Hingga saat aku kuliah, aku berkumpul dan bertemu teman di blog, yang menuliskan cerita mereka, singkat cerita aku tertarik untuk menceritakan kisah hidupku, agar bisa aku kenang, dan bisa dinikmati orang banyak. Bukankah kebahagiaan yang kita bagikan itu juga pahala?. Kurang lebih setahun lamanya aku hanya menulis di blog. Suatu ketika ada teman yang menawarkan aku untuk gabung komunitas penulis, karena aku nggak bisa menulis dengan bagus akhirnya aku bergabung. Tentu saja aku harus bergabung karena aku belum bisa menulis, tujuan bergabungnya agar bisa menulis!

FLP, aku kenal komunitas ini sebagai tempatnya penulis islami. Yah, oke lahh... aku bergabung dengan komunitas FLP Malang, dan ternyata isinya manusia yang beragam, beragam cara pandangnya, beragam latar belakangnya, beragam pula kampusnya, dan yang paling penting ialah beragam macam tulisannya. Disini aku belajar beberapa teknik penulisan. Tapi jujur saja teknik menulis jenis apapun tidak ada sedikitpun yang membantuku untuk bisa menulis. Setelah bertemu dengan penulis yang sangat produktif, barulah aku tahu satu ilmu berharga.
"Satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan menulismu ialah dengan menulis, dan kemampuan menulis ialah kelanjutan dari keahlian membaca, semakin banyak yang dibaca, semakin banyak yang bisa kamu tuliskan!"

Belakangan aku kembali ingat pelajaran sejarah itu, jadi rasanya aneh sekali jika kita sudah belajar menulis sejak TK kemudian kemampuan menulis itu hanya untuk  mengerjakan PR saja, atau untuk mengerjakan laporan kerja saja. Aku kembali berfikir jika saja tidak ada PR, tidak ada Sekolah, tidak Kerja, Kita telah mampu menulis, tapi kita tidak menulis. Kuyakini itu tak ubahnya kita ini orang prasejarah, yang bertahan dengan kedunguan-nya. Kenapa aku bilang seperti itu? 

Nyatanya manusia prasejarah itu tidak mampu menuliskan kisahnya, bahkan untuk menceritakan kehidupannya sendiri saja mereka tidak mampu. Kemudian manusia sejarah datang untuk menceritakan kehidupan manusia Prasejarah.

Sekarang logikanya, kalau kamu nggak menuliskan kisahmu, kemudian suatu hari teman sekelasmu menuliskan ceritamu maka kamu bisa pikir siapa yang Prasejarah. Dan lagi kalau saja teman sekelasmu tidak ada yang menuliskan ceritamu, maka kamu tetap tahu berapa banyak manusia prasejarah di era modern.

 
Back To Top