Kajian Tentang Awan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kajian Tentang Awan


yahh.. setelah berfikir keras mau memposting apa?? saya melihat2 keluar.. Yahh Langit luas. merupakan salah satu pemandangan yang paling saya kagumi, Langit yang cerah merupakan sebuah totonan yang sangat mendamaikan hati, langit senantiasa memberikan tontonan GRATISAN pada saya dengan keindahannya yang tidak tertandingi. Yah Namun postingan kali ini akan membahas mengenai bagian dari pemandangan indah langit itu sendiri yaitu Awan. Setelah saya membuka-buka file-file Kuliah saya dan mencari beberapa referensi. Awan begitu menarik dengan segala bentuknya, namun taukah kalian Apa itu Awan? bagaimana terbentuknya Awan? Mengapa awan itu terkumpul? Dan bagaimana terjadinya Hujan?


Apa itu Awan??


Awan dalam Ilmu KIMIA(Ilmu yang sedang saya pelajari) termasuk ke dalam Koloid. Koloid adalah campuran yang memiliki sifat heterogen dan stabil. Ya.. Komponen-komponen awan adalah:

1. Zat cair/air berperan sebagai fase terdispersi dan untuk menurunkan tekanan uap keseimbangan di atas sebuah tetes.

2. Gas berperan sebagai medium pendispersi dan menentukan karakter dan kuantitas presipitasiyang dihasilkan awan.

3. Partikel aerosol garam laut (AGL) bertindak sebagai inti kondensasi awan dalam pembentukkan tetes-tetes awan.



Bagaimana proses pembentukan Awan??

Pertama-tama sebagai muslim yang baik(yang masih cinta dengan Al-Qur'an) mari kita buka kitab suci kita, Proses pembentukan awan telah dijelaskan oleh Sang Pemilik Pengetahuan:

"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" (Al Qur'an, 30:48)


Ayat ini bercerita tentang awan hujan, awan hujan merupakan awan yang terbentuk setelah melalui pembentukan awan-awan kecil.. Mari kita lihat bagaimana sains membahasnya:

Pembentukan Awan Kecil

Awan kecil terbentuk dari penguapan air laut penguapan ini juga dibarengi dengan penguapan garam-garam air laut yang berbentuk buih. Kemudian air laut yang menguap bercampur dengan gas-gas di awan dan Aerosol Garam Laut sebagai intinya. Campuran ini membentuk tetes-tetes awan yang terkumpul membentuk awan kecil

Pembentukan Awan Hujan

Tahap pertama:
"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan....."

Awan didorong oleh angin kemudian Awan cumulonimbus mulai terbentuk ketika angin mendorong beberapa bagian kecil dari awan (kumulus) menuju daerah di mana awan-awan berkumpul.
Tahapan kedua:
".....dan menjadikannya bergumpal-gumpal......"

Penggumpalan: Kemudian awan yang kecil bergabung bersama membentuk awan yang lebih besar. Partikel awan ini disebut Aerosol. Ini berbeda dengan penggabungan semata, karena awan yang terjadi di sini tidak hanya semakin besar terlihat, tetapi juga mengalami penumpukan ke arah horizontal. Sehingga kata penggumpalan ialah yang paling cocok untuk proses ini.

Tahapan Ketiga:

"......lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya....."


Penggumpalan awan-awan tersebut menyebabkan penambahan berat awan. sehingga awan tersebut jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.


Kemudian Apakah Benar bahwa Manusia bisa Membuat Hujan?



yahh.. Hujan buatan, teman-teman pasti tidak asing lagi dengan istilah ini.. Mari kita telaah lagi sisi sains dari Hujan buatan ini. Urutan proses pembuatan Hujan ialah:

1. Penyemaian awan melalui TMC(garam-garam NaCl, CaCl dan Urea)
2. Kecepatan pembentukan tetes ditentukan oleh banyaknya inti kondensasi.
3. Udara yang bergerak ke atas akan mengalami pendinginan secara adiabatik sehingga kelembaban nisbinya (RH) akan bertambah.
4. Tetes air kemudian mulai tumbuh menjadi tetes awan pada saat RH mendekati 100%
5. Tetes-tetes Awan menjadi Hujan

Kemudian Faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan Hujan:

1. Kandungan uap air dengan kelembapan minimal 70%
2. Perhitungan waktu yang tepat
3. Kecepatan angin
4. Ketinggian tempat dan arah angin

Dari faktor-faktor yang disebutkan diatas, kita akan dapat melihat bahwa hujan Buatan tidak dapat di buat oleh manusia sesuka hati, karena faktor-faktor dalam pembuatannya tidak mungkin dapat di kontrol oleh manusia. Kegagalan dalam pembuatan hujan ini sering sekali terjadi, terkadang hujan yang dihasilkan salah sasaran karena angin yang menggerakkan awan. Ini membuktikan Bahwa Allahlah yang menurunkan hujan dan Dia yang benar-benar berkuasa atasnya.


Pada dasarnya manusia hanya berusaha menurunkan awan-awan dan membentuk hujan, dan Allahlah yang berkuasa atas terjadinya hujan. Sesungguhnya tidak ada makhluk yang mampu manahan kehendakNya.


Wawlohu'alambissowaf


Best Regard

Huda.quincy

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top