Peranan Senyawa Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Peranan Senyawa Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari


Pernah sekali aku berfikir, kenapa aku memilih kimia. Banyak sekali teman yang mengatakan "Buat apa belajar kimia? Kenapa buang-buang waktu untuk belajar kimia? Lebih baik belajar yang sangat berhubungan dengan kehidupan, seperti biologi atau fisika". Aku bukannya ingin membela diri atau apalah, aku hanya ingin menggambarkan beberapa hal yang tidak disadari orang-orang. Semoga dapat merubah pendapatmu tentang kimia.

Bayangkan suatu pagi yang sejuk. Kamu bangkit dari tidurmu, menuju kamar mandi kemudian membasuh muka. Tanganmu mengambil pasta gigi. Pasta berwarna putih, di bagian bungkusnya tertulis komposisinya perlite, sodium fluoride, dll. Apa itu? Sesuatu yang akan membuat gigimu putih, itulah beberapa senyawa kimia. 

Setelah itu kamu menuju kamar mandi. Mengambil sabun untuk mandi. Sabun digunakan untuk membersihkan tubuh dari keringat maupun kotoran yang menempel di tubuh. Kenapa sabun dapat membersihkan tubuh? Sabun dapat membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran karena adanya kandungan garam natrium dari asam lemak di dalamnya. Senyawa kimia ini dapat mengikat kotoran dan melarutkannya di air sehingga terlepas dari tubuh.

Kembali ke kamar, kamu mematikan AC di kamar tidur. Kamu selalu menggunakan AC karena rumahmu akan terasa gerah tanpa AC. Apa sebenarnya yang dilakukan AC pada kamarmu? Kenapa ada hawa dingin darinya? Itu karena AC mengeluarkan freon, senyawa kimia yang digunakan untuk menghasilkan udara dingin. 
Bayangkan di meja belajarmu beberapa kertas contekan untuk tugas kimia berhamburan, di bagian kanan pojok meja ada gelas, satu mug besar berisi ampas kopi, yang telah kamu minum semalam. Itu agar matamu bertahan dalam mengerjakan tugas. Tahukah kamu kenapa setelah meminum kopi matamu tidak pernah ngantuk? Ya, karena di dalam kopi ada caffeine. Senyawa kimia yang dapat meningkatkan aktifitas jantung dalam memompa darah, sehingga kamu bisa beraktifitas dan tidak akan mengantuk.

Sejak pagi ibumu memasak di dapur. Aromanya ketika menggoreng cabai membuatmu batuk-batuk. Ohh ternyata ibumu membuat telur ceplok dan sambal terasi. Kata ibumu telur dapat menunjang pertumbuhanmu. Kenapa? Telur ialah sumber protein utama. Ya, protein. Senyawa kimia yang dapat memberi nutrisi untuk pertumbuhan tubuh manusia.

Oh ya, kamu memiliki sakit mag, sehingga harus membawa obat mag. Sakit mag-mu itu disebabkan karena lambungmu mengeluarkan senyawa asam klorida yang mengikis dinding lambungmu sendiri. Sedangkan obat sakit mag yang kamu bawa mengandung senyawa basa kuat Magnesium Hidrooksida Mg(OH)2 yang akan menetralisir asam klorida di lambungmu.  

Saat kamu ingin pergi berangkat sekolah, ayahmu telah menunggu di mobilnya. Ternyata mobilmu tidak bisa berjalan karena kehabisan bensin. Kamu pasti bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat bensin bisa menjadi bahan bakar sedangkan air tidak bisa digunakan. Di dalam bensin terdapat senyawa n-heptana dan isooktana. Semakin banyak jumlah isooktana di dalamnya, kualitas bensin akan semakin baik. Senyawa isooktana ini dapat menjadi bahan bakar yang baik karena memiliki kemampuan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada mesin mobil, sehingga mesin mobil dapat bekerja dan mobil dapat berjalan. 

Itulah contoh seberapa banyak senyawa kimia akan mempengaruhi kehidupanmu sehari-hari. Jadi apa kamu masih mau mengatakan kimia tidak berguna? Silahkan berfikir!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top