BioArt - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

BioArt


Satu mata pelajaran yang cukup jarang aku sentuh adalah Biologi. Aku sama sekali tidak membenci biologi, bahkan terkadang aku sangat ingin menguasai Ilmu Dasar ini. Biologi adalah ilmu dasar yang sedikit mengandung perhitungan, dan lebih banyak menggunakan hafalan. Selama kuliah ternyata dasar-dasar biologi sangat ku butuhkan, itu karena ada mata kuliah Biokimia yang harus aku hadapi. Biokimia itu mempelajari reaksi-reaksi yang terjadi di dalam tubuh manusia, sedangkan untuk mempelajari reaksi itu kita harus mengetahui dulu fungsi organ dan sisterm organ dalam tubuh manusia. Salah satu penyebab kenapa kemampuan Biologiku mengenaskan ialah karena saya malas baca buku, yang kedua saya malas menghafal, yang ketiga saya malas belajar. Itu kamu malas dodol!

Pernah saat Itu, Itu masuk pertama kelas dua SMP. Pagi itu Pak Wawan guru kesenianku mengajar. Kami Belajar melukis, salah satu yang beliau ajarkan adalah "ketika melukis bebaskan anganmu, tuangkan warnamu dalam selembar lukisanmu, Lupakan bahwa daun berwarna hijau dan air itu bening, berilah warna baru yang engkau sukai" Keren sihh. Itu karena sudah aku perbaiki kalimatnya. Pagi itu ceria, penuh warna dan lukisanku ancur karena aku benar-benar menuangkan cat warna  di kertas gambar, al hasil abstrak tak berseni.


Siangnya ada jadwal Biologi. Masa SMP sudah ada pelajaran biologi, walaupun belum ada materi reproduksi di sana. Belum boleh, masih kecil. Awalnya kami santai, karena tahu kalau guru biologi kami sedang keluar kota. Sehingga perkiraan kami bahwa ini akan jadi jam kosong yang bisa kami gunakan mainan Game HP. Tapi mataku melongo, nafasku tersendat dan darahku kandas tak mengalir ketika melihat Pak Wawan masuk dengan Buku Biologi ditangannya, dan dia jelas-jelas membawa karton berisi gambar yang Ia buat pagi tadi. Ahh.. Tugas lagi nihh.

Pak Wawan kemudian menaruh buku Biologi itu di meja guru, kemudian ia menempelkan karton berisi lukisan pohon di depan papan tulis. Kemudian dengan semangat beliau mengatakan "Yahh.. Mulai sekarang saya yang akan mengajar Biologi di kelas ini, Karena guru biologi kalian kuliah di jawa dua tahun". 
Ok.. Stop! Are You kidding me? 

Ternyata itu benar-benar fakta, pak wawan mengajar kami biologi.  Ia mempersiapkan dirinya untuk mengajar kami dengan caranya sendiri. Setelah menempelkan karton bergambar pohon di depan kelas Ia mengeluarkan kuas dan menggambar pembuluh pada tanaman. Kuas ia sapukan halus diatas gambar, kemudian jadilah Floem dan Xylem. Dengan cara mengajarnya ini, Pak Wawan membuat kami menghabiskan setengah dari jam pelajaran untuk menggambar dan setengah jam lainnya untuk mempelajari biologi. Karena dia selalu menggambar daun berwarna hijau saat pelajaran biologi dan warna lainnya saat kesenian, pernah sekali waktu Aku bertanya,

"Pak Kenapa warna daunnya hijau terus kalau pelajaran biologi?"
"Karena kalau daunnya warna lain, saya tidak tahu bentuk pembuluh floem dan xilem-nya" Beliau melanjutkan lukisannya

Kuakui, gambar lukisan pak Wawan memang indah, keren dan mengagumkan. Aku hargai usaha bapak mengajar kami dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Cara mengajar yang cukup unik, dan mengesankan. Kami benar-benar diajar oleh Pak Wawan selama satu semester, dan hasilnya kami menyukai seni, menyukai menggambar, dan menyukai biologi.. ohh bukan Kami menyukai BioArt.

Disemester berikutnya, guru fisika kami yang pergi sekolah ke jawa. Apa yang akan terjadi? nantikan saja tulisan berikutnya..

Salam hangat
Oktober yang UTS, udah larut, tidurlah..
Mahfuzh TnT

1 comments:

Wah, kok bisa guru mapel kesenian pindah ngajar biologi? Hm,tapi BioArt sepertinya menarik juga. Pasti menyenangkan, guru biologi SMP dan SMA saya juga jago sekali menggambar. Karena biologi, saya banyak menggambar. Penampang kulit, jantung, tulang sampai tengkorak. Semua harus digambar agar jelas. Jadi, Biologi juga bersentuhan dengan seni. Kalau Fisika? wah, ditunggu dah ceritanya..haha :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top