Presentasi Perjoeangan! - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Presentasi Perjoeangan!


Kemarin, hari Rabu tanggal 24 juli tepatnya, aku menyelesaikan presentasiku di depan tiga orang dosen penguji. Kronologis ceritanya adalah, aku ingin lulus dan aku telah menyelesaikan penulisan skripsiku, sehingga aku harus menghadiri yang namanya kompre, dan dipaksa untuk presentasikan penelitianku di saat itu.

Persiapanku dimulai beberapa hari sebelumnya, pada hari kamis aku diminta untuk latihan dengan dosenku. Latihan itu berlangsung dengan kacau, memalukan, karena aku bahkan tidak mempersiapkan presentasiku. Jujur saja aku bahkan gak sempat membaca ulang seluruh slideku karena aku baru mengerjakan skripsiku yang versi inggris saat pagi harinya. Banyak sekali masukan dari dosenku, yang itu sedikit banyak membuatku berfikir untuk menghapus total slideku.

Hari Jum'at pagi aku langsung membuka ulang presentasiku, kemudian aku baca ulang. Setelah aku baca keseluruhan aku baru merasa bahwa presentasiku sangat payah! dengan ringannya aku delete semua slide presentasiku. Aku mulai membaca materiku berkali-kali, ya berkali-kali aku baca terutama bagian latar belakangnya! Akhirnya aku tuliskan ulang slide presentasiku dengan program legal Libre Office Impress, kalau kalian  belum kenal aplikasi ini seperti word namun lebih halal karena gratis dan berjalan di OS Linux. Tak berapa lama, pada satu slide aku harus memasukkan persamaan, itu tentu menjadi masalah bagi Office Impress karena tidak dapat dengan mudah menampilkan persamaan. Aku coba atasi dengan KLaTeX yaitu aplikasi untuk menuliskan persamaan matematis dalam bentuk gambar(png). Dengan aplikasi itu ternyata gambar persamaan yang dibentuk tidak halus, atau resolusinya jelek. Entah kenapa aku jadi risih dengan masalah resolusi ini, padahal sebelumnya aku tidak pernah perduli. Akhirnya aku bingung dan mencari info di Google.


Aku cari dengan kata kunci "Scientific Presentation" alhasil muncullah berbagai presentasi saintifik. Aku sempat melirik presentasi dengan basis Prezi karena aku pernah menggunakannya dalam presentasi kreatifku, tapi entah kenapa yang paling menarik untukku saat ini ialah presentasi dengan format PDF yang ditulis dengan LaTeX beamer, sebuah program dengan basis penulisan tex. Aku akhirnya browsing semua tentang LaTeX beamer. Awalnya murni aku cuma iseng-iseng saja, bahkan telah kuyakinkan dalam pikiranku bahwa "Tidak mungkin pakai LaTeX beamer untuk presentasiku, waktunya mana cukup!". Namun setelah browsing, aku malah menemukan package(semacam tema pada Power Point) yang memfasilitasi presentasi saintifik, apa salahnya dicoba? Setelah mencobanya, program itu membutuhkan usaha lebih untuk bisa dikuasai dan anehnya aku makin penasaran dan terus mencari tutorialnya di google. Siang setelah sholat shubuh, kuputuskan untuk mengganti seluruh slide yang sejak pagi kubuat dengan presentasi LaTeX beamer. Nekat! InsyaAllah, aku terlanjur kagum dengan formatnya yang keren dan sangat saintifik, elegan dan mampu memuat persamaan matematis dengan sangat baik.



Dengan begini aku berharap tidak akan diremehkan lagi presentasiku. Kalian tahu, keputusanku siang itu harus kubayar mahal! Karena presentasinya ditulis dengan file tex, maka itu menghabiskan waktuku setengah hari hanya untuk memindahkan sebuah kalimat yang awalnya berada di bottom left ke top right. Karena pengaturannya memang benar-benar kompleks. Bukan Mahfuzh kalau gak keras kepala, aku terus mencoba berbagai tutorial di google untuk menyelesaikan slide presentasiku.




Background presentasiku juga aku sendiri yang membuatnya dengan aplikasi Inkscape yang aku kombinasikan dengan GIMP. Aku yakin dari semua teman seangkatan, cuma aku yang membuat background presentasiku sendiri! bahkan setiap gambar yang muncul di presentasiku ialah hasil editan/buatanku. Tidak ada gambar mentah dari google yang langsung aku masukkan. Entah kenapa hari ini otakku berfikir tentang keeleganan dan kesempurnaan presentasi. 


Sedangkan bagian isi presentasi juga bukan asal aku copy paste dari skripsi(hampir semua temanku melakukannya), aku berusaha menuliskan ulang langkah demi langkah penelitian di slide presentasiku. Aku mencari tips n trick serta contoh presentasi saintifik versi bahasa inggris, aku pelajari beberapa kemudian tuangkan ke slideku. Gak tanggung-tanggung aku mendownload video tutorial presentasi saintifik yang baik, dengan bahasa "bule" tentunya! Hampir dua hari aku habiskan untuk menyelesaikan presentasiku. 

Kemudian setelah cukup baik, aku kirimkan presentasiku ke dosen pembimbingku. Tak berapa lama beliau sms "Presentasimu sudah bagus, nanti kita poles lagi". Kau tahu? Aku beruntung punya dosen sebaik beliau! Dengan semangat kembali aku buka slide presentasiku, aku baca dan perhatikan, sepertinya kebanyakan tulisan, aku khawatir ini jadi ppt-->Power Paragraf Text. Akhirnya aku edit lagi, dan genap tiga hari aku habiskan untuk buat satu slide. Ini reputasi terlamaku dalam menyelesaikan slide.

Latihan! Aku latihan dengan membuat alur presentasiku sesuai slide, kemudian menuliskannya. Setelah itu semuanya aku baca berulang-ulang hingga aku lancar membawakan materiku. Titik berat presentasiku ialah pada Latar Belakang penelitian, dan Metode penelitian karena aku harus membuat dosen mengerti tujuanku dalam penelitian dan meyakinkan kalau penelitian ini menarik ini yang tersulit!


Kemudian malam sebelum presentasi aku sudah siap. Aku sedikit lebih santai, bahkan aku kepikiran kalau nanti ada salah seorang dosen yang bertanya "Setelah lulus, apa yang akan kamu lakukan fuzh?" mungkin aku bisa jawab "Mengganti nama FB saya menjadi Mahfuzh S.Si Pak!" sayangnya pertanyaan ini tidak muncul.


Awal sebelum presentasi, aku siapkan semua peralatan(laptop, proyektor dan  laser pointer). Kemudian dengan tepat waktu ketiga dosenku masuk ruangan. Dosen penguji 1, yang juga sebagai dosen pembimbing 1 ku menyiapkan berkas. Kemudian ada selembar berkas yang ia tanda tangani, kemudian ia serahkan padaku. Saat itu aku baru sadar kalau aku tidak membawa pulpen warna hitam. Oh NO! Jadi berkas yang di berikan itu tidak aku tanda tangani, hingga akhirnya aku diberi kesempatan presentasi. Presentasiku berjalan dengan lancar, kemudian sesi tanya jawab juga berjalan lancar karena pertanyaannya lebih mengarah kepenulisan, dan bukan ke teoritis penelitianku. 


Alhamdulillah ketika tanya jawab usai, aku keluar untuk menunggu diskusi dosen untuk pengumuman hasil. Kesempatan keluar ruangan ini aku manfaatkan untuk meminjam pulpen hitam! Ya, tak lama kemudian aku dipersilahkan masuk kembali. Dosenku mengatakan "Mahfuzh kamu tidak perlu mengulang ujian lagi" Alhamdulillahh... Aku lega sekali saat itu.


Karena ruang ujian akan digunakan untuk ujian selanjutnya, maka aku keluar ruangan. Aku langsung membuka lembaran yang dari pertama tadi diberikan dosen pembimbingku, aku baca baik-baik.. Ternyata itu surat penyataan lulus. Jadi dari awal sebelum presentasi aku sudah dinyatakan lulus oleh dosenku. Seandainya aku bawa polpen hitam, aku mungkin akan tanda tangani surat keterangan itu dan bisa lulus sebelum presentasi. Ahh.. sial..


Ketika di luar ruangan, aku katakan ke dosenku "Pak, tadi itu saya sudah lulus sebelum presentasi seharusnya, karena ini lembar kelulusannya sudah bapak tanda tangani" langsung beliau jawab dengan ketawa "Ohh.. Iya kahh? saya nggak baca itu suratnya, tadi ada nama kamu makanya langsung saya serahkan. hahaha.. Selamat ya, selamat jadi pengangguran!" 

"Hahaha" Aku cuma bisa ketawa.




2 comments

selamaattt,,,semoga ilmunya barokah..Aamiin..:)

Nice.. Jadi ingin belajar Latex beamer jg..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top