Kamu Punya Kebanggaan! - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kamu Punya Kebanggaan!


Aku pernah Juara satu berkali-kali saat SD, pernah menjadi murid kesayangan guru, pernah juara tenis meja saat SMP dan juara Olimpiade sains saat duduk di bangku SMA. Dulu aku kira itulah kebanggaan. Aku kejar itu semua, aku kalahkan pesaingku dan berharap dengan begitu ada pengakuan dari orang-orang sekitarku atas kemampuanku. Dan benar, banyak yang mengakui kalau aku itu bisa, bahkan beberapa orang iri denganku. Aku senang aja sihh, tapi anehnya tidak ada kepuasan saat aku mencapainya. Aku tuh bakal ingin ngejar ini, ngejar itu, semua yang menurut orang-orang keren. 

Ketika kuliah aku mengikuti beberapa lomba, masih mencoba untuk terus "mengalahkan" orang lain untuk dapat pengakuan. Dan ternyata selama di kampus tidak pernah kudapatkan kebanggaan itu. Setinggi-tingginya IP kamu ketika kuliah, tidak akan ada peringkat satu di catatan prestasimu! Sepinter-pinternya kamu di kelas, belum tentu ada nilai A ketika akhir semester karena dosenmu menilai dengan random. Itulah yang terjadi hingga aku jadi aneh, tidak belajar karena percumah tidak akan peringkat satu, tidak masuk kelas karena belum tentu dosennya masuk. Kebanggaan yang aku kejar tidak pernah ada, siapa lagi yang harus aku "kalahkan" agar aku bisa berbangga?


"A feeling of deep pleasure or satisfaction derived from one’s own achievements, the achievements of one’s close associates, or from qualities or possessions that are widely admired"

"Perasaan yang sangat puas di dalam hati yang muncul karena ada pencapaian mengenai sesuatu yang di idam-idamkan"

Itu adalah "pride" atau kebanggaan menurut http://oxforddictionaries.com. Dan kata kunci yang aku cari selama SD hingga kuliah tidak aku temukan, tidak ada tulisan "Acknowledgement from others" (pengakuan orang lain). Hanya sesederhana kepuasan batin yang muncul karena suatu pencapaian. 

Maka sekarang aku berfikir. Kebanggaan bukan ketika kamu peringkat satu di kelas, tapi kebangaan ialah ketika kamu menyadari betapa berharganya saat kamu memahami konsep ilmu pengetahuan. Kebanggaan itu bukanlah saat kamu mengalahkan orang lain, namun ketika kamu mampu memberikan yang terbaik dalam karyamu. Maka menurutku, lucu sekali persepsi manusia mengenai kebanggaan. 

"Sesungguhnya kebanggaan itu ialah sesuatu yang kamu rasakan ada dalam dirimu, tapi kau abaikan itu dan kejar-kejar pengakuan orang lain"

Kebanggaan ketika kita mencapai sesuatu seharusnya menciptakan ketenangan dalam diri kita. Dengan kebanggaan itu pula ada motivasi untuk suatu pencapaian baru dalam hidup kita.

Mulailah menghargai diri kita, bangga terhadap keberhasilan-keberhasilan dalam hidup ini. Bukan dengan memamerkannya kepada publik, tapi dengan merayakannya sendiri. Kita bisa saja makan di tempat yang istimewa untuk keberhasilan kita mendapat IP yang tinggi, kita bisa saja menghadiahi diri kita dengan sehelai baju baru, karena sudah bisa memberi bantuan kepada orang lain.  Semoga dengan begini kita bisa menikmati kebanggaan yang sebenarnya, bukan sekedar pamer, tapi memang bangga dengan keadaan diri kita.

Jadi bagaimana menurutmu? 

Kebanggaan menurut buku CineUs Book trailer


Boleh bangga dehh kalau sudah punya ini nihh.. 





3 comments

Buat gw kebanggaan datang dari diri sendiri tepatnya datang dari hati, bukan dari orang lain maupun lingkungan sekitar kita. Itu makanya kebanggaan punya arti berbeda bagi setiap individu. Let's find your own proud
good luck GAnya

kebangaan itu mungkin semacam konsep berpikir :)

Ya, cara orang memandang sesuatu. (: dengan catatan tidak sombong, tidak angkuh, dan tidak mudah berpuas diri. Terimakasih sudah mau berkunjung kakak.. (:

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top