Otak vs Hati - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Otak vs Hati


hmm.. postingan kali ini adalah sebuah pertanyaan yang unik.. Yahh saya bertanya-tanya "Manakah yang lebih unik otak ataukah Hati manusia..
Pertama-pama, kita samakan persepsi dahulu. ya, jika kita berbicara mengenai otak maka tidak akan ada masalah. Semua orang akan berfikiran yang sama mengenai organ dalam manusia yang berada di tengkorak kepala manusia. Sedangkan jika kita berkata Hati, sebenarnya bagaimanakah pandangan teman?? saya yakin pasti ada keraguan "apakah hati itu yang menetralisir racun?, ataukah yang memompakan darah?". Persepsi kita jelas berbeda dikarenakan inkonsistensi, yahh kita sering melihat orang menyebut Hati padahal itu adalah gambar yang menyerupai jantung. Oke yang saya maksudkan di sini adalah Hati yang telah disebutkan Rosululloh.SAW dalam hadistnya:
"....Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati" (Riwayat Bukhari dan Muslim).


dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali mendengarkan bahwa "Ia menolong karena ia baik hati" kemudian saya berfikir apakah sebenarnya fungsi hati??.. setelah searching di google dan kawan-kawannya, saya hanya mendapatkan jawaban bahwa hati itu berfungsi sebagai filter darah dan pengurai racun dalam tubuh. fungsi ini akan sangat sesuai dengan hadist Rosululloh jika hati baik, maka akan baiklah seluruh tubuh manusia.Ini masih belum menjawab pertanyaan saya, mengapa hati mempengaruhi kebaikan manusia?.Kemudian saya mencari lagi dan saya simpulkan bahwa  hati bekerja dalam hal-hal kejiwaan manusia, dalam hal spiritual dan pendekatan kepada tuhan. Semakin baik hati seseorang maka semakin dekat ia dengan tuhannya, semakin buruk hati maka semakin buruk hubungannya dengan tuhannya. ini sangat aneh mengingat dua fungsi yang sama sekali tidak berhubungan. yahh memang hati ialah organ yang unik..

Selanjutnya adalah fungsi dan kerja otak, otak memiliki dua fungsi dan kerja yang berbeda. Yahh istilah yang sangat ngetop akhir-akhir ini. Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) ialah dua fungsi otak manusia. singkatnya otak manusia bagian kiri mengontrol IQ sedangkan otak kanan mengontrol EQ. Selain itu otak manusia juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh manusia lebih tepatnya ialah otak kecil manusia. menurut penelitian otak manusia memiliki kapasitas memori yang sangat besar, bahkan beberapa menyebutkan tak hingga. dan otak manusia juga memiliki kemampuan manajemen ingatan yang luar biasa. Hingga kini manusia hanya menggunakan tidak lebih dari 5% kemampuan otaknya.Para ilmuwan menyatakan bahwa Otak manusia adalah ogran paling unik dalam tubuh manusia. Bahkan pada penelitian terakhir dapat diketahui bahwa Otak mempengaruhi perasaan bahagia, senang, dan sedih. Ada reaksi reaksi kimia yang terjadi pada otak manusia ketika ia jatuh cinta, kesal, takut, bangga dan tamak. Reaksi itu beruntut, sehingga menghasilkan tingkah manusia yang berbeda-beda. 

Beruntunglah saya belajar kimia. Jadi setidaknya saya jadi mengetahui bahwa perasaan manusia bisa di buat dengan membuat reaksi-reaksi tertentu berlangsung di otak kita.. yah suatu saat akan saya pelajari tentang reaksi ini, dan alangkah kerennya jika bisa memanipulasi perasaan manusia. takkan da benci, dendam dan peperangan di bumi ini..

Wawlohua'lam bissowaf..


1 comments:

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top