Curhat Untuk SBY - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Curhat Untuk SBY



Hola pak presiden yang terhormat dan bijaksana Susilo Bambang Yodhoyono. Apa kabar pak presiden yang terhormat dan bijaksana Susilo Bambang Yodhoyono?. besar harapan saya Anda dalam keadaan sehat bugar, tanpa kekurangna suatu apapun. Namun itu mustahil adanya karena setiap pemimpin pasti menderita.menderita karena merasakan derita rakyatnya, menderita karena mikirin rakyat, dan pasti stress banget mikirin uang rakyat yang ditileb para pengepul dokumen di birokrasi, belum lagi bapak harus mikirin partai juga. Yang jelas kepentingan rakyat nomer satu pak BeYe, Partai itu ditinggalin juga gak masalah, nanti kan rakyat yang bakal memilih bapak, bukan partai.
Oh ya, sebelum memulai bincang bincang tidak terarah ini, boleh saya panggil pak BeYe aja yahh? biar tidak ada jarak antara mahasiswa dekil seperti saya dengan pak presiden yang terhormat.
Okke begini Pak BeYe, Saya bocah langka aseli Borneo pengen ngajakin Bapak jalan-jalan ke negeri saya Kalimantan timur. Sebelumnya, Pak BeYe tau gak nihh Negara Kalimantan Timur? Nahh bener.. Wajar kalau Bapak tidak tahu, itu negara yang bakalan ada kalau Kaltim tidak mendapat perhatian pemerintahan Pak BeYe. Kalau dipikir-pikir, daripada kekayaan Kalimantan di curi pihak asing terus-terusan atau tiap tahun pulaunya dilahap sama negara tetangga(read: Malaysia) lebih baik Kalimantan Buat negara sendiri aja, yang bisa jaga diri, yang bisa memanfaatkan kekayaan alamnya.
Waduh maaf yah Pak BeYe, kok malah jadi nambah beban Bapak yahh?. Yang jelas hari ini saya mau ngajak jalan-jalan ke Kabupaten saya aja dehh, kabupaten Berau. Kabupaten Berau terletak di sebelah utara Kalimantan, yang bertetangga dengan Nunukan, Malinau, dan Wahau yang berbatasan langsung dengan Malaysia. 

Di awal perjalanan, dari Surabaya kita menuju Berau dengan pesawat terbang.  Saya tahu Pak BeYe ini berduit, jadi tidak akan mempermasalahkan masalah keuangan tapi saya ingin sharing saja Pak. Kalau biaya perjalanan Surabaya-Berau dengan pesawat terbang itu harga tiket normalnya Rp.1.500.000 ini mungkin terasa murah buat Bapak, Saya juga merasa ongkos ini sudah murah, tapi kalau dibandingkan dengan Penerbangan Surabaya-Kuala Lumpur yang jelas-jelas penerbangan internasional dan berjarak lebih jauh, harga ini sungguh sangat mahal. Harga tiket penerbangan untuk Surabaya-Kuala Lumpur itu hanya berkisar Rp.1.400.000.  Saya yakin Pak BeYe bersedia membelikan tiket untuk kita berdua, jadi itu sudah cukup. Tak ada masalah.

Di Tempat saya pernah terjadi gannguan listrik. Entah apa penyebabnya  listrik mati, padahal baru saja membeli PLTU (yang sayangnya bekas dari china). Ketika pemadaman listrik bergiliran belum diumumkan, Saya kira Indonesia sedang diserang penjajah yang memadamkan listrik pada malam hari, sehingga anak-anak SMA seperti saya tidak bisa belajar dengan tenang. Tapi kemudian saya mengetahui bahwa ada pemadaman listrik bergiliran 6jam menyala dan 6jam mati listrik. Kejadian ini berlangsung selama beberapa bulan menjelang Ujian Nasional. Jadi Saya harus menyesuaikan jadwal belajar saya dengan jadwal waktu lampu menyala. Ketika sebagian anak Indonesia berharap soal Ujian Nasional yang dipermudah, Saya hanya bias berharap “Semoga Malam Ini Nyala Listrik”. Yahh menurut Saya Nyala Listrik Sudah menjadi Anugerah yang luar biasa. Hingga UNAS usai, dan Saya Merantau Ke Malang untuk Kuliah, Program giliran mati listrik masih berjalan dengan baik, bahkan bertambah 6jam menyala dan 12jam mati. Ibu saya menelpon untuk mengumumkan Hal itu.

Sekarang saya ajak Pak BeYe jalan-jalan keliling kota. Ehmm.. Sebentar Pak!.. Kita harus isi bensin di SPBU. Nahh Kalau mau mengisi bensin disini  spesial banget Pak, kalau menggunakan sepeda motor kita harus antri selama 5-7jam, kalau pakai mobil, ya 24jam saja sudah dapat kok Pak. Kalau mau enak beli di pengecer aja pak, di pengecer harga bensin 20.000/liternya.

Berau ini kabupaten penghasil bahan bakar Batu Bara yang sangat besar Pak. Mungkin Bapak pernah mendengar tentang Berau Coal? Yahh itu salah satu asset terbesar Negeri ini Pak. Bapak tahu kenapa daerah penghasil Batu Bara bisa kekurangan BBM? Nahh.. itu berawal dari keputusan bapak pada tahun 2009 untuk menaikkan harga BBM, lalu kemudian tiba-tiba menurunkan harga BBM. Keputusan menurunkan harga BBM itu membuat SPBU tidak memasok BBM selama beberapa minggu, sejak saat itu dari 4 SPBU yang ada di Kabupaten ini hanya ada satu yang memasok bensin, kemudian jika satu yang lainnya ada bensin, maka 3 yang lainnya akan kehabisan bensin. Hingga sekarang(2011) masalah BBM itu masih Pak, maka terjadilah antrian panjang beberapa kilometer seperti ini.

Nahh cukup Saya rasa jalan-jalannya Pak, saya tahu Bapak sibuk dan sudah harus mendatangi berbagai macam acara. Mohon maaf hari ini kita tidak sempat berkeliling kota karena harus mengantri bensin selama 6jam dengan motor vespa antik saya. Terimakasih Bapak sudah mau main-main ke Kal-Tim. Harapannya Bapak bias lebih perhatian sama rakyat Pak. Yah sesekali datang ke jalan-jalan, ke pasar-pasar, atau online facebookan buat menyapa pemuda-pemuda Kaltim.

2 comments

Terimakasih.. keren apanya ni?

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top