Busa Salju - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Busa Salju


Aku mau bilangkan ke kalian bahwa aku adalah anak kos-kosan yang teladan. Itu oleh karena sejak awal kos dulu aku udah cuci baju sendiri. Sudah pindah kos-kosan dan aku tetap cuci baju sendiri. Ahh.. Aku jadi mau dengarkan sejarah bagaimana manusia pertama mencuci bajunya, apa hanya pada zaman Islam saja yahh manusia pada tahu cuci baju? Entahlahh.. Aku belum tahu. Aku jadi mau bercerita kepadamu tentang sejarah pertama aku mencuci pakaianku sendiri.

Itu adalah ketika aku lulus SMP dengan nilai yang tidak mengenaskan, orang tuaku membelikan mesin cuci untuk seluruh kelarga. Aku sudah ada firasat buruk sejak itu, aku tanya "Buat apa beli messin cuci?" aku tanya begitu karena kupikir biasanya baju kotor kan tinggal lempar di bak dan akan bersih juga karena ada Ibuku. Ayah jawab firasat burukku dengan berkata "Itu biar anak-anak ayah pada mandiri dan cuci  baju sendiri". Ohh.. inilah harinya, setelah kelulusanku aku mendapat hadiah berupa tugas mingguan yang harus aku selesaikan sepanjang sisa hidupku.


Aku adalah orangnya yang jadi belajar mencuci dengan tangan pada 2009, itulah karena aku harus ngekos di Malang dan tidak ada mesin cuci. Itu aku diajarin untuk cuci  bau, kata Ibuk "Di kasih Rinso terus direndam minimal satu jam, baru di kucek, dibilas dua kali dan dijemur". Nyatanya aku cari detergen bukan Rinso, aku cari yang paling murahan, terus aku rendam kadang lupa sampai satu hari, setelahnya aku bilas dan jemur. Aktiffitas ini sering kali aku lakukan tengah malam, hingga suatu saat aku kena marah Ibu kos karena jadi ribut sedang dia tidur malam-malam. Paginya aku jadi cuci baju dimandorin Ibu kos.

Itu sudah 2010 ketika aku kembali tidak bisa mencuci. Liburan semester genap. Aku pulang ke Kampung halamanku Kal-Tim. Aku mau cuci pakaianku, tapi nyatanya mesin cuci di rumah sudah baru, jadi aku tidak bisa pakai itu mesin sama sekali. Kejadian ini membuat Ibuk tertawa mengejek sedang ayah berkomentar "Kuliah jauh-jauh malah nggak bisa pakai teknologi canggih". Aku jelas tidak terima dikatain "Nggak bisa menggunakan teknologi" akhirnya aku ngomong ke Ibu "Mana buku panduan penggunaan mesin cucinya, aku pasti bisa pakai ini mesin hari ini juga!", tapi ibuk malah bilang biar dia aja yang cuci bajuku.. Aku tahu kalau buku panduan itu pasti sudah tidak ada lagi. Begitulah budaya kita, tak ppernah mau tahu dengan buku pannduan!

Aku pernah sekali mencoba memodiffikasi teknik mencuci bajuku. Aku rendam dan bilas hanya sekali. Kemudian aku jemur. Teorinya adalah, dengan sekali bilas maka sabun akan hilang sebagian banyak dari baju cucian, sedangkan sebagian keecil sabun masih tertinggal. Kemudian baju dijemur yang mengakibatkan sabun mengering dalam serat baju, sehingga sabun itu bisa menjadi anti bakteri di baju. Bajuku sterill! Nyatanya adalah pada saat baju sekali bilas itu aku pakai, aku kehujanan dijalanan dan terlihat putih-putih dibajuku. aku yang malu karena dillihat temanku langsung bilang "Wahh.. Hujan Salju!" dia malah ketawa-ketiwi.. 

Sekarang 2013 dan ketika aku posting ini tulisan, diluar sedang musim hujan, menyebabkan didalam malah musim galau. Ahh sudah jangan bahas galau, aku mau bilang kalau sekarang aku masih cuci bajuku sendiri, itu berarti aku belum lulus anak mandiri. Ini aku juga sedang jemur pakaian, sengaja aku hujankan. Aku sedang dapat inspirasi baru cara mencuci pakaian yang revolusioner dan sangat efisien. Kali ini musim hujan, aku cuci pakaian dengan sekali bilas lagi, karena langit yang akan hujan, maka aku gantung bajuku di jemuran. Bajuku kehujanan, nahh aku kira air hujan yang jatuh membasahi bajuku itu bisa menjadi bilasan kedua dari baju-baju itu. Jadi aku bisa hemat air bilasan, hemat tenaga juga. Kalau bajuku kehujanan aku juga nggak repot, karena itu masih bagian dari bilasan. Jemuran yang kali ini tergantung sepertinya sudah bilasan kelima, dan belum kering juga.. Agaknya baju ini bakalan super bersih!

Mahfuzh TnT

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top