Sharing Ramadhan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Sharing Ramadhan


Ramadhan ialah bulan yang sangat mulia, lebih berharga dari 1000 bulan. Bulan dimana ampunan serta rahmat dan barokah Allah dilimpahkan kepada siapa saja yang beribadah kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Aku sudah sangat berpengalaman masalah ramadhan di berbagai kota, jauh dari orang tua, dan merasakan keheningan sahur seorang diri. Aku jadi ingin berbagi beberapa tips dan trik sebagai anak kos-kosan dalam menghadapi ramadhan.

1. Jangan disibukkan oleh menu sahur dan buka puasa. Ini ialah pengalaman pribadiku, dimana saat tahun lalu aku begitu manja dengan diriku, apa yang ada dalam pikiranku ialah "Aku kan jauh dari orang tua, wajar dong cari makanan buka puasa yang spesial-spesial" dan saat ini aku menyadari ini ialah cara pikir yang salah. Jika kamu berfikiran sama denganku maka saatnya merubah pola pikir itu, karena kamu bakalan membuang banyak sekali waktumu hanya untuk mencari makanan. Sementara semangat yang ingin dikembanggkan saat ramadhan ialah semangat menahan hawa nafsu dan merasakan keprihatinan sebagai orang yang kurang mampu. Jadi jika kamu masih memperturutkan hawa nasumu dan memenangkan keinginanmu, maka hikmah ramadhan tidak kamu peroleh. Sebaiknya manfaatkan waktu lebih banyak untuk ibadah dan berdo'a kepada Allah, karena memang bulan ramadhan ini ialah bulan yang paling disukai Allah. Untuk urusan makanan bisa secukupnya sajam atau buka puasa di masjid saja lebih enak!


2. Hindari menonton televisi. Bagaimanapun juga kita harus mulai jujur dan mengakui bahwa program televisi di negeri kita lebih banyak yang tidak bermanfaat dan cenderung merusak. Bahkan kata seorang ustadz kepadaku kemarin kurang lebih seperti ini intinya "Saat Ramadhan seharusnya kalian sudah tidak ada waktu lagi untuk TV, kalian harus sudah disibukkan oleh amal dan amal!"


3. Kurangi tidur. Ini ialah masalahku juga! Ketika siang dan berpuasa aku mengalihkan rasa laparku dengan tidur, dan ketika malam aku kekenyangan dan tidur lagi. Aduh... Dimana jatah ibadah Untuk Allah? Aku masih kebanyakan tidur sampai hari ini ketika aku posting tulisan ini.  Jadi mungkin agar aku tidak dimurkai Allah bahwa aku mengatakan apa yang tidak aku kerjakan, anggap saja ini catatan yang aku tuliskan bukan untuk menggurui namun lebih kepada untuk belajar bersama-sama. Kalian boleh sharing jika kalian sudah menemukan cara efektif mengurangi tidur saat ramadhan. Oke?


4. Kendalikan nafsu Internetan & sosialita. Enggak usah pamer makanan pas buka puasa, dan enggak usah sok ngebangunin Sahur lewat FB! kamu bangunin aja teman satu kosan, lebih jelas manfaatnya. Bukan melarang jika ingin berselancar di dunia maya dan berhubungan dengan teman yang jauh. Tapi jika sampai menghabiskan waktu berjam-jam maka itu sangat merugikan kita. Betapa waktu itu jauh lebih baik jika digunakan untuk ibadah atau ngaji. 15 menit cukup untuk melihat berita perkembangan Islam di http://news.fimadani.com atau di republika, karena berita di kedua media ini cenderung aman! Facebook juga cukup 15 menit saja, bahkan kurang!


5. Perbanyak doa dan dzikir. Nahh... Ini yang penting buat anak kos, karena biasanya anak kos punya sesuatu yang sedang ia perjuangkan sehingga bela-belain enggak pulang saat puasa, entah itu sedang studi atau sedang bekerja. Mahfaatkanlah fasilitas gratisan bernama DO'A ini. Kamu bisa minta sama Allah agar urusanmu dipermudah, cepet lulus misalnya :), ehh.. itu keinginanku sihh.. Kamu boleh minta yang lain. 

udah sihh.. Kamu boleh tambahin di komen, tapi sementara aku kasih lima itu aja dulu.. Thanks!

Mahfuzh TNT


6 comments

hahahah jadi inget 2 temenku yang dengan serunya cerita soal petualangan mereka berburu sahur en buka di masjid. Katanya menu buka puasa di Masjid Raden Patah UB paling yahud XD

Hehe.. aku juga udah cukup sering begitu. Tapi kayaknya UB biasa aja, yang paling manteb masjid abu bakar, komplek perumahan orang kaya iku lhoo.. top dahh disitu.. :D

Nah gini dong, gak bikin emosi terus isinya.

Ya enggak lahh.. kapan tulisanku bikin emosi? hah!

Wah.. tapi aku selalu sibuk sama menu buka sama sahur... belajar masak XD

Masjid Abu Bakar itu yang di daerah Bukit Dieng itu yah? WUEITS jauh amat kau bukanya???

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top