Tentang Kelapa Obat Tradisional Indonesia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Tentang Kelapa Obat Tradisional Indonesia


Ini adalah poster yang aku ikutkan lomba dan kalah.. tapi gak papa.. bisa Sharing.. :D
 

 Ini essaynya

Kelapa Sebagai Penawar Racun Tradisional Indonesia

Pohon kelapa merupakan tanaman lokal yang dapat dijumpai di seluruh kepulauan di Indonesia. Kelapa merupakan buahan lokal yang sangat dikenal oleh masyarakat. Buah kelapa dianggap buah yang istimewa bagi masyarakat sehingga digunakan dalam setiap upacara keagamaan dan penyembahan sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Bukan tidak beralasan jika buah kelapa dianggap sebagai buah yang istimewa.  Kelapa memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-harinya. Dari batang, buah hingga pelepahnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.


Salah satu produk dari kelapa adalah air-nya. Air kelapa memiliki khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Dibandingkan kandungan asam amino yang terdapat pada susu sapi, kandungan asam amino dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa juga mengandung beragam vitamin.

Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Dengan kandungan nutrisi yang beragam ini, tidak heran jika buah kelapa memiliki berbagai manfaat, diantaranya
 


 1. Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat kesehatan air kelapa adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Air kelapa mengandung semua elektrolit yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum memegang peran penting untuk menjaga tubuh dari dehidrasi terutama selama dan setelah kegiatan olahraga yang menguras keringat. 

2. Meningkatkan sistem imun

Air kelapa memiliki kandungan asam laurik yang ditemukan juga pada Air Susus Ibu(ASI). Fungsi asam ini adalah antimikroba, antibakteri, serta antijamur.

3. Meningkatkan sirkulasi

Air kelapa  dapat membantu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke dalam sel darah dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu membersihkan saluran pencernaan.

4. Baik untuk pencernaan

Komponen air kelapa mengandung berbagai enzim bioaktif yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan metabolisme. Konsumsi air kelapa secara teratur efektif untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut.

5. Menjaga keseimbangan elektrolit

Air kelapa merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu sajian air kelapa terkandung 220 mg potasium. Elektrolit ini dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi kontraksi jantung.

6. Mengatasi infeksi saluran urinaria(kantung kemih)

Air kelapa sangat disarankan untuk mereka yang menderita batu ginjal dan saluran kemih. Minum air kelapa secara teratur disebutkan membantu memecah batu ginjal sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

7. Menjaga kesehatan kulit

Air kelapa bekerja seperti halnya pelembab ringan dan juga mengurangi kelebihan minyak di kulit. Manfaat lainnya adalah melembutkan kulit bertipe kombinasi. Anda bisa menggunakan air kelapa untuk mandi atau memilih lotion kulit yang terbuat dari kelapa. Air kelapa juga bisa dipakai untuk membasuh wajah setelah mengenakan masker, terutama untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

8. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat.

Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah. 

Di Indonesia dikenal luas bahwa penanganan keracunan adalah dengan meminum susu atau air kelapa. Telah kita ketahui bahwa penyebab keracunan yang paling sering dialami adalah keracunan kation logam-logam seperti Pb, Hg, Cd, Bi, Sn, dan lain-lain. Cara untuk mengatasi racun kation logam berat ini adalah dengan mengubahnya menjadi senyawa kompleks. Untuk mengubah kation logam berat ini menjadi kompleks-kompleksnya dapat menggunakan agen pengkelat(chelating agent). Salah satu agen pengkelat yang sangat baik ialah NH3 yang terdapat dalam asam amino esensial. Sedangkan asam amino esensial tersebut terdapat dalam jumlah yang banyak di dalam air kelapa. 

Asam amino esensial yang terkandung dalam air kelapa merupakan asam amino yang sederhana, asam amino jenis ini dapat dengan mudah di proses tubuh dan menghasilkan senyawa NH3 dalam waktu singkat. Sehingga dalam kasus keracunan, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi air kelapa. 

Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka kandungan asam amino esensial dalam tubuh meningkat. Asam amino esensial yang dimiliki tubuh ini kemudian diproses untuk menghasilkan NH3. Kemudian sebagai agen pengkelat NH3 akan bereaksi dengan kation logam berat yang terdapat dalam racun yang tertelan. Reaksi antara NH3 dengan kation logam berat ini menghasilkan senyawa kompleks yang kemudian dapat dibawa keluar tubuh melalui muntah atau feses. 

Kelapa merupakan buahan lokal yang terdapat di seluruh kepulauan di Indonesia. Air kelapa dapat berfungsi sebagai penawar racun karena adanya kandungan asam amino yang banyak di dalamnya. Kandungan asam amino dalam air kelapa lebih banyak di bandingkan kandungan asam amino yang terdapat dalam susu sapi. Fakta inilah yang menyebabkan air kelapa menjadi obat keracunan yang paling efektif. Terutama untuk kasus keracunan kation logam berat.


Ref:
Huheey J. E., E. A. Kelter and R. L. Kelter, 1993, Inorganic Chemistry 4th edition, Harper Collins College Publisher, New York.
_bahan_kimia/




1 comments:

yang penting berani berkarya alias ikutan Fuzh. nggak masalah kalau kalah-btw ni artikelnya bagus jadi semakin tahu khasiat air kelapa-harusnya catatan soal susu itu diperjelas soale kan nggak semua susu bisa diminum buat yang keracunan. setahuku sih susu beruang

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top