Open Mic - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Open Mic


Aloha.. tidak seperti biasany a malam ini aku mau cerita tentang pangalaman baruku. Kemarin malam jum’at (20-Okt-12) Aku menghadiri acara open mic dari komunitas Stand Up Comedy MalangStand Up Comedy Malang adalah komunitas yang mewadahi para pecinta dunia komedi. Sedangkan Stand Up Comedy adalah seni membawakan suatu komedi secara sendirian, dan menghibur penonton dengan tawa. 

 Momen open mic adalah ajang uji materi komedi yang akan disampaikan di cafe. Ini biasanya digunakan oleh komik(Komedian) pemula sebagai ajang uji coba dan tes mental. Yang jelas di ajang open mic semua punya kesempatan untuk menyampaikan materi dan akan di dengarkan oleh semua pengunjung cafe, tapi yang pasti lucu atau nggak lucu tergantung amal ibadah. Jadi biasa saja kalau kamu coba-coba open mic dan nggak lucu, kamu langsung lanjutkan ke khutbah jum’at saja!. Saya tertarik untuk mencoba momen open mic kali ini. Kemudian langsung saja nama saya di catat oleh MC yang juga seorang komik senior. Perkenalan yang dilakukan dengan heboh oleh MC yang mengkritik akun twitter saya @HudaTnT yang katanya bakalan meledak. 

 Bagi komik, bit-bit materi komedi adalah hal yang orisinal, hasil buatan pribadi masing-masing. Sehingga unik dan punya set-up yang bermacam-macam. Materi ini boleh mengandung unsur SARA. Yang jelas saya tidak akan keberatan membagi materi dan bit-bit saya di blog ini. Berikut bit-bit materi stand up saya



 “Nama saya Huda, Saya dari KalTim, tapi kalian tenang aja walaupun kata orang di kaltim itu orang dayak pintar nyantet, itu Cuma mitos. Orang dayak itu baik-baik. Mereka kalau di sakiti itu mereka berdoa, Iya! Berdoa kepada syaiton yang terkutuk! 

 Tapi asli suku saya jawa yahh, ayah dan ibu saya asli jawa. Jadi ada hal-hal menarik yang saya temukan pada budaya dan filosofi orang jawa.yang pertama dari segi paakaian, itu Cuma orang jawa yang tempat dia naruh keris (senjata) itu ada di belakang.  Ini tandanya mereka menyembunyikan sesuatu dari anda. Jadi jika Ia mendekati anda, itu ada maksud terselubung di balik itu, membunuh anda misalnya.. Kemudian Filosofi orang jawa yang lainnya adalah Mangan ra mangan sing penting kumpul, dan itu yang kita lakukan sekarang!.. buat yang nggak pesen makanan mohon maaf, saya di suruh sama mbaknya yang punya kafe. Ada lagi yaitu orang jawa suka basa-basi, yang ini lebay. Saya pernah lebaran di madiun tempat kakek saya, terus saya bertamu ke rumah tetangga, 
“ Silahkan Masuk mas, Anggap aja rumah sendiri”  katanya. Sebulan kemudian saya coba ke rumahnya lagi, saya diusir. Soalnya pas kemarin ke sanan saya gadaikan rumahnya. Sebulan udah habis uang gadai saya bertamu lagi khan, sapa tahu di suruh anggap rumah sendiri lagi mau ku jual rumahnya.

 Lebaran ke rumah orang kalau anak-anak jawa itu aneh, saya pas terima tamu anak-anak, saya silahkan “Silahkan di makan dekk jajannya” itu sampe setengah jam nggak ada yang mau makan.. saya paksa-paksa makan juga nggak ada yang mau. Sampai saya masukkan permen ke kantongnya itu masih ada yang ngembalikan.. Kenapa musti nolak-nolak gitu coba? Udah saya kasih juga. Tapi yang aneh pas dia mau pulang aku coba kasih uang, langsung disambar semua. Mungkin besok-besok kalau lebaran semua jajanan diuangkan aja.

 Habis itu lebaran juga, khan dipersilahkan “Masuk mas silahkan habiskan aja makanannya” Ya kalau kami di Kal-Tim kan di persilahkan gitu langsung aja kan kami habiskan makanannya.. Nah pulang saya cerita ke mbah saya “Aku tadi ke rumah tetangga di kasih makanan banyaak mbah, di suruh habiskan” “Jadi kamu habiskan?” “Iya Mbah”. Senang saya khan.. nahh sorenya itu, mbah saya ke rumah tetangga itu, bayar semua yang saya makan.. Kesimpulannya adalah. Buat orang-orang jawa harus lebih kritis dengan filosofi-filosofi dari leluhurnya, karena ngggak semuanya itu bener.  Dan buat orang jawa harus bisa menjaga budaya baiknya, untuk yang non jawa, marilah kita hancurkan budaya jawa!

Itulah beberapa bit pendek yang saya bawakan tentang orang JAWA dan filosofis aneh mereka(Kamu juga Jawa!). Oh ya.. ada yang tertawa lho, terutama yang filosofi mangan ra mangan sing penting kumpul. Itu karena komedi situasi yang tepat!. Thanks dahh.. semoga bisa lihat saya Open Mic langsung.. Lebih lucu lagi tentunya..


What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top