Habits yang kebiasaan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Habits yang kebiasaan


Kemarin aku sangat tertarik baca bukunya ust. Felix siauw, yang judulnya "How to Master Your Habit". Buku yang sangat bagus kupikir. Karena memang secara tak sadar aku telah menginstal habits yang kurang baik dalam badan ini. Ya begitulah memang hidup ini, jika kau tak disibukkan oleh hal kebaikan, maka kau sudah pasti melakukan sesuatu yang buruk. Ada syurga juga neraka yang sudah menanti. Aku harapkamu yang baca sedang sibuk dengan banyak kebaikan.
Dalam buku itu diberikan pemahaman bahwa keahlian(skill) itu adalah sesuatu yang didapat dari kebiasaan kita. Sedangkan kebiasaan itu sendiri diperoleh dengan proses yang panjang. Salah satu teori dalam buku menjekaskan bahwa habits ialah sesuatu yang dibentuk dari latihan dan perulangan.
"ibu dari semua kebiasaan adalah perulangan dan ayahnya adalah latihan"
Contoh paling sederhananya adalah pada penguasaan bahasa. Penguasaan bahasa itu diperoleh dari kebiasaan. Kebiasaan mendengar dan berkomunikasi dengan suatu bahasa.
Konsep dasar dari "how to master your habits" adalah jangan jadi generasi instant!
Dalam satu bab dikatakan tentang mitos bahwa agar bisa berenang kamu harus makan udang hidup terlebih dahulu. Ini adqlah mitos yang benar adanya, dengan catatan bahwa kamu makan udangnya di air atau sambil berenang! Kamu udah paham kan maksudnya? Ya harus paham!
Satu-satunya teknik menciptakan kebiasaan baru adalah dengan melakukan latihan yang berulang-ulang. Menginstal suatu kebiasaan itu sangat sulit dan lebih sulit daripada saat menghapuskannya. Trik sederhana untuk melakukan latihan ini secara rutin adalah dengan meletakkan program latihan itu setelah kebiasaan yang telah terbentuk. Contohnya kalau kamu terbiasa bangun dan sholat shubuh, dan kamu ingin menginstal kebiasaan baru berupa tilawah, maka kamu bisa tuliskan dalam jadwalmu "setelah sholat shubuh akan tilawah" sehingganya dapat secara otomatis kamu akan laksanakan tilawah sesuai dengan kebiasaanmu sholat shubuh.
Aku kira selanjutnya aku mau cerita kalau aku mencoba menginstal kebiasaan baru. Itu panjang cerita, juga takdir aku kira. Stelah baca buku karangan ust. Felix Siauw ini aku dapat link tulisan dari temanku. Link itu berupa blog milik dosen yang sangat hebat kukira. Dalam link itu dijelaskan bagaimana mengatur waktu. Dan tebak apa yang diperlukan untuk mengatu waktu? Dosen itu berkata :
1. Kurangi tidur
2. Kurangi tidur
3. Sama!
"JLEBB!" ini dosen aku yakin dia sedang menyinggung aku yang suka tidur kelamaan. Dengan tekad yang kuat aku kemudian inginkan mengurangi tidurku.
"Ya! Menurutku tekad yang paling kuat adalah ketika kamu sedang terhina!"
Dan aku sedang terhina!
Tekadku mengurangi tidur ialah untuk hanya tidur 4jam sehari. Dan kalian percayalah itu sangat sulit bahkan menyiksa sekali. Tapi aku yakin kalau aku bisa. Saat menulis blog ini aku sudah tidur sehari 5jam. Dan terus berusaha rutin untuk cuma tidur 4jam.
Demi melatih kebiasaan baru ini aku terkadang harus mandi 3 sampai 3 atau 4 kali sehari. Bahkan aku menyeduh kopi 4 sampai 5 kali sehari. Itu semua untuk brtahan melek!
Yasudah ahh.. Itu aja.. Ini aku sedang instal kebiasaan baru untuk menulis setiap harinya. Doakan oke!

Mahfuzh TnT

3 comments

Kurangi minum kopinya mas...Efeknya gak baik...

Kalau ngantuk, pindah lokasi, ganti posisi...Kalau masih ngantuk, ganti aksi...

Alexa rank-nya merangkak naik lagi nih...Sudah 5 jutaan lagi....Ayo semangat...

ijin berbagi kata motivasi yaa
" janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
thx :)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top