Lets Break The Rule - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Lets Break The Rule


Menulis. Sepertinya aku telah bisa melakukan pekerjaan fisiknya sejak 15 tahun yang lalu. Namun nyatanya pola pikir dan cara pandang dalam menulis masih sedikit sekali kukuasai. Jika puluhan tahun lalu menulis itu seperti pekerjaan fisik, maka sekarang lebih terasa seperti pekerjaan batin, lebih menguras pikiran, dan terasa lebih kompleks. 

Terutama dalam menulis fiksi. Aku masih belajar. Menurutku menulis fiksi sekelas cerpen itu sudah sangat hebat, dalam arti cerpen yang berkualitas. Karena memang ketika aku mencoba menuliskan cerpen, itu sangat rumit, apa yang aku pikirkan adalah "Bagaimana caranya agar aku bisa membuat pembacaku nanti bertahan tetap membaca hingga akhir cerita"  Nah.. itu tantangannya! Itu baru karya sekelas cerpen yang nantinya hanya beberapa kertas saja. Kalau kamu nulis novel yang ratusan lembar, maka kemampuanmu untuk mempengaruhi pembaca agar terus penasaran dan ingin terus menyelesaikan novelmu hingga akhir haruslah sangat baik. DAN ITU YANG INGIN KUPELAJARI!

Aku adalah pengagum surayah. Pidi Baiq. Menurutku tulisannya itu sangat keren! Membaca tulisannya  itu seperti berjalan di hutan malam-malam tanpa senter, aku gak pernah tahu kejutan apa yang bakalan muncul. Kemarin belajar beberapa aturan dalam penulisan novel/buku. Dari kesemua aturan itu hampir seluruhnya dilanggar oleh surayah(Pidi Baiq). Dari situlah aku beroleh sebuah teori 

Tulisan yang bagus itu ialah tulisan yang melanggar aturan yang ada, semakin unik pelanggarannya semakin menarik tulisannya.

Jadi sebagai penulis pemula yang harus aku lakukan ialah "Lets break the rule!' 
Emm... To break the rule, You must know the rule!

Ya. Cara paling mudah dalam melanggar peraturan itu ialah membaca peraturannya kemudian  kamu tinggal menulis dengan melanggar aturan yang ada. Ini lebih efisien, jadi ada panduan untuk setiap kerjaanmu. Setelah mencoba menulis dengan melanggar semua aturan itu, maka kembalilah ke tujuan lahh yan gmenarik awal. Maksudnya kita harus segera menyadari bahwa tujuan kita melanggar aturan ialah agar muncul tulisan yang lebih bagus daripada tulisan-tulisan yang sesuai aturan. Nahh dalam artian segeralah cek dan bandingkan apa tulisan kamu sudah menarik, jika tidak mendingan balik aja deh keaturan. Pada akhirnya kembali penilaian karyamu bagus apa enggak, kalau enggak ulangi lagi lahh. Emm.. udahh ahh aku makin bingung aku ini ngomong apa. bye!

"Rules  are made to be broken!"
"How to break the rule, You must know the rule!"

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top