Bfeikrir Karteif (Cuma tulisan) - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Bfeikrir Karteif (Cuma tulisan)


Ini adalah shubuh yang shubuh dan menjelang pagi-yang pagi. Aku ingin menulis(iya nulis aja!), tapi enggak jadi(yaudah!), ehh nulis lagi dehh(nulis ajaaaa!!!). 

Kemarin Minggu aku dipaksa mengisi materi untuk pelatihan kepengurusan di FLP, itu bukanlah materi kepenulisan, karena aku payah juga dalam menulis (:P).  Materi yang harus aku sampaikan adalah materi  tentang bagaimana menjadi seseorang yang kreatif. Katanya aku adalah orang yang cukup kreatif (padhal aku yakin kalau itu mereka paksa aja karena tidak ada pemateri). Tapi itu buat aku jadi senang, oleh karena aku jadi harus googling untuk materinya dan itu yag membuat aku jadi tambah ilmunya. 

Berbicara tentang kreatifitas itu berbicara tentang suatu yang baru, karya dan penciptaan! Dengan pemahaman itu aku ingin menyampaikan materi yang tidak monoton, yang tidak sama dan yang tidak biasa. Akhirnya aku tertarik untuk menyampaikan materi dengan presentasi yang tidak biasa. Aku mencoba menuliskan presentasiku dengan basis flash walaupun tidak benar-benar menuliskan script dalam flash, tapi hanya menggunakan aplikasi prezi. Itu menghabiskan waktuku satu malam penuh untuk menginstall dan mempelajarinya. Tapi sesungguhnya manusia itu pembelajar yang hebat, kamu bisa kuasai kemampuan apapun itu hanya dengan google. akhirnya aku sukses membuat presentasi yang enak dilihat mata. 

Langkah kedua setelah presentasiku sukses adalah menguji materi. Daripada aku bingung aku langsung minta anak-anak kontrakan untuk baca materiku itu.
"Boby kamu baca materiku ini donk"
"Mana Mas?" 
"Ini.."
"Udah Mas"
"Kamu ngerti gak?"
"Iya mas ngerti."
"Sipp dehh kalau kamu bisa ngerti"
"Ohh.. Jadi maksudnya ini kalau aku aja bisa ngerti orang lain juga semua bisa ngerti gitu?"
"Haha.. yaiyalah.. kan aku udah punya standar terendahnya"
Begitulah hasil uji materiku.

Tetapi tampilan presentasi yang baik dan materi yang baik tidak ada gunanya tanpa penyampaian materi yang baik. Sejujurnya penyampaian materi yang baik itu adalah yang cukup sulit untuk aku lakukan, aku yakin aku akan bisa melakukannya jika berlatih dengan meluangkan banyak waktu, tetapi itu tidak aku lakukan. Aku lebih memilih untuk memberikan beberapa latihan visual pada presentasiku, semacam teka-teki gambar, dan beberapa latihan berfikir kreatif. Dengan begitu menurut pemikiran paling logis, aku tidak perli berbicara panjang lebar, dan hanya akan menyampaikan kesimpulan-kesimpulan dan menjawab pertanyaan.

Sesuai dugaan presentasi materiku cukup menarik dan tidak membosankan. menurutku Kreatifitas itu adalah pemikiran yang menarik di saat orang lain hanya melakukan kebiasaan. Orang-orang yang kreatif cenderung mampu menguasai dirinya untuk meninggalkan kebiasaan lama yang tidak produktif beralih pada sebuah pemikiran baru yang unik, dan itu terus berkembang!  Cara melatihnya yang paling gampang ialah melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, seperti mengubah rute jalan yang akan anda lalui saat ingin ke kampus, atau ke kantor karena sesungguhnya kita melalui itu dengan tanpa sadar dan mengulangi rute yang sama setiap harinya, cobalah ubah itu! temukan banyak rute yang baru dan lalui semua rute itu secara acak. Akhirnya kreatifitas itu adalah sesuatu yang dilatih, sehingga seberapa jauh perkembangannya itu bergantung kepada seberapa banyak anda melakukan latihan itu.



salam alaikum
mahfuzh TNT
 
Back To Top