Chemistry Tuk Memasak - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Chemistry Tuk Memasak


Kepulangan para mahasiswa ke kampung halaman akan menyisakan kesedihan tersendiri bagi para pemilik warung di Malang raya, behkan fakta ini memaksa mereka untuk menutup warungnya. Ditengah liburan semester yang panjang ada beberapa mahasiswa yang melawan arus baliknya para mahasiswa dan bertahan di malang dengan segenap skill yang telah dimiliki. Yahh.. diantara segelintir orang itu adalah kami AZZAMers (Begitulah kami menyebut diri kami sekontrakan), kami yang memiliki rumah cukup jauh dari malang harus menetap di malang saat liburan. Sebenarnya itu bukanlah masalah bagi kami yang terbiasa jauh dari rumah dalam waktu lama jika saja warung-warung di Malang raya tetap buka seperti biasa. Nahh masalah tersendiri bagi kami adalah tutupnya Warung-warung Mahasiswa (warung dengan harga terjangkau dan porsi maksimum) sehingga kami akan kesulitan mencari santapan. Salah satu solusinya adalah memasak sendiri(Walah mau cerita tentang masak tho fud??). Ketika saya memasak di dapur, saya dapati tempat garam dalam keadaan terbuka, dan lho?... Mana garamnya?? Hanya ada cairan dalam wadah tersebut.

Kejadian ini mungkin pernah kalian alami, atau ibu kalian alami. Dahulu saya pernah bertanya-tanya mengapa wadah garam dapur harus ditutup? berbagai jawaban yang saya dapati agar tidak dimakan semut*ups.. itu gula ya..* agar tidak kotor, agar tidak rusak hingga saya berkesimpulan bahwa orang-orang menutupnya hanya karena alasan kebersihan. Namun sekarang, sebagai mahasiswa pemikiran saya telah berubah ternyata garam (Yang katanya punya rumus senyawa NaCl) ini memiliki sifat Hidrofilik artinya selalu menyerap air. Garam dapur(NaCl) dapat menyerap uap air disekitarnya sehingga terkumpul dalam bentuk cairan. inilah mengapa kalian harus menutup wadah garam setelah memasak.

Garam dapur tersusun dari campuran unsur Natrium dan Klorida. Natrium ialah zat yang berbahaya bagi tubuh bahkan dapat meledak ketika terkena Air, dan Klorida adalah zat yang beracun bagi tubuh. Ketika keduanya menyatu, tidak dihasilkan senyawa yang sangat/lebih beracun bagi manusia namun menghasilkan senyawa yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh manusia. Itulah mengapa kimia itu Unik.
Garam dapur memiliki manfaat selain hanya sebagai perasa dalam makanan. Pernahkah kalian makan ikan asin?? yah dalam proses pembuatannya ikan asin di beri garam yang banyak bukan hanya sebagai perasanya namun juga agar dapat membunuh kuman yang ada pada ikan. Garam dapur akan menyerap air dalam ikan sehingga bakteri kehabisan air dan mati. Itulah rahasia pembuatan ikan asin yang mungkin juga tidak diketahui oleh pembuat ikan asin itu sendiri. Manfaat lainnya adalah untuk bahan iseng membuat petasan ala Huda. Gampangnya garam dapur dibungkus dalam kapas kemudian kapas ini dibakar dan.. treret.. Muncullah suara ledakan kecil yang beruntun. Ledakan ini dipicu oleh reaksi pemecahan garam NaCl oleh panas api sehingga natrium yang tidak stabil terbebas dan meledak. ya itulah petasn murahan ala keluargaku.. hihihi.. masih banyak manfaat lain dari garam dapur yaitu seperti membuat lagu (Bagai sayur tanpa garam kurang nikmat) atau untuk membuat konotasi(saya telah banyak makan garam) 

Yups.. semoga tulisan ini bermanfaat, minimal jika kakak, adik, ibu atau anak pemirsa bertanya. Pemirsa bisa menjelaskan mengapa garam sering berair...
 
wawlohua'lambisshowaf....

6 comments

ahahahahah,petasan pake garam???baru baca ini deh,ini serius ga??aku mo nyoba neh klo toh bener :D

Serius ini.. coba aja... hehehe

hahah,sep2..
dapet eksperimen baru dari Hudaaaaaaaaaaa..aye :D

qt tuh harus pinter2 menyimpen identitas
kan bahaya klo ampe direkrut ama teroris
hehehe

lah mana masaknya, cm ngntip garam toh
srasa mngingat ke masa silam
aq jg suka melawan arus trs
jalan2 kya km gt dek
krena ga ada dapur, so kumpulin makanan
cepet saji dr indomart alfamart

hahaha... namanya juga anak kos yang mencoba bertahan hidup..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top